Piala AFF 2022: Indonesia Kembali Bertemu Thailand di Babak Grup

AFF

by redaksi

Piala AFF 2022: Indonesia Kembali Bertemu Thailand di Babak Grup

Dari hasil undian Piala AFF 2022, Indonesia berada di Grup A, bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Sementara di grup B, terdapat Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos. Piala AFF 2022 ini, setiap tim akan melakukan pertandingan kandang dan tandang, sebagaimana laga semifinal dan final.

Piala AFF akan dimulai pada 23 Desember 2022, dan berakhir pada 15 Januari 2023. Indonesia akan terus membawa ambisi untuk menjuarai turnamen ini. Tahun lalu, Indonesia takluk oleh Thailand di laga final dengan hasil agregat 6-2.

“Pastinya tim yang paling kuat di Asia Tenggara adalah Thailand dan hal itu akan menjadi beban untuk tim,” ujar Shin Tae-yong di akun Instagram PSSI. Ia menambahkan juga untuk skuadnya nanti jika ingin mendapatkan hasil yang bagus maka dari segi persiapan pun harus maksimal.

Thailand memang menjadi seteru berat Indonesia. Dari sepuluh kali kesempatan bertemu Thailand di ajang Piala AFF, Indonesia hanya mampu memenangkan dua kali pertandingan saja. Dalam helatan kali ini, Shin Tae-yong harus bisa membuktikan dengan skuad yang nantinya telah terbentuk untuk bisa membawa pulang Piala AFF 2022.

Hasil Buruk Indonesia di Final Piala AFF

Sudah enam kali mencapai laga final, Indonesia belum saja mendapatkan hasil yang terbaik. Timnas Indonesia selalu menelan pil pahit di laga terakhirnya itu.

Indonesia selalu menjadi runner up sejak Piala Tiger (sebelum berubah jadi Piala AFF) tahun 2000, 2002, 2004. Dan Piala AFF 2010, 2016, 2020.

Di Piala AFF tahun 2000, Indonesia bertemu Thailand di laga final. Indonesia, yang kala itu dilatih oleh Nandar Iskandar harus mengalami kekalahan 4-1 di Stadion Rajamangala.

Dua tahun berselang di laga final Piala AFF 2002, Indonesia kembali bersua Thailand. Kali ini Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara turnamen. Laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno mestinya menjadi mimpi buruk bagi lawan, tetapi Thailand berhasil keluar sebagai juara melalui adu tendangan penalti dengan skor akhir 6-4 (penalti 4–2).

Untuk ketiga kalinya Indonesia mampu menembus laga final pada 2004. Format pertandingan final kala itu diselenggarakan dua leg. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan harus tertunduk di dua leg melawan Singapura. Pada leg pertama yang dihelat di Jakarta, Indonesia harus kalah 1-3. Dan pada leg kedua di Stadion Nasional Kallang, Indonesia harus kalah dengan skor akhir 2-1.

Lalu di tahun 2010, Piala AFF diselenggarakan dengan format final dua leg. Pada leg pertama melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Indonesia harus takluk dengan skor 3-0. Sayangnya, Indonesia tidak mampu membalikkan keunggulan di leg kedua yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kemenangan 2-1 tak cukup untuk membuat Indonesia keluar sebagai juara..

Pada final Piala AFF 2016, Indonesia kembali bertemu Thailand di laga final. Kemenangan berhasil diraih Indonesia pada final leg pertama di Stadion Pakansari dengan skor 2-1, namun ketika berlaga di hadapan penonton Thailand, Stefano Lilipaly dan kawan-kawan tidak bisa mempertahankan kemenangan di leg pertama. Mereka harus kemasukan dua gol dari Siroch Chattong yang memaksa agregat berubah menjadi 3-2 dan Thailand berhasil memenangkan laga final tersebut.

Dan kegagalan terakhir Indonesia di laga final terjadi pada Piala AFF tahun 2020, kembali timnas Indonesia harus takluk oleh Thailand. Shin Tae-yong sebagai pelatih harus rela anak asuhnya mengalami kekalahan di dua leg final. Pada leg pertama, Indonesia kalah 4-0 dan di leg kedua skor akhir imbang 2-2. Thailand keluar sebagai juara dengan agregat akhir 6-2.

Enam kali mengalami kekalahan di final Piala AFF seharusnya menjadi pembelajaran untuk timnas Indonesia agar bisa membuktikan bahwa mereka patut untuk merengkuh piala tersebut.

Ajang Pembuktian Kualitas Timnas Indonesia

Piala AFF 2022 ini menjadi tolok ukur kualitas timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Pemain yang akan dibawa nantinya kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan skuad pada Kualifikasi Piala Asia. Pemahaman antarpemain seharusnya sudah terjalin baik, pun dengan penerapan sistem permainan dalam pertandingan. Tinggal bagaimana nantinya Shin Tae-yong mampu mematangkan timnas untuk bisa memenangkan Piala AFF 2022.

Jadwal Pertandingan Tim Nasional Indonesia

Fase grup

26 Desember 2022

Indonesia VS Kamboja

29 Desember 2022

Timor Leste/Brunei Darussalam VS Indonesia

1 Januari 2023

Indonesia VS Thailand

4 Januari 2023

Filipina VS Indonesia

Semifinal

7 Januari 2023

Leg Pertama

10 Januari 2023

Leg Kedua

Final

12 Januari 2023

Leg Pertama

15 Januari 2023

Leg Kedua

Komentar