Mourinho vs Solksjaer: Usai Saling Ejek, Siapa Lebih Unggul di Lapangan?

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mourinho vs Solksjaer: Usai Saling Ejek, Siapa Lebih Unggul di Lapangan?

Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solksjaer berbalas ejekan jelang partai akbar antara Manchester United vs Tottenham Hotspur, Minggu (4/10/2020) besok di Old Trafford. Dua manajer itu telah beradu mind games sejak sepekan sebelum partai ini.

Awalnya, usai menang tipis atas Brighton, Solksjaer bercanda tentang aksi Mourinho yang mengukur luas gawang saat Spurs bertemu Shkendija pada 25 September lalu. “Pertama-tama, Anda harus senang karena Jose tidak di sini untuk mengukur tiang gawang — itu [gawang di Stadion Amex] mungkin terlalu kecil!” seloroh Ole dalam konferensi pers.

Komentar Solksjaer merujuk pada lima tembakan Brighton yang membentur tiang gawang dalam laga tersebut. Di Stadion Amex, The Seagulls lebih sering menekan United yang menang berkat penalti pada menit akhir.

Mourinho pun segera membalas Solksjaer. Eks manajer Setan Merah itu menyindir keberuntungan MU yang sering mendapat penalti. Dalam 40 partai Liga Inggris terkini, tim asuhan Solksjaer telah mendapat 15 penalti, hanya lebih sedikit dari Leicester City (22 penalti).

“Saya paham bahwa bagi dia [Solksjaer], dimensi gawang tidaklah penting. Apa yang penting baginya adalah dimensi kotak 18-yard [kotak penalti],” balas Mou. “Dia tak akan pernah setuju bermain dengan kotak 17-yard. Saya pikir dia lebih memilih kotak 22-yard. Baginya, itu akan lebih baik.”

Solksjaer sendiri menyatakan bahwa saling ejek antara dirinya dan Mourinho hanya sebatas candaan. Ia mengaku menyimpan respek yang besar terhadap pendahulunya di Old Trafford tersebut.

“Kita berada dalam masa yang aneh saat ini dan Anda harus mendapat sedikit kesenangan juga. Itu hanya sejumlah komentar yang tidak merusak,” ucap Solksjaer jelang Man United vs Spurs.

Link streaming Manchester United vs Tottenham Hotspur

Rekor Solksjaer vs Mourinho

Kendati baru menjalani karier manajerial delapan tahun setelah Mou, Solksjaer mampu mengimbanginya di lapangan. Sejauh ini, Solksjaer dan Mourinho telah bertemu tiga kali. Masing-masing meraih satu kemenangan dan satu laga lain berakhir imbang.

Pertemuan pertama terjadi pada 2014 lalu. Saat itu, Solksjaer melatih Cardiff City dan menjamu Chelsea asuhan Mourinho di Millennium. Bersama The Blues, Mou memenangi pertemuan pertama itu dengan skor 1-2.

Solksjaer dan Mourinho kembali berhadap-hadapan setelah Jose direkrut Spurs pada November 2019 lalu. Pada 2019/20, Mou sekali kalah di Old Trafford dan ditahan imbang Ole di Stadion Tottenham Hotspur.

Mourinho sendiri memiliki rekor buruk ketika harus menghadapi mantan klub yang pernah diasuhnya. Peraih dua titel Liga Champions itu tercatat selalu kalah dalam enam laga tandang terkini lawan mantan klub.

Akan tetapi, manajer asal Portugal itu punya rekor positif lawan Man United. Sepanjang sejarah manajerialnya, Mourinho hanya pernah kalah tiga kali lawan Setan Merah. Tiga kekalahan itu terjadi di Old Trafford, masing-masing saat menukangi Chelsea, Inter, dan Spurs.

Baik Spurs maupun United diprediksi mengincar tiga poin dalam laga ini. Dua tim itu sama-sama mengincar satu tiket ke Liga Champions via pos empat besar.

Jelang laga ini, Spurs patut mewaspadai gelandang kreatif Bruno Fernandes yang berpeluang menjadi pembeda. Sejak didatangkan dari Sporting CP, pemain berkebangsaan Portugal itu berperan instrumental di lini tengah United. Bruno telah mengemas sembilan gol dan delapan asis dari 16 pertandingan Liga Inggris.

Sebaliknya, kubu tuan rumah wajib mewaspadai Harry Kane. Penyerang andalan Spurs itu membuktikan diri mampu berperan sebagai target man suportif pada awal musim ini. Peran Kane tersebut membuat kreasi serangan Spurs lebih variatif dan sulit diantisipasi.

Dengan kemampuannya yang tangguh menahan bola, Kane memberi waktu bagi rekan-rekannya untuk masuk ke area berbahaya. Kane sendiri telah mengemas lima asis dari tiga pertandingan Liga Inggris musim ini.

Perkiraan Susunan Pemain

Man United (4-2-3-1): David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Paul Pogba, Nemanja Matic; Mason Greenwood, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial.

Spurs (4-2-3-1): Hugo Lloris; Matt Doherty, Davinson Sanchez, Eric Dier, Sergio Reguilon; Pierre-Emile Hojbjerg, Harry Winks; Lucas Moura, Erik Lamela, Steven Bergwijn; Harry Kane.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar