Angelino Kian Berkembang di Bawah Nagelsmann

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Angelino Kian Berkembang di Bawah Nagelsmann

Angelino, seorang bek kiri, adalah top skor lintas kompetisi RB Leipzig sejauh ini. Sejak kembali dipinjam untuk musim 2020/21, bek yang mengawali karier di tim junior Deportivo La Coruna tersebut telah mencetak empat gol dari delapan pertandingan bagi anak asuh Julian Nagelsmann.

Hingga akhir Oktober, hanya ada tiga pemain selain Angelino yang mampu mencetak lebih dari satu gol untuk Die Roten Bullen. Mereka adalah Yussuf Poulsen (3), Amadou Haidara (2), dan Emil Forsberg (2).

Statistik tersebut bukan berarti lini serang Leipzig tumpul pasca ditinggal Timo Werner. (Torehan 17 gol dari delapan pertandingan menunjukkan bahwa kuda hitam Bundesliga ini masih produktif). Melainkan, munculnya nama Angelino sebagai top skor menunjukkan permainan bek asal Spanyol itu yang makin berbahaya.

Pemain bernama lengkap Jose Angel Tasende ini semakin percaya diri menjelajah area lawan dan peka mencari posisi. Kepekaan pemosisian Angelino ditunjukkan dua golnya di Bundesliga. Dua gol itu dicetak melalui sundulan ke gawang FC Augsburg dan Schalke 04.

Link streaming Borussia Moenchengladbach vs RB Leipzig

Saat menghadapi Schalke, Angelino peka mencari posisi yang tepat dari sisi kiri kotak penalti. Ia pun menyambut umpan silang Christopher Nkunku dengan sempurna. Skema serupa terjadi dalam gol Bundesliga keduanya musim ini ke gawang Augsburg. Eks pemain NAC Breda tersebut mencari posisi di tiang jauh untuk menyundul bola kiriman Dani Olmo.

Kehadiran Angelino di kotak penalti lawan meningkat secara signifikan pada musim ini. Di ajang Bundesliga, bek berpostur 1,71 m ini mencatatkan 24 sentuhan di kotak penalti dan 149 sentuhan di sepertiga akhir, terbanyak di antara skuad Leizpig. Musim lalu, dari 13 penampilan, Angelino hanya mendapat 26 sentuhan di kotak penalti.

Peran yang semakin ofensif tersebut membuat kehadiran Angelino semakin signifikan di lini serang Leipzig. Ia rata-rata terlibat dalam 4,49 aksi berujun tembakan musim ini. Saat menghadapi Istanbul Basaksehir di Liga Champions, Angelino juga berhasil mencetak brace pertamanya bagi Die Roten Bullen.

Angelino memang telah menarik minat Nagelsmann sejak musim lalu. Pada pertengahan musim 2019/20, ketika pertama kali dipinjam, eks bek PSV Eindhoven tersebut segera menjadi andalan. Nagelsmann biasa menurunkannya sebagai wingback kiri dalam formasi 3-4-3 atau 4-2-3-1.

Di musim perdananya, Angelino mencetak satu gol dan lima asis untuk RB Leipzig. Impresi selama musim 2019/20 cukup untuk membuat Die Roten Bullen berusaha menggaetnya secara permanen. Musim ini, Leipzig menyertakan klausul opsi pembelian permanan dalam kontrak peminjaman Angelino.

“Angel tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan kami dan dia mengerti gaya permainan kami sejak awal. Dia bermain sangat baik selama Rueckrunde [paruh kedua musim Bundesliga] dan membantu kami meraih tujuah di Liga Champions [lolos ke semifinal],” ucap Direktur Olahraga RB Leipzig, Markus Kroesche.

“Dia memberi dampak besar ke kami. Itulah mengapa saya senang dia akan mengenakan seragam RB Leipzig untuk setidaknya semusim lagi,” tambahnya.

Keputusan akhir mengenai karier Angelino memang belum diputuskan. Namun, jika melihat dampaknya di sistem Leipzig, Jose Angel Tasende kemungkinan besar akan direkrut secara permanen. Kepindahannya ke Red Bull Arena pun menguntungkan semua pihak, baik sang pemain, Leipzig, juga Manchester City. Pasalnya, di Man City, Guardiola lebih memilih Benjamin Mendy dan Oleksandr Zinchenko di pos bek kiri. Kedatangan Joao Cancelo pada 2019/20 pun semakin menyingkirkan Angelino di skuad The Citizens.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar