Mateusz Klich: Dari Perenang Gagal Jadi Andalan Marcelo Bielsa

Cerita

by Redaksi 6

Redaksi 6

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mateusz Klich: Dari Perenang Gagal Jadi Andalan Marcelo Bielsa

Tiga musim terakhir, jagat sepakbola Inggris digemparkan dengan kedatangan Marcelo Bielsa ke Leeds United. El Loco merevolusi dan menyeret Leeds dari awan gelap keterpurukan. Singkatnya, The Whites sukses promosi ke Premier League lagi. Tetapi, selain Bielsa, ada satu nama penting yang sering diabaikan, Mateusz Klich.

Saat didatangkan Leeds dari Twente pada Juni 2017 silam, pemain berusia 30 tahun itu hanya bermain sebanyak 5 kali di divisi Championship dan dipinjamkan ke klub Eredivisie lagi, FC Utrecht, pada bursa transfer musim dingin 2018.

Kedatangan Marcelo Bielsa membawa berkah tersendiri bagi Klich. Dirinya menjadi sosok penting dalam taktik El Loco. Di akhir musim 2018/19, Klich tampil sebanyak 50 kali di semua kompetisi, mencetak 10 gol dan 9 asis. Sementara Leeds sendiri hampir promosi.

Di tahun ketiga kontraknya bersama klub Yorkshire, Klich seperti tidak tergantikan. Dia hanya absen 1 kali dari total 46 pertandingan Championship, memborong 6 gol serta 6 asis. Puncaknya, Klich membantu Leeds jadi kampiun Championship dan promosi ke Premier League, menyudahi masa absen 16 tahun.

“Dia [Klich] tidak dapat menjadi pemain yang lebih baik lagi. Klich adalah pemain dengan skill yang amat sangat mengandalkan fisik,” ungkap Marcelo Bielsa menjelaskan bagaimana Klich sudah mencapai batas kemampuannya, tidak seperti pemain-pemain lain yang masih perlu meningkatkan permainan.

Highlight pertandingan UEFA Nations League: Polandia vs Belanda

“Seorang pemain yang banyak berlari, banyak melakukan pergerakan intens dan membuat banyak pergerakan dengan kecepatan maksimal. Kualitasnya kini terintegrasi dengan persiapan mentalnya. Itulah sebabnya dia banyak berlari. Ketika dia lapar, makan dia akan berlari lebih sering,” imbuh pelatih asal Argentina tersebut.

Gaya pressing yang diusung Bielsa dapat direpresentasikan Klich dengan baik. Musim 2019/20, dia menjadi pemain ketiga terbaik di Championship dengan jumlah (30) kemenangan perebutan bola terbanyak di sepertiga akhir lapangan. Visi bermainnya juga tidak dapat diremehkan. 746 umpan sukses di sepertiga akhir lapangan menjadi catatan terbaik yang dibuat oleh pemain di Championship 2019/20.

Perenang Gagal

Sebenarnya tidak mengherankan bagaimana Klich fisik yang begitu prima. Menurut eks pelatihnya di tim reserve Cracovia, Marcin Sadko, Klich terbantu dengan lingkungan keluarga yang dipenuhi atlet. Ayahnya, Wojciech, merupakan eks pesepakbola profesional di liga utama Polandia. Ibunya, Malgorzata, adalah guru renang yang di masa mudanya pernah meraih perunggu di kejuaraan nasional 800 m gaya bebas.

Lain itu, kakek dari ibunya, Andrzej Kielbusiewicz, adalah eks pelatih tim renang Polandia di Olimpiade 1976. Kielbusiewicz meninggal pada 2011 silam dan kolam renang lokal di kota Tarnow dinamai namanya. Begitupun dengan adiknya, Maja, yang juga seorang perenang.

Meski telah diarahkan untuk menjadi seorang perenang profesional, Klich merupakan perenang yang buruk. “Perenang terburuk di keluarga. Anak-anak lain akan tertawa ketika melihatnya berenang, tetapi dia belajar untuk menerimanya dan mengatakan renang bukan jalan olahraganya,” kata Malgorzata. Sebelum meninggal, sang kakek pernah berkata, melihat Klich berenang menyadarkannya bahwa ia adalah pesepakbola.

Namun, Klich adalah sosok yang disiplin. Semasa sekolah menengah pertama, Klich mendedikasikan 20 jam selama satu pekan hanya untuk berlatih sepakbola.

“Dia berkata kepadaku bahwa ini adalah momen terbaik di karier profesionalnya. Dan dia mengatakan kepadaku, dia berharap dapat dilatih oleh Bielsa 10 tahun lebih awal, karena jika dia mendapatkannya, dia akan menjadi pemain yang lebih hebat,” sebut Malgorzata.

Di masa jeda internasional, Anda tidak akan kekurangan tontonan. Mola TV menayangkan pertandingan persahabatan, UEFA Nations League, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Cuplikan laga Polandia vs Belanda dapat Anda saksikan dengan mengeklik tautan ini.

Komentar