Arsenal Tak Bisa Terus Andalkan Bernd Leno

Analisis

by Redaksi 6

Redaksi 6

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Arsenal Tak Bisa Terus Andalkan Bernd Leno

Arsenal akan mendapat ujian berat di pekan ke-4 Premier League 2020/21, saat menjamu Sheffield United di Stadion Emirates, Minggu (4/10/2020) pukul 20.00 WIB. Lini pertahanan Meriam London bakal kembali diuji setelah terlihat kepayahan di dua laga terakhir melawan Liverpool.

Pasukan Mikel Arteta memang memetik kemenangan di laga terakhir melawan Liverpool di ajang Carabao Cup (1/10). Akan tetapi, Arsenal menang berkat penampilan heroik sang kiper, Bernd Leno yang menciptakan 7 penyelamatan krusial.

Skema membangun serangan dari lini belakang yang diterapkan Arteta memang masih belum matang, terutama lini belakang yang masih rentan. The Gunners merupakan tim ke-6 dengan catatan shots conceded per laga terbanyak di liga (13.3).

Dari 3 pertandingan Premier League musim ini, Leno tercatat telah melakukan rata-rata 2.7 penyelamatan tiap pertandingannya. Leno rata-rata melakukan 1.3 saves dari peluang sepakan luar kotak penalti, jumlah penyelamatan terbanyak ketiga setelah kiper West Brom, Sam Johnston (1,7), dan penjaga gawang Newcastle United, Karl Darlow (1,5).

Link streaming Arsenal vs Sheffield United

Selain permasalahan tersebut, Arsenal memiliki rekor buruk saat berhadapan dengan Sheffield di ajang Premier League. Kemenangan terakhir Arsenal atas Sheffield di Premier League terjadi pada September 2006 silam. Setelah itu, Meriam London tidak mampu menang di 3 pertemuan terakhir (2 kalah 1 imbang).

Namun, The Gunners mampu mengandalkan lini depan mereka yang sangat efisien. Meski hanya memiliki rata-rata 8 tembakan per pertandingannya, conversion rate mereka di angka 25%, tertinggi dari tim manapun di liga Inggris musim ini. Sudah 6 gol dicetak Arsenal dari rata-rata 4 tembakan tepat sasaran.

Tiga poin tambahan akan sangat penting bagi Meriam London. Pasalnya, mereka akan menghadapi Manchester City, Leicester City, serta Manchester United di tiga laga Premier League berikutnya.

Sementara itu, Sheffield yang mengincar kemenangan keempat beruntun atas Arsenal di ajang Premier League sedang dalam performa buruk. Pasukan Chris Wilder selalu kalah di 3 laga perdana musim ini. Padahal, musim lalu mereka sanggup mengumpulkan 7 poin di 3 pekan awal. Lain itu, The Blades belum sanggup mencetak skor dan sudah kebobolan 4 gol.

Chris Wilder tidak dapat menurunkan Lys Mousset dan Simone Moore karena cedera. Akan tetapi, John Egan sudah kembali dari larangan bermain satu laga. Kembalinya Egan terbilang tepat melihat Jack O’Connel harus menepi selama 6 bulan usai menjalani operasi cedera lutut.

“Tantangan besar bagi kami, tidak menjadi lebih mudah, tetapi kami siap untuk berjuang. Tim berada di kondisi yang baik, dari segi mentalitas. Orang-orang mengatakan kami tidak tertinggal dari tim-tim lainnya,” ungkap Chris Wilder dalam konferensi pers jelang laga.

“Arsenal adalah tim dengan serangan balik yang berbahaya dan memiliki bakat-bakat luar biasa. Lebih sulitnya lagi, mereka melakukan pressing sangat ke depan dan memiliki pemain depan yang dapat melukai tim mana pun di Premier League,” tandasnya.

Perkiraan Susunan Pemain

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Granit Xhaka, Dani Ceballos, Ainsley Maintland-Niles; Willian, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang.

Sheffield United (3-5-2): Aaron Ramsdale; Chris Basham, John Egan, Ethan Ampadu, George Baldock, John Lundstram, Sander Berge, Ben Osborn, Enda Stevens; Oliver McBurnie, David McGoldrick.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar