Debut Ben Chilwell untuk Chelsea Beri Kesan Baik

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Debut Ben Chilwell untuk Chelsea Beri Kesan Baik

Ben Chilwell menimbulkan kesan yang baik dalam laga debutnya untuk Chelsea di Premier League 2020/21. Sebagai bek kiri, ia menyumbang satu gol dan satu asis dalam kemenangan 4-0 atas Crystal Palace, Sabtu (3/10).

Mengutip Opta, Chilwell menjadi pemain ketiga setelah Deco dan Alvaro Morata yang mampu membikin gol sekaligus asis dalam laga debut bagi The Blues. Penampilan impresifnya pun membuat eks penggawa Leicester City tersebut terpilih sebagai man of the match.

Tak hanya itu, Chilwell juga memiliki atribut bertahan dan menyerang sama baiknya. Dengan usia yang relatif masih muda di antara bek kiri yang tersedia, performanya dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Untuk hal ini, Chelsea berharap banyak padanya.

Dalam lima musim membela Leicester di ajang Premier League, misalnya, total ia mencetak empat gol dan 10 asis. Dari jumlah tersebut, peningkatan terjadi dalam dua musim terakhir (mencetak tiga gol dan delapan asis).

Peter Smith, jurnalis Sky Sports menyebut bahwa Chilwell merupakan pemain paling sibuk dalam laga melawan Crystal Palace. Bek berusia 23 tahun itu tercatat melepaskan 11 umpan silang serta tiga intersep, tertinggi di antara pemain lainnya. Atas kontribusinya itu, Frank Lampard selaku pelatih tak sungkan untuk memberikan pujian.

“Saya pikir Ben Chilwell menunjukkan kontribusi yang fantastis dalam segala hal. Dia mencetak gol, menorehkan asis dan dia selalu siap untuk bergabung dengan tim ini,” ucap Lampard seperti dikutip laman resmi klub.

“Dia membantu serangan tapi memiliki kapasitas untuk mundur ketika harus bertahan, punya kualitas bagus dalam mengolah bola dan dia memang pemain hebat,” lanjutnya.

Highlights pertandingan Chelsea vs Crystal Palace

Melihat penampilannya, mahar senilai 50 juta euro yang digelontorkan The Blues untuk membawanya ke Stamford Bridge terasa sepadan. Kendati baru menjalani satu pertandingan, permainannya memberikan harapan akan kekosongan bek kiri yang melanda Chelsea dalam beberapa musim ke belakang.

Sejak ditinggalkan Ashley Cole pada 2014 silam, tim asal London ini belum memiliki bek kiri dengan kualitas sepadan. Marcos Alonso dan Emerson kerap tampil angin-anginan. Memang, ada Cesar Azpilicueta yang dapat diturunkan di sisi kiri pertahanan. Tetapi posisi natural pemain asal Spanyol itu adalah bek kanan.

Jika mampu tampil konsisten, kebutuhan Chelsea akan posisi tersebut bisa teratasi musim ini. Apalagi, sang pemain mengaku mendapatkan wejangan dari Ashley Cole ketika memutuskan bergabung dengan Chelsea.

“Dia berkata ‘kerja keras’. Kedengarannya klise, tapi dia berkata jika suporter di sini [Chelsea] menyukai pemain-pemain yang bekerja keras dan berjuang mati-matian untuk seragam ini serta mengerahkan segalanya untuk klub,” kata Chilwell seperti dikutip Metro.

Dibandingkan para pemain anyar yang dimiliki Chelsea musim ini, satu kelebihan lain yang dimiliki Chilwell yang tidak dipunyai pemain-pemain seperti Timo Werner dan Kai Harvetz adalah pengalamannya bermain di Premier League.

Hal ini tentu membuat Chilwell tak butuh waktu banyak untuk beradaptasi dengan atmosfer Liga Inggris. Werner dan Harvetz, yang berada di posisi lebih menyerang, belum bisa mencetak gol dalam empat pertandingan di Premier League, sesuatu yang justru dilakukan Chilwell meski berposisi sebagai bek kiri.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar