Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 12

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 12

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek ke-12. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-4-3 khusus untuk gameweek ke-12. Jangan lupa, gameweek keduabelas akan ditutup pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pukul 00.00

>PEMAIN UNGGULAN GAMEWEEK 12

Nick Pope (NEW)

Newcastle United telah bermain 10 pertandingan dan hanya kebobolan 9 gol. Torehan ini merupakan prestasi terbaik dari semua tim di Liga Inggris hingga pekan ke-11. Selain itu, anak asuh Eddie Howe ini berhasil meraih 4 kali clean sheet. Catatan ini hanya kalah dari Manchester City yang memperoleh 5 kali nirbobol.

Hal ini menunjukan bahwa pertahanan Newcastle sulit ditembus. Salah satu sebab utamanya adalah penampilan Nick Pope di bawah mistar. Ia tercatat sebagai salah satu kiper dengan penyelamatan terbanyak yaitu 34 penyelamatan. Harapanya, rekor clean sheet dan saves dari Pope akan bertambah pada laga di pekan ke-11 menghadapi Everton.

Ben Chilwell (CHE)

Sebagai pelatih yang baru menjabat, Graham Potter sepertinya sedang “bongkar pasang” skuad untuk mendapatkan formula paling tepat untuk Chelsea. Pekan lalu, Marc Cucurella secara mengejutkan diganti pada menit ke-45. Sebelumnya, ia justru mencadangkan Reece James yang bahkan siap bermain. Dari sisi formasi dasar, Potter sempat menggunakan 4 bek tapi pekan lalu ia kembali dengan 3 bek.

Walaupun demikian, mengingat gameweek ke-12 tanpa Manchester City dan Arsenal, maka kami tetap merekomendasikan bek Chelsea sebagai salah satu bek unggulan. Bukan tanpa alasan, performa Chelsea dalam 4 pertandingan terakhir sangat menjanjikan. Empat kemenangan dan 2 clean sheet sangat cukup untuk menjadi alasan utama pemilihan Ben Chilwell. Selain performa tim, kami melihat Chilwell sedikit diunggulkan dalam hal jaminan posisi mengingat pekan lalu Cucurella hanya bermain 45 menit. Pengganti paling ideal tentu Ben Chilwell.

Kieran Trippier (NEW)

Trippier tetap masuk ke dalam jajaran bek unggulan sejak pekan lalu. Dari sisi performa tim, Newcastle United tidak terkalahkan dalam 5 pertandingan terakhir. Selain itu, calon lawan The Toon adalah Everton yang mengalami dua kekalahan beruntun. Tidak hanya itu, lini serang The Toffees masih tumpul dengan hanya melepaskan 34 tembakan dalam 4 pertandingan terakhir. Catatan ini merupakan catatan kedua terburuk dari semua tim di Liga Inggris.

Potensi utama Trippier hadir tidak hanya dari peluang clean sheet. Tetapi juga peluang mencetak poin dari asis dan gol yang cukup tinggi. Hingga pekan kesepuluh, Trippier tercatat sebagai bek dengan penciptaan peluang terbanyak (22 peluang) yang tiga diantaranya tergolong sebagai peluang besar. Selain itu, ia menjadi bek yang paling rajin mengirimkan umpan silang (89 umpan) dengan akurasi 39,3%

Ashley Young (AVL)

Aston Villa di awal musim sempat tertatih-tatih dengan menderita tiga kekalahan beruntun pada gameweek ketiga hingga gameweek kelima. Steven Gerrard sepertinya sadar bahwa ada masalah dengan unit pertahanan timnnya. Perlahan, Villa memperbaiki organisasi pertahanannya walau pekan lalu menderita dua gol dari Chelsea.

Tapi, jika melihat pada 4 pertandingan terakhir, pertahanan Aston Villa ternyata cukup baik. Mereka hanya menderita 27 tembakan dan hanya 9 yang mengarah ke gawang Emiliano Martinez. Catatan ini merupakan catatan pertahanan terbaik dari semua tim dalam 4 pertandingan terakhir.

Berdasarkan data tersebut, kami memutuskan memilih Ashley Young sebagai salah satu bek unggulan. Selain itu, Young juga kenyang dengan pengalaman bermain di Liga Inggris. Ia juga sempat mencetak gol kala bertemu Nottingham Forest.

Komentar