Timnas U-19 vs Makedonia Utara U-19: Menguji Kedalaman Skuad Garuda Muda

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Timnas U-19 vs Makedonia Utara U-19: Menguji Kedalaman Skuad Garuda Muda

Timnas Indonesia U-19 dipastikan tak akan diperkuat dua pemain andalan dalam laga uji tanding melawan Makedonia Utara U-19, Minggu (11/10/2020) pukul 19.45 WIB. Shin Tae-yong selaku pelatih Garuda Muda menjanjikan rotasi pemain, termasuk di lini pertahanan.

Kemenangan atas NK Dugopolje, Kamis (8/10) mesti dibayar dengan cederanya Bagus Kaffa dan M. Supriadi. Kedua pemain tersebut diterjang pemain lawan dan membutuhkan waktu setidaknya lima hari ke depan untuk kembali pulih.

Meskipun terlihat telah memiliki skuad inti, Shin Tae-yong kini mesti jeli dalam memilih susunan pemain yang akan berlaga sejak sepak mula. Apalagi, Elkan Baggott diprediksi bakal tampil dalam sebelas pemain pertama. Satu di antara Rizky Ridho dan Komang Teguh diperkirakan bakal berada di bangku cadangan.

“Melawan Makedonia Utara, kami melakukan persiapan tetap seperti pertandingan sebelumnya. Namun, akan ada sedikit perubahan di dalam formasi nanti,” terang Shin Tae-yong dikutip laman resmi PSSI.

“Makedonia Utara adalah tim bagus, mereka pasti memanfaatkan uji tanding ini untuk mengikuti turnamen di Eropa. Karakter permainan tim Eropa Timur melekat pada mereka,” tambahnya.

Performa David Maulana dan kawan-kawan mulai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada laga terkini, Garuda Muda tampil penuh percaya diri. Mereka mendikte permainan dengan lebih lama menguasa bola. Tak hanya itu, para pemain sayap kerap memanfaatkan kecepatannya guna menusuk ke pertahanan lawan untuk menciptakan peluang.

Kekurangan dari segi postur juga disiasati Garuda Muda lewat satu-dua sentuhan. Gol pertama ke gawang NK Dugopolje, misalnya, diawali dari pergerakan cepat Bagus Kaffa yang memberikan umpan cutback dan diselesaikan dengan apik oleh Braif Fatari. Hal ini turut membuat konsentrasi lawan pecah.

Sementara itu, sepanjang tahun 2020, Makedonia Utara baru melakukan sekali uji tanding, yakni melawan Georgia U-19 pada Februari lalu. Kala itu, mereka kalah dengan skor 3-4. Jauh sebelumnya, pada UEFA U-19 Championship, Makedonia Utara tersingkir di babak kualifikasi. Sempat menang atas Luksemburg, Darko Churlinov dan kawan-kawan kalah atas Rep. Ceko dan seri melawan Kroasia U-19.

Melihat serangkaian pertandingan yang dilalui Makedonia Utara U-19, peluang Timnas Indonesia U-19 untuk kembali meraih kemenangan terbuka lebar. Persiapan yang lebih matang menjadi salah satu keunggulan. Di lain sisi, laga ini akan menjadi pembuktian seberapa kuat kedalaman skuad Garuda Muda.

“Tentu kami seperti biasa terus melakukan persiapan yang baik jelang menghadapi Makedonia Utara. Kami akan berjuang keras dan meraih hasil terbaik melawan mereka,” ucap stiker Timnas U-19, Irfan Jauhari. Klik link berikut untuk menyaksikan pertandingan Indonesia U-19 vs Makedonia Utara U-19. (link Streaming)

Perkiraan Susunan Pemain Timnas U-19

Adisatryo; Bayu Fiqri, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, David Maulana, Brylian Aldama, Beckham Putra; Irfan Jauhari, Braif Fatari.

Komentar