Peran Kalvin Phillips dan Pengaruhnya bagi Permainan Leeds United

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Peran Kalvin Phillips dan Pengaruhnya bagi Permainan Leeds United

Sempat cedera dan absen dalam tiga pertandingan, Kalvin Phillips kembali hadir di lapangan tengah Leeds United dalam dua laga terakhir. Ia berkontribusi membawa The Whites meraup poin kala bersua Arsenal dan Everton. Padahal sebelumnya, skuad arahan Marcelo Bielsa menderita dua kekalahan beruntun.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Phillips mampu menerjemahkan keinginan sang pelatih dengan baik. Ia memberikan dampak yang cukup signifikan dalam menjaga kedalaman lini tengah, sekaligus memberikan pengaruh yang besar saat situasi memungkinkan untuk melakukan serangan.

Bukti teraktual terlihat pada laga melawan Everton. Pemain berusia 25 tahun itu menorehkan dua tekel, sekali intersep, 11 kali ball recoveries, dan 79 operan yang 21,43 persennya merupakan operan progresif. Atas performanya itu, eks penggawa Liverpool yang kini menjadi pundit Sky Sports, Jamie Carragher, menyamakannya dengan sosok Paul Scholes.

“Dia mendapat ruang luas dan menjalankan permainan dari menit pertama hingga 90. Jika Anda menghadapi Leeds United, yang apik sebagai sebuah tim — bukan hanya Kalvin Phillips — dia [Phillips] harus menjadi bagian utama dari pembicaraan tim Anda. Persis seperti yang dilakukan Paul Scholes saat Anda melawan Manchester United,” tulis Jamie Carragher.

Link streaming pertandingan Premier League: Chelsea vs Leeds United

Phillips merupakan produk lulusan Akademi Leeds United di Thorp Arch. Kesabaran, dedikasi, dan loyalitas membuat kariernya pelan-pelan menanjak. Di saat para pemain seangkatannya pergi meninggalkan Leeds karena tak kunjung promosi, Phillips tetap setia.

Godaan tentu saja ada mengingat performa Phillips yang semakin bersinar. Aston Villa bahkan sempat menyodorkan dana 25 juta paun untuk mendapatkan Phillips ketika Leeds United gagal promosi ke Premier League lantaran kalah dalam play-off Championship. Alih-alih menerima pinangan tersebut, Phillips justru memperpanjang kontraknya bersama Leeds United.

Sejumlah pelatih mulai dari Neil Redfearn hingga Paul Heckingbottom pernah memberikan berbagai petuah kepada pemilik nomor punggung 23 itu. Kemudian, muncul Marcelo Bielsa, sosok Argentina yang mampu mengeluarkan potensi pemain-pemain yang sebelumnya dianggap medioker menuju ke level maksimal dan berpengaruh untuk tim. Selain Phillips, contoh pemain lain yang mulai berkembang bisa dilihat dari Mateusz Klich dan Patrick Bamford.

Selama tujuh musim bersama Leeds United, Phillips telah bermain sebanyak 188 laga di semua ajang. Sementara musim ini, ia telah tampil tujuh kali. Di bawah arahan Bielsa pula, angan-angan Phillips untuk membela Timnas Inggris terwujud dan kini ia memiliki tiga caps.

Pengaruhnya dalam permainan Leeds dari tahun ke tahun pun kian terasa. Untuk musim ini, dari tujuh pertandingan yang telah dimainkan, ia meraih tiga kemenangan, dua kali seri, dan dua kali kalah. Jika mampu mempertahankan performanya dan meminimalisasi cedera, besar kemungkinan Phillips dapat, setidaknya, membawa Leeds bertahan di Premier League.

Pencapaian yang diperolehnya tak bisa dilepaskan dari sosok Marcelo Bielsa. Ucapan terima kasih pun dilontarkan Phillips kepada Bielsa yang bisa membuatnya seperti sekarang. “Dia [Marcelo Bielsa] tidak pernah kenal lelah. Saya tidak pernah membayangkan dia bisa membantu saya berkembang sejauh ini,” kata Phillips.

Melawan Chelsea di Stadion Stamford Bridge pada pekan 11 Liga Inggris, Minggu (6/12) pukul 03.00 WIB, Leeds United bakal kembali mengandalkan Phillips di lini tengah. Sebagaimana yang diungkapkan Jamie Carragher, Chelsea perlu memberikan perhatian lebih kepada Phillips jika ingin meraih kemenangan.

The Blues tengah percaya diri lantaran tak terkalahkan dalam 12 laga termutakhir. Sederet pemain berkualitas dan kedalaman skuad yang mumpuni jelas menjadi keunggulan tim asal London tersebut. Terbaru, Olivier Giroud tampil oke dengan membikin empat gol ke gawang Sevilla di ajang Liga Champions. Performa itu diyakini membuat Frank Lampard kesulitan dalam menentukan pilihan di lini depan.

Namun, bukan berarti Leeds tak memiliki peluang. Bukan tidak mungkin pula, sosok Kalvin Phillips bisa jadi ancaman yang membuat lini tengah tuan rumah tak mampu mengembangkan permainan.

Leeds United akan menjalani pertandingan tandang melawan Chelsea pada Minggu (6/12) pukul 03:00 WIB. Tayangan langsung pertandingan tersebut, semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar