Spurs Butuh Kreativitas Lebih untuk Bongkar Pertahanan Newcastle

Analisis

by Redaksi 6

Redaksi 6

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Spurs Butuh Kreativitas Lebih untuk Bongkar Pertahanan Newcastle

Tottenham akan menjamu Newcastle United dalam jadwal lanjutan pekan ketiga Premier League 2020/21, Minggu (27/9/2020) di Stadion Tottenham Hotspur. Tuan rumah membutuhkan kreativitas lebih untuk membongkar pertahanan Newcastle.

Spurs berhasil mengantongi kemenangan telak 5-2 atas Southampton pekan lalu. Son Heung-Min menjadi bintang pertandingan dengan torehan empat gol. Tetapi, peran Harry Kane dengan sumbangan empat asis-nya kepada Son juga tidak dapat dipinggirkan. Duet Son-Kane berhasil menghukum garis pertahanan tinggi Southampton.

Akan tetapi, lawan Newcastle, sepertinya Mourinho harus memikirkan cara lain untuk menang. Pasalnya, skuad besutan Steve Bruce merupakan tim yang cenderung bermain dengan garis pertahanan rendah.

Seperti pada pertemuan terakhir di Tottenham Stadium, pasukan Steve Bruce diperkirakan akan bermain lebih ke dalam dan hanya memanfaatkan serangan balik cepat. Di duel terakhir itu, Newcastle berhasil menang 1-0 atas Spurs.

Link streaming Tottenham Hotspur vs Newcastle United

Spurs arahan Jose Mourinho merupakan tim yang sangat berbahaya saat melakukan transisi menyerang cepat, dan Son memiliki atribut kecepatan yang mendukung.

Pola permainan baru telah yang diterapkan oleh Mourinho mengharuskan Kane turun ke ruang sedikit ke belakang, menahan bola, dan di saat bersamaan Son atau Lucas Moura bersiap menerima umpan terobosan.

Peran baru Kane itu membuat Son menjelma ujung tombak andalan Spurs, mencatatkan rata-rata tertinggi sentuhan bola (5,65) di kotak penalti lawan. Selain itu, Son juga menjadi pemain dengan rata-rata tertinggi dalam melepaskan tendangan (enam per laga).

Namun, strategi tersebut hanya sukses jika Spurs melawan tim-tim yang cenderung suka menguasai bola. Di lima laga Premier League terakhir di mana Spurs tampil dengan penguasaan bola lebih dominan, mereka gagal mencetak lebih dari satu gol dan hanya menang satu kali (dua kalah dan dua imbang).

Catatan tersebut kontras dengan lima laga terakhir ketika Spurs memiliki rata-rata penguasaan bola di bawah 50%. Mereka mampu mencetak 14 gol dan tidak pernah kalah (empat menang, satu imbang).

Dalam kekalahan 0-1 Spurs dari Newcastle pada musim lalu, pasukan Jose Mourinho menguasai bola sebanyak 80,2%, tetapi hanya mampu melepaskan dua tembakan ke arah gawang.

Mourinho butuh pemain kreatif seperti Erik Lamela dan Giovani Lo Celso apabila gagal memainkan strategi seperti saat melawan Southampton.

“Mereka meraih kemenangan tandang yang fantastis di laga pertama, bermain bagus. Mereka kalah melawan Brighton. Tetapi Brighton adalah tim yang mampu menyakiti Anda. Itulah Liga Primer musim ini,” sebut Mourinho dalam konferensi pers jelang laga.

“Kita akan mendapatkan banyak hasil-hasil tak terduga seperti demikian, dan tidak ada publik yang menganggap kandang dan tandang tidak begitu penting, tim yang bermain tandang mungkin merasa lebih nyaman untuk memperebutkan poin. Ini akan sulit,” tandas eks bos Chelsea itu.

Spurs belum dapat menurunkan Sergio Reguilon dan Gareth Bale di laga ini lantaran masalah kebugaran. Sementara sang lawan kehilangan lima pemain, termasuk Dwight Gayle dan kiper Martin Dubravka.

Bagaimanapun, Tottenham lebih difavoritkan menang di laga ini jika menilik rekor pertemuan terkini dan kesiapan skuad. Spurs mencatatkan empat kemenangan dari lima duel terakhir kontra The Magpies. Apabila mampu mengatasi garis pertahanan dalam Newcastle, Harry Kane dan kolega diyakini akan menang.

Head to Head Tottenham vs Newcastle

16/07/2020: Newcastle vs Tottenham 1-3

25/08/2019: Tottenham vs Newcastle 0-1

02/02/2019: Tottenham vs Newcastle 1-0

11/08/2018: Newcastle vs Tottenham 1-2

10/05/2018: Tottenham vs Newcastle 1-0

Perkiraan Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-3-3): Hugo Lloris; Matt Doherty, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Harry Winks, Pierre-Emile Hojbjerg, Giovani Lo Celso; Lucas Moura, Harry Kane, Son Heung-Min.

Newcastle United (4-4-2): Karl Darlow; Javier Manquillo, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Jamal Lewis; Jeff Hendrick, Jonjo Shelvey, Isaac Hayden, Matt Ritchie; Callum Wilson, Joelinton.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar