Kelleher Naik Daun, tapi Kembalinya Alisson Penting bagi Liverpool

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kelleher Naik Daun, tapi Kembalinya Alisson Penting bagi Liverpool

Jelang pertandingan melawan Fulham pada pekan 12 Liga Inggris 2020/21, Minggu (13/12), Liverpool mendapatkan angin segar seiring pulihnya penjaga gawang utama, Alisson Becker. Kiper asal Brasil tersebut berpeluang tampil setelah absen dalam tiga laga The Reds. Cedera didapat eks kiper AS Roma itu sebelum laga melawan Ajax di ajang Liga Champions.

Tanpa kehadiran Alisson, gawang Liverpool baik-baik saja. Keputusan cukup berani diambil Juergen Klopp. Alih-alih menurunkan Adrian, sang pelatih memberikan kesempatan debut bagi kiper muda Caoimhin Kelleher di dua ajang bergengsi sekaligus: Premier League dan Liga Champions. Padahal sebelumnya, kiper asal Rep. Irlandia tersebut hanya tampil di kompetisi Premier League 2.

“Top, top, top,” Klopp memuji Kelleher dalam sesi konferensi pers usai laga melawan Ajax. “Ini adalah situasi di mana, harus saya katakan, mudah untuk memutuskan memainkan Kelleher karena dia memang pantas untuk tampil. Namun, sulit memutuskan untuk tidak memainkan Adrian karena dia juga bekerja dengan sangat baik bersama kami; mencatatkan banyak nirbobol, musim yang luar biasa, final Piala Super, dan hal-hal seperti itu,” tambahnya.

“Dia [Adrian] bekerja dengan sangat baik, tetapi malam ini kami membutuhkan Kelleher — dan dia juga seorang talenta hebat, sekaligus kiper yang sangat bagus dan pesepakbola top. Jadi, saya suka itu,” imbuh Klopp.

Kemudian, tanpa ragu Klopp kembali memercayai Kelleher pada dua laga beruntun melawan Wolves dan Midtjylland. Total ia telah tampil dalam tiga pertandingan dengan catatan dua kali nirbobol. Aksinya di bawah mistar juga patut diapresiasi. Dari catatan Whoscored, rata-rata Kelleher melakukan empat penyelamatan per laga.

Link streaming pertandingan Premier League: Fulham vs Liverpool

“Saya hanya mencoba berada di tim untuk membantu pada saat-saat dibutuhkan, dan beruntung saya bisa membuat penyelamatan-penyelamatan itu dan mendapatkan nirbobol,” kata Kelleher usai laga melawan Wolves di ajang Liga Inggris pekan lalu.

“Dari menit pertama kami benar-benar bersemangat dan kami bermain dengan sangat baik. Itu pertandingan berkelas. Kami mencetak empat gol dan mungkin bisa saja kami mendapatkan lebih banyak lagi gol. Secara keseluruhan, itu adalah kinerja tim yang hebat,” tambahnya.

Akan tetapi, kehadiran Alisson bisa jadi membuat peluang Kelleher untuk tampil lebih banyak bersama Liverpool bakal tertunda. Bagaimanapun, secara kemampuan, mental, dan pengalaman, Alisson lebih unggul.

Memang, dari delapan kali penampilannya di Liga Inggris musim ini, ia telah kebobolan delapan kali dengan catatan dua kali nirbobol. Tetapi, sulit rasanya memaksa Alisson untuk duduk di bangku cadangan jika ia tengah berada dalam kondisi terbaik. Ditambah, sejumlah pemain belakang seperti Virgil van Dijk dan Joe Gomez juga masih belum bisa turun.

Sementara itu, dari lima pertemuan terakhir melawan Fulham, Liverpool terlampau perkasa. The Reds selalu menang baik ketika bertindak sebagai tuan rumah maupun tim tamu. Enggan jemawa, Jurgen Klopp tetap waspada lantaran menilai Fulham bisa saja mengejutkan. Menurutnya, secara permainan, anak asuh Scott Parker kerap tampil baik meski menuai hasil buruk.

Kemenangan mesti diraih Liverpool untuk terus menekan Tottenham di posisi puncak. Kedua tim sama-sama memiliki 24 poin yang hanya dibedakan oleh selisih gol. Setidaknya, dengan tiga poin tambahan, Liverpool bakal percaya diri kala menjamu klub asal London tersebut pekan depan.

Liverpool akan menjalani pertandingan tandang melawan Fulham pada Minggu (13/12) pukul 23.30 WIB. Tayangan langsung pertandingan tersebut, semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar