Pandit FPL: Analisis Pertandingan Game Week 1 Premier League

Fantasy Premier League

by PanditFootball

Pandit FPL: Analisis Pertandingan Game Week 1 Premier League

Setiap musim, Fantasy Premier League (FPL) selalu ramai dibicarakan. Menjelang musim kompetisi 2022/2023 dimulai, tercatat sudah ada lebih dari 4 juta pemain yang telah terdaftar di Indonesia. Belum lagi menjamurnya liga-liga yang menjadi wadah bagi pemain untuk mengadu keahliannya. Hadiah yang ditawarkan pun beragam, mulai dari uang elektronik, jersey, hingga PS 5.

Satu hal yang unik dan jarang disadari oleh para pemain FPL adalah meleburnya fanatisme dan objektivitas. FPL secara gamblang menuntut setiap pemain untuk bersikap objektif sekaligus menyingkirkan fanatisme kepada klub kesayangan. Sedikit saja subjektif, maka bersiaplah bertemu dengan kekecewaan.

Tidak cukup dengan objektif, pemain FPL harus punya keahlian untuk membayangkan seluruh hasil pertandingan dalam setiap pekan yang berdampak terhadap perolehan poin. Terdengar sulit? memang. Tapi jangan khawatir, kami sudah merangkum gambaran/ikhtisar setiap pertandingan di gameweek 1 yang bisa dipakai untuk memilih pemain di pekan perdana FPL musim ini.

1.Crystal Palace vs Arsenal (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 02.00 WIB)

Pertemuan terakhir di Selhurst Park, Arsenal dibuat tidak berdaya dengan kebobolan 3 gol tanpa balas. Arsenal yang mengandalkan possession dan kombinasi umpan pendek bakal ketemu Crystal Palace yang lebih menunggu dengan mengandalkan serangan balik cepat dan berbahaya. Besar kemungkinan tidak akan ada tim yang cleansheet tapi tidak akan terjadi hujan gol.

2. Fulham vs Liverpool (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 18.30 WIB)

Tiga musim terakhir, Liverpool selalu pesta gol melawan tim promosi. Fulham harus siap jadi lumbung gol pertama Liverpool. Sangat disarankan pasang sebanyak-banyaknya pemain Liverpool. Jangan lupa pilih Salah jadi kapten.

3. Bournemouth vs Aston Villa (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 21.00 WIB)

Sisi kiri dari kedua tim akan menjadi sektor paling sibuk. Kedua tim mengandalkan serangan dari sisi kiri untuk mencetak gol. Uniknya, Bournemouth dan Aston Villa justru lebih sering kebobolan yang berawal dari aksi di sisi kiri pertahanan. Nama-nama seperti Coutinho, Digne, Anthony, dan Zemura berpotensi menyumbangkan poin lebih banyak.

4. Leeds vs Wolves (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 21.00 WIB)

Musim lalu, Leeds memiliki pertahanan yang buruk (termasuk tiga terburuk). Tetapi, Wolves juga bukan tim yang produktif. Kemungkinan laga ini berakhir dengan skor kacamata cukup besar. Wolves lebih berpeluang menyumbang lebih banyak poin karena Leeds sangat agresif dan sering melakukan pelanggaran yang berakhir dengan ganjaran kartu kuning.

5. Newcastle United vs Nottingham Forest (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 21.00 WIB)

Newcastle sedikit diunggulkan menang tipis karena berstatus tuan rumah. Secara teknis Newcastle tidak banyak dihuni oleh pemain kreatif sementara Nottingham Forest merupakan salah satu tim dengan pertahan terbaik di Championship musim lalu (kedua terbaik).

6. Tottenham Hotspurs vs Southampton (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 21.00 WIB)

Spurs salah satu tim penganut taktik direct football bertemu Southampton yang defense nya lambat. Ada peluang Son atau Kane menggila. Sehingga, tidak disarankan memasang pemain belakang Southampton.

7. Everton vs Chelsea (Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 23.30 WIB)

Everton tim yang mengandalkan fisik dan sering bikin pelanggaran sementara Chelsea musim lalu adalah tim yang paling banyak mencetak gol dari titik putih (8 gol). Besar kemungkinan akan ada hadiah penalti untuk Chelsea. Tapi, eksekutor penalti Chelsea adalah seorang gelandang bertahan (Jorginho).

Silahkan nilai sendiri apakah Jorginho cukup layak dipasang di pekan ini. Selain itu, laga ini berpotensi hujan kartu kuning karena dipimpin oleh wasit yang musim lalu paling banyak mengeluarkan kartu kuning, Craig Pawson (109 kartu kuning).

8. Leicester City vs Brentford (Minggu, 7 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB)

Kecil kemungkinan laga ini berakhir tanpa gol. Karena musim lalu Leicester termasuk tim yang produktif (62 gol, terbaik ke-5) sementara Brentford hanya kuat dalam duel-duel udara (19% aerial duels won, terbaik kedua). Leicester lebih berpeluang menyumbang poin lebih besar karena lini depan mereka mengandalkan kecepatan (Vardy dan Barnes).

9. Manchester United vs Brighton (Minggu, 7 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB)

Pertandingan ini akan berjalan sengit. Manchester United yang produktif selama pramusim bertemu Brighton yang berstatus salah satu tim dengan pertahanan terbaik musim lalu. Penentu pertandingan bisa beralih ke tangan Paul Tierney sebagai wasit yang paling rajin memberikan penalti. Ditambah lagi MU tercatat sebagai tim yang paling sering menggosok voucher penalti sejak VAR berlaku. Jika ingin menaruh pemain MU, sebaiknya pilih eksekutor penaltinya (Bruno/Ronaldo).

10. West Ham United vs Manchester City (Minggu, 7 Agustus 2022 pukul 22.30 WIB)

Pertandingan paling sengit di GW ini. Kedua tim punya gaya bermain yang cenderung menyerang. Hampir gak mungkin clean sheets. Kalaupun seri, minimal 1-1. Akan lebih baik jika memasang pemain depan/tengah dari dua tim ini. Terutama pemain-pemain yang rajin mencetak gol atau assist.

Rekomendasi:

Dari 10 pertandingan, hanya satu pertandingan yang punya peluang berakhir dengan kacamata (Leeds vs Wolves). Selain itu, tim-tim yang biasanya menyumbang banyak poin (Manchester City, Liverpool, Tottenham) tidak menghadapi tim yang terlalu menyulitkan. Oleh karena itu, di gameweek pembuka ini lebih baik menggunakan formasi 3-5-2.

Komentar