Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 13

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 13

Banyak sekali potensi yang hadir dari para gelandang. Sayangnya, slot untuk gelandang hanya 5 pemain dan pada gameweek ini kami akan memaksimalkan slot tersebut. Poin dari seorang gelandang banyak hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan 5 gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-13 akan ditutup pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 pukul 17.00 WIB.

>PEMAIN UNGGULAN GAMEWEEK 13

Mohamed Salah (LIV)

Pemain yang mendapatkan poin tertinggi musim lalu sempat hilang dari jajaran pemain unggulan. Salah satu sebabnya adalah performanya yang menurun walau dari segi kontribusi, pemain ini masih sangat besar. Sejak mencetak gol tunggal ke gawang Ederson, terlihat bahwa sentuhan Salah perlahan mulai kembali. Maka dari itu kami cukup yakin mengembalikan Salah ke jajaran gelandang unggulan.

Menurut data, Salah merupakan pemain yang paling banyak menciptakan key passes, jumlahnya hanya kalah dari Kieran Trippier. Data ini menunjukkan bahwa Salah sangat potensial untuk menciptakan asis. Tidak hanya itu, ia juga melepaskan 12 tembakan dari dalam kotak penalti pada 4 pertandingan terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa Salah berpotensi meraih poin asis dan gol.

Hal tersebut didukung dari sisi pihak lawan yang rentan kebobolan. Nottingham Forest telah menderita 23 gol dari 176 tembakan. Capaian ini adalah yang terburuk dari seluruh tim hingga menjelang gameweek ke-13 dimulai. Maka dari itu, kami harapkan Salah bisa memanfaatkan situasi ini dan meraup banyak poin.

Phil Foden (MCI)

Gameweek ke-13 akan mempertemukan Manchester City dengan Brighton and Hove Albion. Dua tim ini sama-sama memiliki gelandang yang raihan poin nya tinggi yaitu Kevin De Bruyne, Phil Foden, dan Leandro Trossard. Mereka sebenarnya cukup memiliki potensi untuk meraup banyak poin pada pertandingan tersebut. Tapi, kami cenderung merekomendasikan Phil Foden karena risikonya sedikit lebih rendah. Terlebih, Brighton sedang mengalami penurunan performa pasca ditinggal Graham Potter. Hal ini berdampak pada raihan poin Trossard.

Tidak seperti dua hingga tiga musim sebelumnya, komposisi pemain Pep Guardiola musim ini cenderung lebih berpola. Tidak se-acak biasanya. Beberapa pemain andalan masih belum tergantikan. Salah satunya Phil Foden.

Secara statistik, Foden dalam 2 pertandingan terakhir menjadi gelandang yang paling sering melepaskan tendangan (10 tendangan). Tujuh di antaranya mengarah ke gawang lawan. Hal ini cukup untuk menggambarkan potensi Foden sebagai gelandang unggulan.

Bukayo Saka (ARS)

Lini serang Arsenal menjadi salah satu yang paling berbahaya. Kombinasi antara Gabriel Jesus, Martin Odegaard, Gabriel Martinelli, dan Bukayo Saka menjadi pilar penting dalam serangan The Gunners. Secara statistik, Martinelli adalah gelandang paling potensial untuk menyumbang banyak poin. Tapi, kali ini kami memilih Bukayo Saka sebagai gelandang unggulan.

Salah satu faktornya adalah peran Saka sebagai eksekutor tendangan penalti. Selain itu, Saka telah mencetak 4 gol dan 5 asis dalam 10 pertandingan. Tidak hanya itu, Saka menjadi gelandang Arsenal yang paling sering melepaskan tembakan dari kotak penalti (20 percobaan). Tidak hanya itu, Saka sangat rajin melepaskan umpan ke sepertiga akhir dengan catatan 169 umpan dalam 10 pertandingan.

Saka dan Arsenal akan menghadapi Southampton yang banyak tereksploitasi dari sisi kiri (area bermain Saka). Maka dari itu kami cukup yakin untuk menempatkan Saka sebagai salah satu gelandang unggulan.

Antony (MUN)

Antony dan Manchester United akan bertandang ke Stamford Bridge kandang dari Chelsea. Dua tim sedang dalam peningkatan performa dan memiliki selisih 1 poin saja. Oleh karena itu, pertandingan ini sangat menentukan bagi kedua tim. Salah satu yang perlu menjadi sorotan adalah rekrutan baru Erik ten Hag, Antony.

Antony menorehkan rekor sebagai pemain Manchester United pertama yang mencetak 3 gol berturut-turut pada 3 laga debutnya di Liga Inggris. Ia menjadi senjata tambahan bagi sang Setan Merah dengan keunggulan kecepatan. Antony juga pernah diasuh oleh Erik ten Hag ketika masih berseragam Ajax Amsterdam. Oleh karena itu, ia tidak kesulitan beradaptasi walau bermain dengan lingkungan yang baru.

Dalam 6 pertandingan terakhir, Antony melepas 18 tembakan yang 8 di antaranya menemui sasaran. Hal ini menunjukkan bahwa insting dan penyelesaian akhir dari Antony cukup tajam. Bahkan lebih tajam di antara gelandang yang dimiliki oleh Man. United musim ini. Catatan ini dapat menjadi modal penting ketika bertemu Chelsea.

Jarrod Bowen (WHU)

West Ham United akan menjamu Borunemouth yang pekan lalu kalah dari Southampton walau bermain di kandang. Hal tersebut bisa sedikit mempengaruhi mental permainan. Selain itu, West Ham di kandang jauh lebih produktif. Tercatat 60% gol yang dicetak The Hammers tercipta kala mereka bermain di London Stadium.

Salah satu pemain yang bersinar adalah Jarrod Bowen. Ia menjadi salah satu gelandang yang paling rajin melepaskan tendangan dalam 6 pertandingan terakhir (19 tendangan) walau hanya 2 gol yang terkonversi. Tidak hanya potensi gol, Bowen juga cukup potensial dalam hal menciptakan asis. Terbukti dalam 4 pertandingan terakhir ia menciptakan 9 peluang. Poin tambahanya adalah status Bowen sebagai salah satu eksekutor tendangan penalti.

Komentar