West Brom vs Arsenal: Peluang Lacazette Tambah Pundi Gol

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

West Brom vs Arsenal: Peluang Lacazette Tambah Pundi Gol

Kemenangan atas Chelsea pada laga Derbi London pekan 16 mengawali optimisme Arsenal di Liga Inggris musim ini. Selanjutnya, giliran Brighton & Hove Albion yang berhasil dikalahkan. Dua kemenangan beruntun itu disambut semringah seluruh skuad. Sebelumnya The Gunners tak pernah meraup 3 poin dalam 7 pertandingan.

Kerja sama pemain senior dan para pemain muda pun mulai terjalin apik. Bukayo Saka, Emile Smith Rowe, dan Gabriel Martinelli mendorong para pemain senior untuk mengeluarkan kemampuan terbaik. Granit Xhaka, gelandang asal Swiss berusia 28 tahun, telah mencetak gol perdananya musim ini. Dan, di lini depan, satu nama mampu menjadi pembeda ketika para penggawa lain buntu. Ia adalah Alexandre Lacazette.

Memang, angin segar menerpa Tim Gudang Peluru sekembalinya Pierre-Emerick Aubameyang dari cedera. Namun, sentuhan akhir pemain asal Gabon tersebut belum kembali seperti sedia kala. Sejumlah peluang ketika melawan Brighton gagal dikonversi menjadi gol.

Dalam situasi kesulitan, Arsenal beruntung mempunyai Lacazette. Kendati masuk pada menit 66 di laga vs Brighton, ia menjadi pencetak gol kemenangan usai memanfaatkan umpan Bukayo Saka. Gol tersebut membuatnya selalu menjaringkan bola ke gawang lawan dalam 3 laga termutakhir.

“Fakta bahwa kami menang melawan Chelsea adalah dorongan besar. Dan datang ke sini tiga hari berselang, kemudian memperoleh kemenangan, bagi kami sangatlah penting. Saya bangga dengan para pemain dan senang akan hasil yang didapat,” kata Mikel Arteta usai laga melawan Brighton.

“Obat terbaik adalah kemenangan. Gambarannya terlihat jauh lebih baik saat ini. Kami hanya perlu memiliki konsistensi melawan West Bromwich Albion sekarang dan mencoba untuk meraih kemenangan lagi,” tandasnya.

Link streaming pertandingan Premier League: West Bromwich Albion vs Arsenal

Perbaiki Finishing Touch

Kesempatan Arsenal untuk meraup tiga kemenangan beruntun cukup besar. Apalagi, West Bromwich Albion merupakan tim dengan tingkat kebobolan paling tinggi (35) di antara tim-tim lain. Kehadiran Sam Allardyce pun belum mampu mengangkat performa tim.

Perubahan positif nan menonjol yang diperlihatkan Arsenal terlihat dengan lebih mengedepankan umpan cutback untuk mengancam gawang lawan. Gol Lacazette di laga terakhir pun berawal dari skema ini. Alih-alih melepaskan umpang silang, pemain sayap Arsenal kini lebih banyak melakukan umpan mendatar.

Akan tetapi, Arsenal bukan tanpa masalah. Finishing touch dan efektivitas dalam memanfaatkan peluang mesti diperbaiki Mikel Arteta. Melawan Brighton, misalnya, dari 11 tembakan, hanya 3 yang mengarah ke gawang.

Lacazette menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan umpan seperti ini. Pasalnya, dari seluruh pemain Arsenal, ia merupakan pemain dengan expected goals (xG) tertinggi dengan nilai 0,47 per 90 menit. Jika melihat akurasi tembakan Lacazette, peluang pemain asal Perancis itu untuk kembali mencetak gol cukup besar. Dari 18 kali tembakan yang telah dilancarkan sejauh ini, 11 di antaranya mengarah ke gawang.

Memang, Aubameyang sama-sama memiliki 11 tembakan yang mengarah ke gawang. Namun, jumlah tersebut dihasilkan dari total 27 tembakan. Lacazette lebih efektif karena persentase tembakan ke gawangnya mencapai 61,1 persen, berbanding 40,7 persen milik Aubameyang.

Sementara itu, Bukayo Saka merupakan pemain yang memiliki jumlah tembakan terbanyak (30) dan 10 di antaranya tepat sasaran. Tapi, dengan posisinya sebagai winger, hal tersebut bisa dimaklumi.

“Kami membutuhkan hasil itu [kemenangan], itu pasti. Namun, kami memerlukan tren kemenangan yang lebih lama dari itu. Ada beberapa hal yang berhasil kami perbaiki untuk mendapatkan hasil dua pertandingan terakhir, tapi ada hal-hal lain yang mesti kami lakukan dengan lebih baik,” ujar Arteta.

Kendati demikian, andai terlalu percaya diri, kemenangan yang diimpikan Arsenal bisa jadi buyar. Pasalnya, West Brom tidak pernah terkalahkan dalam tiga laga kandang terakhir melawan The Gunners.

Arsenal bertandang ke The Hawthorns untuk melawan West Bromwich Albion pada Minggu (3/1), dengan waktu kick-off pukul 03.00 WIB. Tayangan langsung pertandingan tersebut, semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar