Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 14

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 14

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek ke-14. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Selain itu, salah satu pelajaran selama FPL musim ini berlangsung adalah besarnya potensi di jajaran gelandang. Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-4-3 khusus untuk gameweek ke-14. Jangan lupa, jendela transfer akan ditutup pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 17.00

Pembahasan lengkap mengenai pemain unggulan gameweek ke-14 dapat ditonton di sini :

PANDIT FPL INDONESIA EPISODE 18: PEMAIN UNGGULAN GAMEWEEK 14

David Raya (BRE)

Posisi kiper jarang menjadi pusat perhatian para manajer. Hal ini disebabkan mayoritas manajer lebih memprioritaskan free transfer yang diperoleh setiap gameweek untuk posisi lain yang berpeluang mendulang lebih banyak poin, mengingat kiper hanya mendapatkan poin clean sheet dan save saja.

Jika punya kiper premium, seperti Ederson, Alisson, atau bahkan Hugo Lloris, Anda tetap bisa mempertahankannya. Tapi, pekan ini potensi David Raya cukup besar. Ia merupakan kiper dengan penyelamatan terbanyak yaitu 51 penyelamatan. Perolehan ini menggeser Nick Pope yang sudah lama bertengger sebagai kiper dengan penyelamatan terbanyak. Data ini bisa menjadi dasar untuk berharap bahwa Raya bisa menciptakan banyak saves di gameweek ke-14.

Selain itu, Brentford akan menghadapi Wolves yang sangat tidak produktif. Mereka tercatat sebagai tim dengan perolehan gol terendah (5 gol dari 12 pertandingan). Maka dari itu, potensi Raya mendapat poin hadir baik dari clean sheet maupun saves.

Joao Cancelo (MCI)

Kami kembali memilih Cancelo sebagai bek unggulan. Manchester City masih menjadi tim dengan catatan clean sheet terbanyak (lima kali) bersama Newcastle United. Mereka akan bertandang melawan Leicester City. Secara historis, City berhasil menang dengan catatan clean sheet dalam dua pertemuan terakhir. Anak asuh Brendan Rodgers ini juga jadi salah satu tim dengan jumlah tembakan terendah dalam 4 pertandingan terakhir yaitu 33 tembakan saja. Oleh karena itu, bek City sangat potensial untuk meraih poin clean sheet.

Cancelo menjadi bek yang lebih diunggulkan dari bek City yang lain karena potensinya dalam meraih poin dari aksi menyerang. Hingga pekan ke-13, Cancelo tercatat sebagai bek yang paling sering mengirimkan umpan ke sepertiga akhir, yaitu 171 kali. Tapi, perlu diperhatikan bahwa City baru melakoni laga di kancah Eropa di tengah pekan lalu sehingga ada risiko Cancelo jadi korban Pep Roulette berikutnya.

Gabriel Magalhaes (ARS)

Arsenal akan melakoni laga kandang menjamu Nottingham Forest. Performa menurun The Gunners dalam dua pekan terakhir tentu patut jadi perhatian. Tapi, penampilan tandang mereka sangat meyakinkan dan sejauh ini belum terkalahkan jika bermain di Emirates Stadium. Oleh karena itu, memilih bek Meriam London bisa menjadi langkah yang bijaksana bagi para manajer.

Dari sekian banyak bek Arsenal, Gabriel Magalhaes lebih potensial. Selain tentang potensi clean sheet, Gabriel berpotensi mencetak gol. Musim lalu, ia menjadi bek yang paling produktif dengan torehan 5 gol. Ia kuat dalam aerial duels. Modal ini sesuai dengan kelemahan Nottingham Forest yang banyak terancam dari sundulan. The Forest juga masih kesulitan dalam mencetak gol terbukti dalam 4 pertandingan terakhir, mereka hanya mencetak 29 tembakan (terburuk kedua)

Kieran Trippier (NEW)

Potensi clean sheet Newcastle United cukup besar karena mereka memiliki catatan bertahan yang cukup baik. Dalam 4 pertandingan terakhir, mereka hanya menderita 9 tembakan ke gawang (terbaik ketiga). Meski berhadapan dengan Aston Villa, potensi clean sheet masih besar karena bermain kandang dan performa Villa yang masih belum konsisten. Apalagi, mereka baru merekrut pelatih baru yaitu Unai Emery.

Keunggulan utama Trippier adalah potensi mencetak asis dan gol yang cukup tinggi. Ia tercatat sebagai salah satu bek yang paling sering menciptakan peluang atau chances created, yaitu 12 kali. Ia juga berstatus sebagai eksekutor tendangan bebas dan tendangan pojok. Dengan demikian, peluang yang diciptakan Trippier bisa hadir dari segala situasi. Mulai dari situasi open play maupun set piece.

Komentar