Lewandowski Buktikan Kelayakan Sebagai Pemain Terbaik Eropa dengan Quattrick Kedua

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lewandowski Buktikan Kelayakan Sebagai Pemain Terbaik Eropa dengan Quattrick Kedua

Robert Lewandowski pantas dianugerahi gelar Pemain Terbaik UEFA 2020. Penampilannya di partai Bayern Munchen vs Hertha Berlin, Minggu (4/10/2020) malam tadi berkata demikian. Penyerang asal Polandia itu memborong empat gol Bayern dalam kemenangan dramatis 4-3 atas tamu dari ibu kota. Torehan empat gol ini sekaligus menjadi quattrick kedua Lewandowski di Bundesliga.

Lewandowski pertama kali mencetak quattrick Bundesliga saat Bayern membabat Vfl Wolfsburg 5-1 pada 2015. Waktu itu, eks penyerang Lech Poznan tersebut bahkan mencetak pentatrick. Turun dari bangku cadangan, Lewandowski mencetak lima gol hanya dalam waktu sembilan menit.

Lewandwoski butuh waktu lima tahun untuk kembali cetak quattrick Bundesliga. Empat golnya sangat krusial bagi kemenangan Die Roten. Lewandwoski menunaikan tugasnya sebagai ujung tombak sekaligus mengonversi mental juara skuad Bayern.

Highlights pertandingan Bayern Munchen vs Hertha Berlin

Berlaga di Allianz Arena, Die Alte Dame mampu tampil menyulitkan skuad asuhan Hans-Dieter Flick. Kendati tertinggal dua gol lebih dulu, Matheus Cunha dan kawan-kawan berhasil menyamakan kedudukan. Hertha pun mampu memaksakan skor 3-3 hingga injury time. Namun, penalti Lewandowski membuyarkan satu poin mereka.

Lewandowski memang tampil trengginas saat menjamu Hertha. Selain mencetak empat gol, ia juga membuat 13 tembakan. Jumlah itu adalah yang tertinggi dalam satu pertandingan Bundesliga sejak 2009.

Usai pertandingan, Flick memuji kualitas eks penyerang Borussia Dortmund tersebut. Peraih titel Pelatih Terbaik UEFA ini mengapresiasi etos kerja Lewandowski yang berdampak signifikan ke permainan skuad Bayern.

“Dia adalah Pemain Terbaik Eropa, dan memang pantas demikian. Sebagai penyerang tengah, dia biasa mencetak gol, termasuk untuk kami pada hari ini. Dia punya kualitas, khususnya saat di dalam kotak penalti. Tetapi dia juga pemain tim yang luar biasa dan juga menyajikan bola ke pemain lain,” ucap Flick dalam konferensi pers.

“Dia adalah salah satu pemain yang mewujudkan daya dorong di lini pertahanan pertama, membuat lawan berada dalam tekanan. Jadi, saya sangat puas dengan penampilannya. Dia adalah penyerang terbaik sedunia,” tambah pelatih yang membimbing Bayern meraih lima titel pada 2020 itu.

Lewandoski pun mencetak rekor 100 gol di Allianz Arena tadi malam. Gol pertamanya ke gawang Alexander Schwolow merupakan gol ke-100 tersebut. Total, Lewandowski telah mencetak 103 gol di Allianz Arena dan 251 gol dari 294 pertandingan kompetitif bersama Bayern.

Hasil itu juga membawa Lewandowski ke jajaran top skor sementara Bundesliga 2020/21. Penyerang berusia 32 tahun itu hanya diungguli Andrej Kramaric dalam perburuan Torjagerkanone di pekan-pekan awal Bundesliga.

Peluang Lewandowski untuk meraih Torjagerkanone musim ini masih sangat terbuka. Apalagi, pada 2020, Lewandowski selalu klinis di depan gawang. Tahun ini, ia tak pernah gagal mencetak gol dalam dua pertandingan beruntun Bundesliga.

Lewandowski sendiri merupakan top skor Jerman tiga musim terakhir. Pada 2017/18 dan 2019/20, ia bahkan menorehkan rerata lebih dari satu gol per pertandingan.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar