Pandit FPL: Review Gameweek 5, Always Captain Haaland

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL: Review Gameweek 5, Always Captain Haaland

Fantasy Premier League musim 2022/2023 memasuki gameweek kelima. Ini adalah gameweek pertama yang diselenggarakan di tengah pekan. Tugas berat bagi para manajer karena jeda antara gameweek kelima dan keenam hanya berjarak kurang dari 48 jam. Risiko terbesarnya tentu soal rotasi. Terutama bagi tim yang punya keleluasaan dalam pemilihan pemain.

Gameweek kelima berakhir dengan cukup membahagiakan. Beberapa pemain andalan sejuta umat menyumbang poin melimpah. Tapi, ada juga pemain yang pada gameweek sebelumnya jadi andalan, justru blank. Sebagai manajer, kita memang dituntut untuk selalu jeli melihat performa pemain secara individu maupun kolektif di setiap pekan.

Beberapa pertandingan layak untuk dipantau lebih lanjut. Ini berkaitan dengan pemilihan pemain untuk pekan selanjutnya. Kami merangkum secara singkat apa saja yang menarik dari setiap pertandingan pada gameweek kelima.

Rodrigo Blank, Gordon Makin Bersinar

Jangankan mencetak gol, Rodrigo Moreno (£6,5m) sudah meninggalkan lapangan sejak menit ke-32 akibat cedera bahu. Pemain yang paling banyak direkrut pada gameweek kelima ini hanya menyumbang 1 poin karena bermain kurang dari 60 menit. Beruntung Leeds terhindar dari kekalahan berkat gol dari pemain baru, Luis Sinisterra (£6,5m). Mantan pemain PSV Eindhoven ini meraup 10 poin.

Di pihak lawan, Anthony Gordon (£5,5m) semakin nyaman bermain sebagai penyerang. Pekan lalu, ia adalah salah satu pemain yang paling mengancam. Ia adalah gelandang nomor 2 yang paling sering melepaskan tembakan (16 kali) dan 12 di antaranya dilakukan di dalam kotak penalti. Sayap andalan Frank Lampard ini berhasil mencetak gol di awal laga dan memperoleh 8 poin.

Masih Yakin Pasang Bek Chelsea ?

Lima pertandingan, dua kali clean sheet. Torehan tersebut tentu kurang memuaskan. Apalagi Chelsea memiliki bek premium yang cukup memakan anggaran. Pekan ini, tidak hanya kebobolan, tapi juga kalah. Terhitung hanya Raheem Sterling (£10m) yang tampil cukup cemerlang. Satu gol mantan pemain Manchester CIty ini membuatnya memperoleh 8 poin.

Sementara itu, Southampton berhasil bounceback pasca kekalahannya dari Manchester United. Romeo Lavia (£4,5m) yang menjadi kawan duet James Ward-Prowse meraih 6 poin berkat lesatan gol cantik dari luar kotak penalti. Adam Armstrong (£5,5m) muncul sebagai pahlawan kemenangan pasukan Ralph Hasenhuttl berkat golnya di akhir babak pertama. Ia memperoleh 9 poin.



Mitrovic Tidak Hanya Jago Duel Udara

Fulham menjamu Brighton yang berlabel salah satu tim dengan pertahanan terbaik karena baru kebobolan 1 gol. Sementara Fulham terkenal dengan mengandalkan kemampuan duel udara Aleksandar Mitrovic (£6,7m). Penyematan ini didukung oleh data yang menyebutkan bahwa Mitrovic adalah penyerang yang paling mengancam gawang lawan dari sundulan.

Pada laga ini Mitrovic menunjukan bahwa dia tidak hanya ahli dalam duel udara. Gol pembuka yang ia lesatkan pada menit ke-48 berasal dari tendangan keras dan terukur. Alhasil, ia meraih 9 poin. Di pihak lawan, gol penyama kedudukan datang dari titik putih berkat eksekusi dari Alexis Mac Allister (£5,5m). Gelandang berusia 23 tahun ini meraih 10 poin untuk para manajer.

Zaha Andalan Vieira

Pemain senior Crystal Palace ini selalu menjadi andalan setiap musim. Siapapun pelatihnya, termasuk Patrick Vieira. Musim lalu, Zaha mencetak 14 gol dari 33 pertandingan di Liga Inggris. Musim ini, mantan pemain Manchester United tersebut telah mencetak 4 gol dari 4 pertandingan.

Wilfried Zaha (£7,1m) mencetak gol indah terukur ke pojok gawang Robert Sanchez. Ia meraup 7 poin berkat gol dan bonus poin dari panitia. Di kubu lawan, Yoane Wissa (£5,4m) memupus harapan pasukan Patrick Vieira untuk meraih poin penuh berkat gol di menit ke-88. Wissa menyumbang 7 poin untuk para manajer FPL.

Wolves Masih Tumpul

Hingga gameweek kelima, Wolves tercatat sebagai tim paling “gersang”. Skuad asuhan Bruno Lage baru mencetak 2 gol dari 69 tembakan. Menghadapi Bournemouth yang baru saja menderita kekalahan telak, tidak membuat mereka lebih produktif. Pertandingan ini berakhir dengan skor kacamata. Kiper dan pemain belakang kedua tim jadi yang paling diuntungkan. Jose Sa (£6m) yang dimiliki oleh 5,1% manajer meraup 6 poin berkat clean sheet.

Arsenal Belum Terbendung

Satu-satunya tim yang memborong 15 poin di 5 pertandingan awal adalah Arsenal. Skuad asuhan Mikel Arteta berhasil menekuk Aston Villa dengan skor 2-1. Mereka mendominasi sepanjang pertandingan dan menciptakan banyak sekali peluang. Sayangnya, efektivitas menjadi permasalahan pelik di kubu The Gunners.

Gabriel Jesus (£8,2m) kembali membuka raihan golnya. Memanfaatkan bola “muntah” dari sepakan Xhaka. Berkat golnya Gabjes meraih 6 poin untuk para manajer. Rekan senegaranya, Gabriel Martinelli (£6,4m), turut menyumbang 10 poin berkat gol pentingnya ke gawang Emiliano Martinez.

#AlwaysCaptainHaaland

Hat-trick dua kali berturut-turut berhasil ditorehkan oleh penyerang anyar Manchester City, Erling Haaland (£11,9m). Pemain asal Norwegia ini meraup 17 poin untuk para manajer FPL. Haaland menjadi penyerang dengan raihan poin tertinggi dalam 5 gameweek awal Liga Inggris musim 2022/2023. Musim, lalu, seluruh manajer mengenal istilah #AlwaysCaptainSalah. Kini, tagar #AlwaysCaptainHaaland mulai bergema di jagat dunia Fantasy Premier League. Tidak heran, karena Haaland menempati top skor sementara dengan 9 gol dan presentase konversi gol mencapai 40,9%.

Haaland memang menjadi bintang dalam pertandingan Manchester City melawan Nottingham Forest. Tuan rumah berhasil membungkam tim tamu dengan 6 gol tanpa balas. Julian Alvarez (£6,2m) turut menyumbang 12 poin berkat 2 gol. Joao Cancelo (£7,1m) kembali mencetak poin berkat 1 gol.

Satu hal yang mengecewakan adalah Kevin De Bruyne (£12,2m) yang ternyata jadi korban Pep Roulette. Para manajer kesal karena sebelumnya, Pep tidak memberikan indikasi rotasi untuk De Bruyne. Justru ia memberikan kisi-kisi bahwa Haaland tidak akan bermain akibat jadwal yang padat. Tapi, lagi-lagi Pep “menipu” para manajer dengan tetap memainkan Haaland dan merotasi Kevin De Bruyne.

Di pihak lawan, Neco Williams (£4,1m) tetap memberikan perhatian dan layak untuk terus dipantau. Meskipun tandang, ia mampu memberikan 3 umpan kunci. Termasuk peluang besar yang disiasiakan sang debutan, Renan Lodi (£4,5m).

Son Belum Mencetak Gol

Antonio Conte tidak mengubah apapun dalam susunan pemain. Bahkan, mantan pelatih Inter Milan ini hanya melakukan 1 pergantian pemain. Yaitu Richarlison (£8,5m) masuk menggantikan Dejan Kulusevski (£8,2m) pada menit ke-75. Ini bisa menjadi indikasi bahwa akan terjadi rotasi pada pekan berikutnya.

Son Heung-min (£11,8m) yang menjadi andalan para manajer dalam beberapa musim terakhir belum kunjung mencetak gol. Bahkan, Harry Kane (£11,4m) yang dalam 2 pertandingan terakhir selalu mencetak gol, justru dibuat tidak berdaya oleh anak asuh David Moyes.

Minimnya pergantian dari kubu Antonio Conte tentu menjadi perhatian. Apalagi, jarak antara gameweek kelima dan keenam tidak lebih dari 3 hari. Perlu hati-hati dalam memilih pemain Spurs karena potensi rotasi cukup besar.

West Ham United yang sangat aktif di bursa transfer memberikan debut kepada Lucas Paqueta (£6,0m) dengan menggantikan Said Benrahma (£5,8m). Pemain yang didatangkan dari Lyon ini bermain selama 23 menit dan memberikan kontribusi positif di lini tengah.

Gol penyama kedudukan datang dari Thomas Soucek (£5,4m). Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena Soucek adalah salah satu gelandang yang paling sering melepaskan tembakan di dalam kotak penalti lawan. Soucek meraih 10 poin untuk satu golnya sementara Gianluca Scamacca (£6,6m) absen dalam pertandingan ini. Kemungkinan dia akan bermain di gameweek keenam jika kondisi fisik membaik.


Liverpool Selamat Lagi

Liverpool hampir selalu kebobolan terlebih dulu dalam lima pertandingan awalnya di Liga Inggris musim 2022/2023. Beruntung, anak asuh Jurgen Klopp hampir selalu berhasil membalikkan keadaan atau setidaknya menahan imbang. Hanya pekan lalu mereka berhasil mencetak gol lebih cepat dan mengakhiri dengan pesta gol. Situasi ini kembali terulang kala menjamu Newcastle United.

Kapten sejuta umat, Mohamed Salah (£13,0m) mencetak 2 asis dan menyumbang 10 poin untuk para manajer. Kontribusinya terhadap Liverpool masih yang terbesar secara statistik maupum eye test. Tapi, Haaland lebih “memanjakan” para manajer dengan torehan gol nya yang sudah mencapai 9 gol. Salah masih mendapatkan kepercayaan dari para manajer. Buktinya, Salah menjadi salah satu pemain yang dipercaya menjadi kapten oleh para manajer FPL. Tapi, gameweek ke-8 sampai ke-11 bisa menjadi cerita yang lain. Karena lawan yang akan dihadapi Liverpool cukup berat.

Selain soal Salah, kesedihan para manajer datang dari lini pertahanan karena lagi-lagi mereka gagal clean sheet.

Luis Diaz (£8,2m) melepaskan 4 tembakan dari dalam kotak penalti. Penampilannya semakin berkembang di babak kedua ketika Klopp melakukan pergantian pemain dengan orientasi memperkuat sisi kiri.

Di kubu lawan, satu hal yang menarik perhatian adalah sang debutan, Alexander Isak (£7,0m). Ia berhasil mencetak gol dalam laga debutnya. Ia menyumbang 7 poin untuk para manajer. Isak berpotensi menjadi penyerang andalan para manajer pada pekan-pekan mendatang.

Manchester United Clean Sheet Lagi

Para manajer sepertinya harus mulai mempertimbangkan untuk memilih pemain belakang Manchester United. Anak asuh Erik ten Hag berhasil meraih clean sheet untuk yang kedua kalinya. Unit pertahanan mereka tampil jauh lebih baik dan terorganisasi pasca kekalahan menyakitkan dari Brentford.

Jadon Sancho (£7,3m) menjadi satu-satunya pencetak gol pada pertandingan ini. Ia menyumbang 10 poin untuk para manajer. Selain itu, Diogo Dalot (£4,4m) bisa menjadi opsi yang menjanjikan karena raihan poinnya yang terus konsisten. Ia juga berperan untuk turut serta dalam skema serangan Erik ten Hag sehingga berpotensi menyumbang poin dari aksi menyerang (gol dan asis).

Komentar