Anwar El Ghazi, Membungkam Kritik dengan Performa Apik

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Anwar El Ghazi, Membungkam Kritik dengan Performa Apik

Gelandang Aston Villa, Anwar El Ghazi, berhasil bangkit dan menunjukkan performa apik bersama The Villans pada musim ini. Setelah dihujani berbagai kritik dari suporter serta mendapat kecaman lewat media sosial pribadinya, pemain asal Belanda tersebut membuktikan bahwa ia adalah bagian penting dari skuad arahan Dean Smith.

Didatangkan dari klub Perancis, LOSC Lille, pada Agustus 2018 dengan status pinjaman, sosok berdarah Maroko itu langsung menjadi andalan pada musim pertamanya di tanah Inggris. Ia berkontribusi membawa Villa promosi ke Premier League.

Semusim setelahnya, El Ghazi dipermanenkan dengan mahar sembilan juta euro. Di Premier League, ia tampil dalam 34 pertandingan, mencetak empat gol dan empat asis, serta ikut berjuang membantu tim asal Kota Birmingham tersebut lolos dari jurang degradasi.

Link streaming pertandingan Premier League: Chelsea vs Aston Villa

Namun, semua tidak berjalan seperti yang diharapkan pada awal musim 2020/21. El Ghazi tak pernah diturunkan sejak laga pekan pertama hingga pekan keenam Premier League. Pertandingan melawan Arsenal pada pekan ketujuh menjadi awal kembalinya seorang El Ghazi meski ia hanya tampil selama dua menit saja.

Selanjutnya, Dean Smith kembali menurunkannya sebagai pemain pengganti pada dua laga beruntun melawan Brighton dan West Ham. Nahas, Aston Villa mengalami dua kekalahan. Padahal, empat laga awal dilalui dengan kemenangan.

Kemudian, datanglah momentum yang ditunggu-tunggu. Masuk sebagai pemain pengganti untuk kali keempat, dalam laga melawan Wolves, El Ghazi menjadi pahlawan kemenangan Aston Villa berkat gol tunggal yang dibikinnya pada menit 90+4 lewat eksekusi penalti. Villa pun sukses mendulang tiga poin dan dukungan meluncur kepada pemain yang kini berusia 25 tahun itu.

“Anwar El Ghazi bersaing musim ini dengan Jack Grealish, Trezeguet, dan Bertrand Traore. Ia merasa kesulitan untuk menembus skuad utama. Namun, setiap kali ia tampil, ia bermain baik. Ia adalah pemain top, kami tahu itu, dan itulah salah satu alasan utama kami berada di liga ini,” kata Dean Smith.

“Gol dan penalti akan membuat ia tampil lebih baik. Dengan masuk ke lapangan dan mencetak gol tersebut, tentu akan meningkatkan kepercayaan dirinya,” tambahnya.

Dean Smith tak asal ucap. Dalam tiga pertandingan selanjutnya, eks pelatih Brentford itu pun memberikan kepercayaan lebih dengan selalu menurunkan El Ghazi sebagai starter, masing-masing ketika melawan Burnley, West Brom, dan terakhir Crystal Palace.

Bak gayung bersambut, kepercayaan itu dijawab dengan apik oleh El Ghazi dengan menorehkan tiga gol. Dari tujuh laga yang telah dilalui, pengaruhnya terhadap permainan The Villans kian terasa, expected goals (xG)-nya yang menyentuh angka 3,3 menjadi yang terbaik setelah Ollie Watkins dan Jack Grealish.

Lain itu, ia membantu mempertahankan produktivitas gol Aston Villa tetap terjaga. Kini Villa adalah tim terproduktif keempat di antara tim-tim lain. Secara individual, El Ghazi telah membuat 20 tembakan yang 12 di antaranya menemui sasaran. Itu menjadikannya sebagai pemain dengan persentase tembakan tepat sasaran terbaik (60%) di antara rekan-rekan lainnya.

Kendati dihadapkan dengan jadwal Boxing Day yang padat, El Ghazi diperkirakan bakal tetap diturunkan ketika Aston Villa bersua Chelsea pada pekan 16, Selasa (29/12/2020) di Stamford Bridge.

Jika Aston Villa tengah on fire, ditambah pertahanan yang kian kukuh usai menorehkan empat kali nirbobol secara beruntun, situasi sebaliknya dialami The Blues yang baru saja dikalahkan Arsenal dalam laga derbi pada pekan 15. Namun demikian, Dean Smith tak ingin jemawa.

“Ambisi kami di awal musim adalah menjalani laga dan menjadi kompetitif di setiap pertandingan yang kami mainkan. Tidak ada yang senang dengan finis di urutan 17 musim lalu, dan kami ingin memperbaikinya,” jelas Dean Smith.

Aston Villa akan menjalani pertandingan tandang melawan Chelsea pada Selasa (29/12) pukul 00.30 WIB. Tayangan langsung pertandingan tersebut, semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar