Josip Brekalo, Winger Muda Kroasia yang Serba Bisa

Cerita

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Josip Brekalo, Winger Muda Kroasia yang Serba Bisa

Dalam partai persahabatan, Kamis (12/11/2020) lalu, Kroasia tertinggal 2-1 dari Turki hingga menit 53. Anak asuh Zlatko Dalic menekan pertahanan lawan. Di sisi kanan, winger muda Kroasia, Josip Brekalo bergerak maju meminta bola. Pemain VfL Wolfsburg itu kemudian mengirim umpan silang yang mengecoh bek Turki. Umpannya diselesaikan dengan sempurna oleh Mario Pasalic.

Selang dua menit, giliran Brekalo yang mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang kelahiran Zagreb itu cerdik membaca situasi. Brekalo mengambil ancang-ancang lari ke kotak penalti. Mislav Orsic, yang melihat gerakan Brekalo, mengirim umpan lambung kepadanya. Brekalo mematahkan jebakan offisde Turki dan berdiri tak terkawal. Sundulannya dari jarak dekat menaklukkan Ugurcan Cakir dan membawa Kroasia unggul.

Vatreni memang gagal memenangi laga itu usai Cengiz Under menyamakan kedudukan. Namun, kejeniusan Brekalo di lini serang Kroasia menjadi salah satu sorotan utama laga tersebut. Kendati masih berusia muda, eks pemain Dinamo Zagreb itu menunjukkan kematangan permainan yang menjelaskan alasan Dalic rutin memanggilnya.

Link streaming pertandingan UEFA Nations League Swedia vs Kroasia

Performa tersebut semakin istimewa jika mengingat Brekalo harus berjuang melawan Covid-19 pada akhir Oktober lalu. Josip tak butuh waktu lama untuk kembali pulih dan menampilkan permainan terbaiknya.

Nama Josip Brekalo memang tak asing bagi penggemar Bundesliga. Penyerang berpostur 1,75 m ini telah mengenalkan dirinya di level teratas sepakbola Jerman saat dipinjamkan ke Stuttgart pada 2017/18 lalu. Brekalo mencetak gol Bundesliga pertamanya ke gawang Borussia Dortmund yang menyegel kemenangan 2-1 untuk timnya.

Penampilan apik di Stuttgart membuat Wolfsburg memanggilnya kembali untuk Rueckrunde (paruh kedua Bundesliga). Die Wolfe butuh Brekalo untuk berjuang menghindari degradasi.

Keputusan itu terbukti tepat. Pasalnya, Brekalo berperan penting dalam kesintasan Wolfsburg pada 2017/18. Ia mencetak satu gol dan satu asis saat menghadapi FC Koln dalam laga penentuan Wolfsburg pada spieltag 34. Kontribusinya membuat Die Wolfe memastikan tempat di peringkat 16, zona play-off degradasi.

Ketika play-off, Brekalo kembali tampil brilian lawan Holsten Kiel. Ia mencetak satu gol dari dua leg lawan kandidat promosi 2. Bundesliga tersebut. Wolfsburg memenangi play-off dengan agregat 4-1, memastikan tempat di Bundesliga.

Sebelum berkiprah di Jerman, Brekalo telah dikenal sebagai pemain berbakat saat masih di akademi Dinamo Zagreb. Kemampuan olah bola dan kecepatannya membuat Brekalo dijuluki “Arjen Robben versi Kroasia”.

“Saya harap saya dapat membantu VfL dengan kecepatan, dribel, dan duel satu lawan satu, dengan umpan bagus ke kotak penalti dan dengan tembakan saya. Saya mampu dan hendak memperlihatkan sesuatu," kata Brekalo saat diwawancarai SportBuzzer.

Kecepatan adalah talenta alamiah yang dimiliki Brekalo. Tetapi, kemewahan bakat tak membuatnya malas belajar. Di bawah asuhan Oliver Glasner, Josip berkembang cepat. Kini ia mampu bermain baik sebagai winger kiri, kanan, atau second striker.

“Josip tidak lagi bermain di pinggir, tetapi lebih ke dalam. Inilah peran di mana kemampuan mencetak golnya, dinamisme, dan kekuatannya dalam situasi satu lawan satu bisa diasah. Seperti itulah idenya,” kata Glasner.

Brekalo pun menjelma menjadi pemain penting Wolfsburg dalam tiga musim terakhir. Musim ini, ia telah tampil dalam enam pertandingan Bundesliga. Glasner sering menandalkannya sebagai winger kiri dalam formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3.

Aksi-aksi Brekalo bersama Wolfsburg

Dari sayap kiri Wolfsburg, kecepatan Brekalo kerap merepotkan lini pertahanan lawan. Ia tercatat sebagai pemain Die Wolfe dengan jumlah dribel sukses terbanyak (11) di Bundesliga. Brekalo juga rutin membuka peluang, membuat sembilan umpan kunci (terbanyak di antara skuad Wolfsburg), 14 umpan ke sepertiga akhir, serta 11 umpan ke kotak penalti sejauh ini.

Brekalo urung dilibatkan saat Kroasia menembus final Piala Dunia pada 2018 lalu. Kini, Brekalo rutin disertakan dalam skuad Vatreni. Penyerang muda Wolfsburg tersebut akan menjadi andalan Vatreni saat mengarungi UEFA Nations League dan Euro 2020 mendatang.

Di masa jeda internasional, Anda tidak akan kekurangan tontonan. Mola TV menayangkan pertandingan persahabatan, UEFA Nations League, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan Swedia vs Kroasia pada Minggu (15/11) pukul 02:45 WIB dapat Anda saksikan dengan mengeklik tautan ini.

Komentar