Prediksi Liverpool vs Arsenal: Arteta Tampak Menjanjikan, Tapi The Reds Digdaya di Kandang

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Liverpool vs Arsenal: Arteta Tampak Menjanjikan, Tapi The Reds Digdaya di Kandang

Pekan ketiga Liga Inggris 2020/21 menjadwalkan partai akbar antara Liverpool vs Arsenal di Stadion Anfield, Selasa (29/9/2020) pukul 02.00 WIB. Kedua tim dalam kepercayaan diri tinggi usai memenangi dua partai pertamanya di Liga Inggris musim ini.

Setelah menampilkan performa apik lawan Liverpool musim lalu, Arteta diharap mampu mencuri poin dalam laga ini. Sukses mencuri poin di Anfield dapat menjadi sinyalemen kuat bahwa Arsenal adalah penantang serius papan atas Liga Inggris.

Eks asisten Pep Guardiola tersebut berhasil memutus tren negatif Arsenal kala menghadapi The Reds. Kemenangan 2-1 pada Juli lalu merupakan kemenangan perdana The Gunners atas Liverpool era Jurgen Klopp. Selain itu, Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan juga berhasil mempecundangi Liverpool di ajang Community Shield.

Sejak akhir 2019/20, Arteta menunjukkan kejeniusannya menghadapi klub besar. Ia menang atas Liverpool (dua kali), Chelsea, Manchester City, dan Leicester City dalam sembilan pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Jelang laga ini, Klopp mengapresiasi hasil kerja Arteta yang mampu mengubah Arsenal. Eks manajer Borussia Dortmund itu menyoroti soliditas pertahanan The Gunners dan kemampuan serangan balik mereka.

“Anda dapat melihat keseimbangan antara lini pertahanan dan lini serang [Arsenal] sangat bagus. Anda dapat melihat banyak hal yang sangat membantu dalam sepakbola — organisasi baik tetapi juga memberi kebebasan kepada pemain, menggunakan para pemain di posisi yang tepat,” ucap Klopp dilansir laman resmi Liverpool.

Pujian Klopp memang beralasan. Sejak ditukangi Arteta, Arsenal hanya kemasukan 21 gol dari 20 pertandingan di Premier League musim lalu. The Gunners kemasukan 27 gol dari 18 pertandingan sebelum dilatih Arteta pada 2019/20.

Link live streaming Liverpool vs Arsenal

Di lain sisi, Arteta juga mengembangkan build up yang berulangkali menghukum klub-klub Premier League. Permainan switch play Arsenal kerap membuahkan hasil dari sayap. Klopp sudah merasakannya ketika kalah di Liga Inggris dan Community Shield.

Akan tetapi, upaya Arteta dipastikan lebih sulit dalam laga ini. Musim lalu, The Gunners mengalahkan Liverpool yang notabene telah mengamankan gelar juara. Performa The Reds menurun drastis usai mengunci titel Liga Inggris.

Selain itu, skuad besutan Jurgen Klopp juga bermodal rekor impresif di Anfield. Liverpool tak terkalahkan di kandang dalam 60 partai Liga Inggris terkini. The Reds terakhir kali kalah di Anfield pada April 2017 atau lebih dari tiga tahun lalu.

Dalam laga ini, Virgil van Dijk dan rekan-rekan wajib membuktikan bahwa lini pertahanan mereka tak punya masalah serius. Kebobolan tiga gol di partai perdana lawan Leeds United membuat banyak pihak menduga Liverpool masih mewarisi problem pertahanan akhir musim lalu.

Pertahanan The Reds menjadi sorotan sejak penurunan performa pada akhir 2019/20. Setelah juara, Liverpool kebobolan 11 gol dari tujuh pertandingan kendati hanya kemasukan 22 dari 31 pertandingan awal.

Trent Alexander-Arnold dan kawan-kawan pun wajib tampil maksimal dan tidak memberi celah kepada tim tamu. Jika meninjau dua pertemuan terkini, sedikit kesalahan saja dapat berakibat fatal bagi tuan rumah.

Perkiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Thiago, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Rob Holding, Gabriel, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Dani Ceballos, Granit Xhaka, Bukayo Saka; Willian, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar