Trofi ke-55 Rangers dan Daftar Juara Liga Domestik Terbanyak di Dunia

Cerita

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Trofi ke-55 Rangers dan Daftar Juara Liga Domestik Terbanyak di Dunia

Rangers telah memastikan gelar juara Liga Skotlandia musim ini. Klub asal Glasgow tersebut meraih trofi liga domestik ke-55 sepanjang sejarah — jumlah yang sangat banyak bagi klub profesional. Namun, di luar prestasi subur Rangers, klub manakah yang juga berhasil mengoleksi puluhan titel liga domestik? Berikut ini adalah daftar juara liga sepakbola terbanyak di dunia.

Pada 7 Maret 2021, Glasgow Celtic ditahan imbang Dundee United. Hasil itu pun memastikan Rangers sebagai juara Liga Skotlandia 2020/21. Klub berjuluk The Gers itu secara matematis tidak mungkin dikejar Celtic. Gelar pertama setelah 10 tahun membuat publik Rangers sangat antusias.

“Ini adalah gelar nomor 55 untuk klub — terbanyak di antara semua klub sepakbola di dunia — dan pertama dalam 10 tahun terakhir setelah salah satu dekade tersukar sepanjang sejarah klub,” tulis klub itu dengan nada girang di laman resminya.

Klaim Rangers memang benar. Mereka adalah peraih trofi liga domestik terbanyak di dunia. Raihan 55 trofi The Gers mengungguli klub dari asosiasi mana pun. Sang rival, Celtic, meski meraih sembilan trofi beruntun sebelum 2021, baru mengoleksi total 51 gelar.

Akan tetapi, rekor Rangers berpotensi disamai pada akhir musim ini. Anak asuh Steven Gerrard mengunci titel saat liga lain belum selesai. Dan pesaing mereka di daftar kontestan liga domestik tersukses, Linfield FC dari Irlandia Utara, masih dalam perebutan gelar juara.



Sejak bangkrut dan didegradasi ke divisi ketiga pada 2012, praktis Rangers tak punya kesempatan memperpanjang rekor juara. The Gers baru promosi ke Scottish Premiership pada 2016. Mereka pun butuh waktu untuk kembali jadi pesaing Celtic. Dekade muram Rangers itu dimanfaatkan Linfield untuk merangsek ke daftar juara liga domestik terbanyak.

Linfield merupakan klub tersukses di Irlandia Utara. Klub asal Belfast itu telah meraih 54 trofi Liga Irlandia Utara (NIFL Premiership). Sejak 2012, Linfield telah meraih empat titel liga.

NIFL Premiership 2020/21 sendiri masih menyisakan 16 pertandingan. Saat ini, Linfield masih bersaing ketat dengan Coleraine di puncak klasemen. Dua klub ini hanya dipisahkan dua poin.

Di bawah dua tim tersebut, raksasa Uruguay, Penarol yang menempati tempat ketiga dengan 52 trofi. Rival abadi Penarol, Nacional menempati peringkat lima dengan 47 titel. Mereka saat ini masih bersaing memperebutkan gelar Primera Division Uruguay.

Duopoli Uruguay, sebagaimana Skotlandia, terlalu dominan di liga domestik. Dari 117 trofi yang tersedia, Penarol dan Nacional memenangi 97 di antaranya. Dua tim ini bergantian menjuarai Liga Uruguay sejak 1930-1975. Pada dekade 2010-an, duopoli Penarol-Nacional pun hanya sekali dipatahkan oleh Danubio pada 2014.

Musim ini, Nacional difavoritkan meraih gelar kembali setelah mengangkatnya tahun lalu. Nacional tercatat sebagai runner-up Apertura dan kampiun Torneo Intermedio. Nacional pun hanya terpaut dua poin dari Liverpool di puncak klasemen Clausura yang masih berlangsung. Performa apik di Apertura dan Torneo Intermedio membuat Nacional memimpin klasemen agregat.

Bagi yang tak familiar dengan sistem Primera Division Uruguay, liga ini terbagi jadi tiga babak: Apertura, Torneo Intermedio, dan Clausura. Gelar juara ditentukan via play-off kejuaraan. Peserta play-off diambil dari juara Apertura, Clausura, dan pemimpin klasemen agregat. Sedangkan Torneo Intermedio berfungsi untuk penghitungan poin klasemen agregat dan kualifikasi Copa Sudamericana serta Supercopa Uruguay.

Lalu, bagaimana dengan Asia? Juara liga domestik terbanyak di konfederasi AFC sejauh ini adalah South China dari Hong Kong. Klub ini mengoleksi 41 gelar Liga Hong Kong. Namun, beberapa tahun terakhir, South China tak bisa bersaing di Hong Kong Premier League. Pasalnya, mereka mendegradasikan diri dari divisi teratas setelah ditinggalkan penyandang dana pada 2017.

Sementara itu, di antara lima liga top Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Perancis), Juventus menjadi tim dengan gelar juara terbanyak, meraih 36 titel. Juventus sebenarnya meraih 38 titel dengan menjuarai musim 2004/05 dan 2005/06. Tetapi, gelar 2005 dicabut dan gelar 2006 dialihkan ke Inter Milan karena Si Nyonya Tua tersangkut skandal Calciopoli.

Berikut adalah daftar peraih liga domestik terbanyak di dunia, sebagaimana dilansir dari data Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF). Sebagai catatan, per 9 Maret 2021, baru Liga Skotlandia yang memastikan kampiun, klub lain — kecuali South China — masih berpeluang menambah pundi-pundi gelar.

  1. Rangers (Skotlandia) 55 gelar
  2. Linfield (Irlandia Utara) 54 gelar
  3. Penarol (Uruguay) 52 gelar
  4. Celtic (Skotlandia) 51 gelar
  5. Nacional (Uruguay) 47 gelar
  6. Olimpia (Paraguay) 45 gelar
  7. Olympiakos (Yunani) 45 gelar
  8. Al-Ahly (Mesir) 42 gelar
  9. South China (Hong Kong) 41 gelar
  10. Olimpia (Honduras) 39 gelar

Komentar