Emil Forsberg Cetak Gol Liga ke-700 RB Leipzig

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Emil Forsberg Cetak Gol Liga ke-700 RB Leipzig

Meskipun terbilang muda untuk ukuran sebuah klub yang berkiprah di Bundesliga, prestasi RB Leipzig tak bisa dipandang sebelah mata. Musim lalu, mereka bercokol di peringkat tiga dan menembus semifinal Liga Champions.

Sejak promosi ke divisi tertinggi pada 2016/17, Die Roten Bullen menunjukkan perkembangan yang membuat tim lain mesti berhati-hati. Leipzig secara konsisten mampu bersaing di papan atas Bundesliga.

Pada Sabtu (26/9), skuad besutan Julian Nagelsmann sukses mengimbangi Bayer Leverkusen 1-1 di BayArena. Laga ini juga diwarnai capaian istimewa Leipzig yang mencetak gol liga ke-700 sepanjang sejarah klub. Gol itu dicetak oleh Emil Forsberg.

Leipzig hanya butuh sembilan tahun untuk mencetak 700 gol. Klub ini baru berdiri pada 19 Mei 2009.

Kendati terhitung muda, Leipzig tak canggung tampil di level teratas Liga Jerman. Mereka tetap tampil percaya diri dan produktif mencetak gol. Di musim perdana, Leipzig menjadi runner up dan mencetak 66 gol.

Produktivitas Leipzig menurun setahun kemudian lantaran hanya mencetak 57 gol sepanjang musim 2017/18, namun mereka kembali produktif pada musim 2018/19 dengan torehan 63 gol.

Ketajaman Timo Werner membuat RB Leipzig kian ganas pada musim 2019/20. Catatan 81 gol pada musim tersebut menjadi rekor tersendiri bagi RB Leipzig.

Tim yang bermarkas di Stadion Red Bull Arena itu konsisten mengancam dominasi Dortmund dan Bayern di Liga Jerman. Meskipun ditinggal beberapa pemain andalan di lini depan, mereka diprediksi masih dapat bersaing di papan atas.

Sebelumnya, Leipzig ditinggal Timo Werner dan Patrik Schick yang tampil impresif musim lalu. Namun, Nagelsmann segera mendapat pengganti dengan kedatangan Alexander Sorloth.

Bukti ketajaman striker Sorloth diperkirakan hanya tinggal menunggu waktu. Nagelsmann yakin bahwa sang pemain bisa memberikan dampak positif jika telah melalui masa adaptasi dengan skema permainannya.

“Alexander Sorloth adalah pemain yang belum terbiasa dengan gaya permainan kami. Oleh karena banyaknya bola panjang [di pertandingan Leipzig], kami menginginkan pemain yang tangguh di udara,” ucap Nagelsmann usai laga melawan Leverkusen.

Selain Sorloth, sosok Emil Forsberg juga kian diandalkan untuk mengkreasi peluang dan membobol gawang lawan. Musim lalu di ajang Bundesliga, ia menorehkan lima gol dan dua asis. Dalam dua laga awal musim ini, pemain asal Swedia itu tampil meyakinkan dengan mencetak dua gol dan satu asis.

Melihat performa Leipzig yang cukup konsisten dari musim ke musim, bukan tidak mungkin Yussuf Poulsen dan kawan-kawan bakal terus menjadi tim yang produktif mencetak gol serta mampu bersaing lawan Dortmund dan Bayern sebagai tim papan atas di Liga Jerman.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar