Eintracht Frankfurt, Klub yang Doyan Meraih Hasil Imbang

Cerita

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Eintracht Frankfurt, Klub yang Doyan Meraih Hasil Imbang

Di antara klub-klub yang berkiprah di Bundesliga 1 musim 2020/21, hingga sembilan pertandingan, Eintracht Frankfurt adalah kesebelasan yang memiliki catatan hasil imbang terbanyak. Skuad arahan Adi Huetter menorehkan enam kali imbang, sekali kalah, dan dua kali menang.

Bahkan, jika dibandingkan dengan tiga liga top Eropa lainnya (Inggris, Italia, Spanyol), hanya SD Huesca (La Liga Spanyol) yang melebihi catatan Frankfurt dalam hal hasil imbang (7 kali). Menilik tabel klasemen sementara, torehan Eintracht Frankfurt yang menempati urutan sembilan bisa dikatakan tidaklah buruk.

Pada akhir musim 2019/20, hanya RB Leipzig yang mempunyai catatan imbang terbanyak (12 kali) dan mampu berada di posisi tiga besar. Sisanya, Schalke (juga 12 kali imbang) bercokol di peringkat 12. Sementara contoh lebih buruk bisa dilihat dari performa Fortuna Dusseldorf (12 kali imbang) yang terdegradasi ke Bundesliga 2.

Pada musim yang sama, Eintracht Frankfurt hanya mendapat enam kali imbang dari 34 pertandingan. Memang terlalu dini untuk menilai kiprah die Adler. Namun, setidaknya, Bas Dost dan kawan-kawan kudu mulai berbenah.

Dari enam laga yang berkesudahan dengan hasil imbang itu, tiga di antaranya terjadi ketika Frankfurt tertinggal gol terlebih dahulu. Sementara pada laga terakhir melawan tuan rumah Union Berlin, Frankfurt sempat membalikkan kedudukan (2-3) sebelum dibalas untuk, lagi-lagi, mengakhiri laga dengan hasil imbang.

Sekilas, “telat panas” menjadi salah satu masalah yang dihadapai Frankfurt dalam mencari kemenangan. Saat melawan TSG Hoffenheim pada Spieltag 3, misalnya, dua gol dalam kemenangan 2-1 terjadi usai tertinggal gol terlebih dahulu. Kini, melawan Dortmund pada Spieltag 10, misi sulit diemban Andre Silva dan rekan-rekan.

Link streaming pertandingan Bundesliga: Eintracht Frankfurt vs Borussia Dortmund

"Kami mesti benar-benar waspada. Akan sangat sulit mengatasi ketertinggalan melawan tim seperti Dortmund. Satu keuntungan yang kami dapat karena Dortmund akan ditantang Lazio di Liga Champions pada Rabu [3 Desember]. Selain itu, kami tidak boleh membiarkan mereka berada dalam suasana hati yang menyenangkan,” kata Direktur Olahraga Eintracht Frankfurt, Bruno Huebner.

Pernyataan Bruno Heubner terkait kondisi Dortmund tidak sesuai yang diharapkan. Pasalnya, hasil imbang yang diperoleh Dortmund kontra Lazio memastikan satu tempat di babak 16 besar UCL 2020/21, membuat mereka kian percaya diri jelang bersua di Stadion Commerzbank-Arena.

Akan tetapi, Frankfurt diuntungkan jelang pertandingan karena penyerang sekaligus top skor kedua Bundesliga sejauh ini, Erling Haaland, mengalami cedera yang membuatnya mesti beristirahat setidaknya sampai awal tahun 2021.

Jika tim tamu kehilangan salah satu bomber andalannya, situasi sebaliknya dialami tuan rumah. Andre Silva dalam kondisi fit dan akan menjadi pemain andalan guna membobol gawang Dortmund. Hingga kini, penyerang asal Portugal tersebut tak sekali pun absen membela Eintracht Frankfurt di Bundesliga 1. Catatan tujuh gol dari sembilan laga menunjukkan bahwa Silva cukup apik dalam menjaga konsistensinya membobol gawang lawan.

Secara individu, kemampuannya dalam memberi ancaman kepada lawan pun paling menonjol di skuad Frankfurt. Dari data FBref, eks penggawa AC Milan itu rata-rata melepaskan 3,87 tembakan per laga dengan nilai xG (expected goals) yang mencapai 0,84 per 90 menit.

“Saya mulai bermain sepakbola karena saya ingin merasakan semangat yang menyala dalam diri saya. Saya selalu merasakan nyala dalam diri untuk mencapai banyak tujuan dan berbuat sebaik mungkin sepanjang waktu, dan saya pikir, di satu sisi saya melakukan yang terbaik demi saya dan di sisi lain melakukan yang terbaik demi orang-orang yang mendukung kami,” paparnya ketika ditanyai mengenai perasaannya ketika mencetak gol.

Dengan absennya Haaland dan melihat hasil Dortmund yang belum pernah imbang di Bundesliga, bisa jadi Frankfurt hanya akan memiliki dua pilihan: menang atau kalah.

Eintracht Frankfurt akan berhadapan dengan Borussia Dortmund pada Sabtu (5/12) pukul 21:30 WIB. Pertandingan tersebut, seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar