Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 13

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 13

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek ke-13. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Selain itu, salah satu pelajaran selama FPL musim ini berlangsung adalah besarnya potensi di jajaran gelandang. Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-5-2 khusus untuk gameweek ke-12. Jangan lupa, gameweek keduabelas akan ditutup pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 pukul 17.00

>PEMAIN UNGGULAN GAMEWEEK 13

Allison Becker (LIV)

Liverpool meraih dua kemenangan beruntun pasca kekalahan menyakitkan di Emirates Stadium. Tidak hanya itu, anak asuh Jurgen Klopp juga masih terhindar dari pahitnya kebobolan. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan dalam urusan bertahan termasuk penampilan Allison Becker di bawah mister.

Allison sangat berkontribusi atas nirbobol yang dicatatkan Liverpool dalam dua pertandingan terakhir. Pekan lalu, ia melakukan aksi menepis tendangan penalti Jarrod Bowen. Bahkan, ia menciptakan satu asis kala menjamu Manchester CIty di Anfield. Secara statistik, Alisson bukan kiper yang bisa diremehkan. Termasuk sebagai kiper premium, Alisson menciptakan 16 penyelamatan dalam 4 pertandingan terakhir (terbaik kedua dari semua kiper).

Dari sisi lawan, Liverpool akan menghadapi Nottingham Forest yang mendekam di dasar klasemen. Dalam 4 pertandingan terakhir mereka hanya menciptakan 1 gol dari 29 tembakan. Catatan ini salah satu catatan terburuk dari seluruh tim yang bermain di Liga Inggris.

Joao Cancelo (MCI)

Cancelo absen dari jajaran pemain unggulan dalam dua gameweek berturut-turut. Salah satu sebabnya adalah blank gameweek dan lawan yang berat pada gameweek ke-11 yaitu Liverpool. Karena walau Cancelo sangat impresif, risiko kebobolan pada pertandingan tersebut cukup tinggi.

Kini kami kembali memilih Cancelo sebagai bek unggulan. Secara statistik, Manchester City menjadi tim dengan catatan clean sheet terbanyak (5 kali). Oleh karena itu bek City sangat potensial untuk meraih poin clean sheet. Sedangkan Cancelo memiliki potensi tambahan dalam hal aksi menyerang. Ia adalah bek yang paling sering melepaskan umpan ke sepertiga akhir area lawan (163 kali)

Selain itu, aset City memiliki waktu istirahat yang lebih panjang karena pekan lalu mereka tidak bermain. Di lihat dari sisi lawan, mereka akan menghadapi Brighton and Hove Albion yang tidak mencetak gol dalam 3 pertandingan terakhir. Fakta ini membuat potensi bek City menjadi lebih besar.

William Saliba (ARS)

Arsenal akan bertandang ke markas Southampton. Meski bermain tandang, potensi mereka meraih clean sheet masih besar. Pasalnya, Soton dalam dua pertandingan terakhir hanya melepaskan 19 tembakan. Catatan ini merupakan salah satu catatan terburuk di antara tim lain.

Selain potensi clean sheet, pemilihan Saliba didasarkan pada harga yang cenderung lebih terjangkau. Di antara jajaran pemain dengan harga 5-5,5 juta pounds, perolehan poin Saliba cukup konsisten. Bahkan, ia telah menerima 4 kali bonus poin. Namun, bagi anda yang mempertimbangkan tujuan jangka panjang, perlu diingat bahwa Saliba telah menerima 4 kartu kuning.

Kieran Trippier (NEW)

Trippier tetap bertahan sebagai bek unggulan dalam 3 gameweek berturut-turut. Dari sisi harga, ia tidak termasuk ke dalam gelandang premium karena harganya masih di bawah 6 juta poundsterling. Walaupun demikian, perolehan poin Trippier tidak kalah dari para bek premium. Hingga gameweek kesepuluh, ia telah meraup 64 poin hanya dari seluruh pertandingan.

Keunggulan utama Trippier adalah potensi mencetak asis dan gol yang cukup tinggi. Hingga pekan kesepuluh, Trippier tercatat sebagai bek dengan umpan kunci terbanyak (46 umpan). Selain itu, ia menjadi bek yang paling rajin mengiirmkan umpan silang (100 umpan) dengan akurasi 42%. Peluang yang diciptakan Trippier bisa hadir dari segala situasi. Mulai dari situasi open play maupun set piece.

Komentar