Serba-Serbi Babak 16 Besar (Bagian I): Duel Tim Posisi Tertinggi Liga Inggris, Perancis, dan Italia

Analisis

by Ifsani Ehsan Fachrezi

Ifsani Ehsan Fachrezi

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Serba-Serbi Babak 16 Besar (Bagian I): Duel Tim Posisi Tertinggi Liga Inggris, Perancis, dan Italia

Tinggal menghitung hari untuk kembali menyaksikan hajat besar tahunan klub benua biru. Sebanyak 16 klub akan saling bertarung di atas lapangan untuk memperebutkan tiket final Liga Champions Eropa di Stadion Krestovsky, Sankt-Petersburg, Rusia.

Di babak 16 besar Liga Champions Eropa kali ini dihuni oleh klub yang berasal dari tujuh negara di Eropa, yakni Inggris, Spanyol, Perancis, Italia, Portugal, Austria dan Belanda. Inggris menjadi negara penyumbang klub terbanyak di babak 16 besar, yakni empat klub. Di antaranya adalah Manchester City, Liverpool FC, Manchester United dan Chelsea FC.

Ketika pengundian babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022, sempat terjadi kontroversi dalam proses pengundian. Alhasil, pengundian harus diulang dan semua klub sepakat dengan pengundian ulang. Berikut akan dibahas mengenai kekuatan tim-tim yang akan berlaga di babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022.

Duel Pemuncak Klasemen Liga Spanyol dan Prancis

Pertemuan keduanya di Liga Champions Eropa terjadi dua tahun sekali. Pertemuannya di babak 16 besar ini mengulang kembali apa yang terjadi ketika Liga Champions Eropa 2018. Real Madrid berhasil lolos dari babak 16 besar dengan mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 5-2. Di pertemuan selanjutnya, keduanya bertemu di babak grup Liga Champions Eropa 2020. PSG menekuk Real Madrid di rumahnya, Parc des Princes, Paris dengan skor 3-0. Di putaran kedua PSG menahan imbang Real Madrid di Estadio Santiago Bernabeu, dengan skor 2-2.

Kini keduanya menduduki singgasana peringkat pertama di masing-masing liga negaranya. Tentu ini akan menjadi salah satu pertemuan akbar kesebelasan sepakbola pada musim ini. Apalagi baik PSG maupun Real Madrid, moncer di liga meskipun harus gugur dalam turnamen domestik. Di lima laga terakhir, PSG mengemas empat kali menang dan satu kali kalah di French Cup oleh OGC Nice. Kemudian Real Madrid mengemas dua kali kemenangan, dua kali imbang dan satu kali kalah oleh Athletic Club di Copa del Rey.

Kedalaman skuad yang mewah dan bertabur bintang akan menjadi panggung menarik bagi laga yang dihelat di Stadion Parc des Princes, Paris, hari Rabu, 16 Februari pukul 03.00 WIB dini hari. Nama-nama seperti Lionel Messi, Neymar, Angel Di Maria, Karim Benzema, Luca Modric, Casemiro dan Sergio Ramos, akan menghadirkan citarasa masa-masa El Clasico beberapa tahun silam.

“Kalian semua tahu bagaimana rasa kasih sayang dan cinta saya kepada Real Madrid. Tapi semuanya sudah ditakdirkan. Sekarang saya membela PSG. Saya akan melakukan segalanya untuk PSG. Jika harus mati demi PSG, saya siap melakukannya” tegas Ramos ketika kesebelasannya akan melawan Madrid, seperti dikutip dari RMC Sports.

Duel Peringkat Dua Liga Inggris dan Italia

Pertemuan keduanya di 16 besar Liga Champions Eropa mengulang kembali apa yang terjadi 14 tahun silam. Saat itu, Liverpool berhasil menggulung Internazionale Milan dengan agregat 3-0. Pada putaran pertama, gol dari Dirk Kuyt dan Steven Gerrard di menit-menit akhir, membuat publik Anfield bergemuruh. Di putaran kedua, gol semata wayang dari Fernando Torres mengubur harapan publik Milan untuk lolos ke babak 8 besar Liga Champions Eropa 2008.

Keduanya akan kembali bertemu di babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022. Masing-masing tim memiliki catatan baik di kompetisi domestik, khususnya Liverpool yang mengemas lima kali kemenangan beruntun di semua kompetisi. Sedangkan Inter mengemas tiga kali kemenangan, satu kali imbang dan tersandung oleh rival sekotanya, AC Milan. Kekalahan tersebut membuat tergusur dari posisi puncak dan diambil alih Milan.

Liverpool masih mengandalkan serangan dari trio penyerangnya yang hingga saat ini masih subur dalam mencetak gol. Mohamed Salah, Sadio Mane, Diogo Jota, Roberto Firmino dan pilar terbarunya, Luis Diaz. Mereka akan berhadapan dengan kokohnya pertahanan Inter yang hingga pekan ke-24 Serie-A 2021/22, masih menjadi salah satu tim paling sedikit kebobolan (20).

Namun, Inter perlu waspada, karena posisi Alessandro Bastoni di bek tengah, dipastikan absen akibat cedera ketika bertemu dengan AS Roma. Beralih ke lini serang Inter yang tidak kalah produktif dari lini serang Liverpool. Duet Lautaro Martinez dan Edin Dzeko berhasil mengemas total 26 gol di seluruh kompetisi. Mereka akan menghadap bek-bek tangguh Liverpool yang dihuni oleh Virgil van Dijk, Joel Matip dan Ibrahima Konate. Dalam liga laga terakhir, gawang Liverpool hanya kebobolan dua dari lima pertandingan dan tiga kali nirbobol.

Komentar