Melihat Aturan VAR Setelah Pertandingan Berakhir

Berita

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Melihat Aturan VAR Setelah Pertandingan Berakhir

Insiden unik terjadi pada akhir pertandingan Brighton & Hove Albion vs Manchester United, Sabtu (26/9/2020) malam. Setan Merah mendapat hadiah penalti usai wasit mengakhiri pertandingan. Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor pun sukses mengonversi penalti dan membuat United menang 2-3.

Wasit Chris Kavanagh menunjuk titik putih usai berkonsultasi dengan VAR. Sebelumnya, Kavanagh mengakhiri pertandingan setelah sundulan Harry Maguire yang memanfaatkan sepak pojok dihalau pemain Brighton. Bola sundulan Maguire sempat mengenai tangan Neal Maupay.

Setelah meniup peluit panjang, wasit mengecek kejadian lewat VAR dan memberi penalti untuk United. Pertandingan baru benar-benar berakhir setelah Fernandes mengonversi penalti.

Hal ini tentu mengundang kontroversi. Banyak pihak mempertanyakan keputusan wasit yang melakukan pengecekan VAR setelah peluit panjang berbunyi. Terlebih, tinjauan VAR ini mengubah hasil pertandingan dari imbang menjadi kemenangan untuk salah satu tim.

Neil Swarbick, wakil kepala implementasi VAR Liga Inggris, dalam sesi tanya jawab yang dipublikasikan di laman resmi Crystal Palace, sempat mendapat pertanyaan yang serupa dengan kejadian ini. Ia ditanya, "jika kejadian terjadi di detik akhir pertandingan dan peluit panjang telah dibunyikan, sementara VAR melakukan pengecekan, apa yang akan terjadi?"

Swarbick menjawab, "kita akan memproses kejadian tersebut. Ketika sebuah insiden sedang dicek, hal pertama yang terjadi adalah VAR akan memberitahu wasit. Pengecekan akan dilakukan sementara wasit meniup peluit tanda permainan berhenti. Wasit kemudian meletakan tangannya di kuping kiri dan meminta para pemain untuk menunggu pengecekan VAR selesai dilakukan. Setelah VAR mendapatkan keputusannya, pertandingan akan berlanjut kembali atau selesai sesuai dengan keputusan yang diberikan oleh VAR."

Jika merujuk pada penjelasan Swarbick tersebut, keputusan yang terjadi pada pertandingan Brighton vs Manchester United sudah tepat. Wasit meniup peluit tanda berhenti lalu menunjukan tanda bahwa pengecekan VAR sedang dilakukan. Pertandingan kemudian kembali berlanjut sesuai dengan keputusan VAR yang menyatakan tendangan penalti bagi Manchester United.

Insiden serupa pernah terjadi di Bundesliga dalam laga Mainz 05 vs SC Freiburg pada 2017/2018 lalu. Wasit Guido Winkmann memberi Mainz penalti setelah ia meniup peluit tanda jeda pertandingan. Winkmann harus memanggil para pemain Mainz dan Freiburg yang telah meninggalkan lapangan usai meninjau VAR.

Bagi Anda yang melewatkan kejadian kontroversial ini, Anda dapat menyaksikan siaran ulang dan highlights pertandingannya di Mola TV. Klik link berikut ini untuk melihat bagaimana kejadian kontroversi yang terjadi di penghujung pertandingan Brighton and Hove Albion melawan Manchester United. (klik di sini)

Komentar