Alexander Sorloth: Penyerang Baru RB Leipzig yang Dijuluki ?King of the North?

Cerita

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Alexander Sorloth: Penyerang Baru RB Leipzig yang Dijuluki “King of the North”

RB Leipzig menambal lubang yang muncul akibat kepergian Timo Werner ke Chelsea dan Patrik Schick Bayer Leverkusen dengan mendatangkan Alexander Sorloth. Penyerang bertinggi 1,95 meter itu direkrut dari Crystal Palace dengan biaya transfer senilai 20 juta euro.

Penyerang berkebangsaan Norwegia itu dapat menjadi amunisi berharga bagi skuad besutan Julian Nagelsmann. Selain punya insting mencetak gol yang kuat, Sorloth mampu berperan sebagai target man Leipzig. Ia dapat memanfaatkan postur tubuhnya untuk menahan bola dan memberi waktu rekan setim untuk terlibat dalam permainan.

“Kami berhasil merekrut kandidat penyerang nomor satu kami dalam diri Alexander Sorloth. Dia seorang pemain yang punya kemampuan fisik dan teknis, yang tangguh di udara dan seorang pencetak gol ulung. Alexander punya semua atribut yang Anda perlukan sebagai pesepakbola,” ucap Direktur Olahraga Leipzig, Markus Krosche.

Die Roten Bullen kepincut dengan talenta Sorloth usai tampil menjanjikan selama dipinjam Trabzonspor pada 2019/20. Sorloth tampil apik di Turki dan menjadi pencetak gol terbanyak liga dengan 24 gol. Ia juga menjadi pemain paling produktif di Piala Turki lewat tujuh gol dari tujuh pertandingan.

Sorloth berpeluang mengembangkan potensinya di Red Bull Arena. Pemain yang akan mengenakan nomor punggung 19 itu mengaku cocok dengan permainan menyerang yang diperagakan Nagelsmann.

Leipzig pun tampaknya ingin menjadikan Sorloth sebagai solusi jangka panjang di lini serang. Jebolan akademi Rosenborg BK tersebut menandatangani kontrak lima tahun.

Riwayat karier Sorloth boleh jadi meyakinkan Leipzig untuk mengambil risiko menyodorkan kontrak jangka panjang. Kendati baru berusia 24 tahun, tandem Erling Braut Haaland di Timnas Norwegia ini telah menjajal kompetisi teratas enam negara yang berbeda.

Link streaming Bundesliga 2020/21

Perjalanan Karier Alexander Sorloth

Sorloth lahir di Trondheim, Norwegia pada 5 Desember 1995. Ayahnya, Goran Sorloth, merupakan pesepakbola profesional. Goran sempat merumput di Bundesliga bersama Borussia Monchengaldbach yang waktu itu diperkuat pemain seperti Stefan Effenberg dan Oliver Bierhoff.

Alexander pun mengikuti jejak sang ayah menjadi pesepakbola profesional. Sorloth mengembangkan diri di akademi Rosenborg dan menjalani debut profesional saat berusia 17 tahun. Di partai debut itu, Sorloth mencuri perhatian dengan mencetak gol usai 12 menit masuk sebagai pengganti.

Akan tetapi, Sorloth tak pernah mendapat kesempatan menjadi penyerang inti Rosenborg. Pada 2015, Sorloth dipinjamkan ke sesama tim Norwegia, Bodoe/Glimt.

Kariernya melejit mulai dari sini. Di Bodoe/Glimt, Sorloth tampil trengginas dan talentanya mulai dikenal luas. Ia mencetak 13 gol dan 15 asis di ajang Liga Norwegia 2015.

Klub Eredivisie, FC Groningen, kepincut bakat Sorloth dan merekrutnya dengan biaya 550 ribu euro pada pertengahan musim 2015/16. Namun, performanya menurun drastis di Belanda. Kendati sempat mengesankan di partai-partai awal, Sorloth tersingkir dari jajaran starter.

Pada 2016/17, ia sering diturunkan sebagai cadangan. Sorloth hanya bermain selama 916 menit sepanjang Eredivisie musim itu, mencetak tiga gol dan tiga asis.

Untungnya, kepindahan ke FC Midtjylland pada musim 2017/18 menyelamatkan karier Sorloth. Di Denmark, ia kembali dipercaya menjadi pemain inti. Sorloth mencetak 10 gol dan delapan asis dari 19 pertandingan bersama Midtjylland di Liga Denmark.

Kontribusi Sorloth itu membantu Midtjylland menjuarai Liga Denmark 2017/18. Gelar tersebut sekaligus memutus dominasi FC Kopenhagen yang sebelumnya meraih dua titel beruntun.

Kegemilangan Sorloth membuat Crystal Palace merekrutnya pada pertengahan musim 2017/18. Ia bermain empat kali selama sisa musim tersebut.

Akan tetapi, Sorloth gagal memaksimalkan potensinya di Selhurst Park. Roy Hodgson tak pernah memberinya kesempatan menjadi starter di Premier League 2018/19. Sorloth hanya bermain 12 kali di EPL sebelum dipinjamkan ke KAA Gent hingga akhir musim.

Pada 2019/20, The Eagles rupanya tak menghendaki Sorloth di skuad utama. Ia kembali dipinjamkan, kali ini ke Trabzonspor di Turki. Justru di sinilah Sorloth kembali dipercaya, tampil begitu impresif hingga membuat Leipzig kepincut.

Sorloth membantu Trabzonspor finis sebagai runner up Liga Turki. Ia total mencetak 33 gol dan 11 asis dari 49 pertandingan sepanjang 2019/20.

Julukan “King of the North” dan Kans Menyaingi Haaland

Sebelumnya, Bundesliga telah menyaksikan kebolehan pemain Norwegia dengan kedatangan Erling Braut Haaland ke Borussia Dortmund. Penyerang berusia 20 tahun itu langsung memukau publik Signal Iduna Park pada 2020 dengan mencetak 13 gol dari 15 penampilan. Di Bundesliga musim ini, Haaland melanjutkan performa apik dengan mencetak brace di partai perdana.

Alexander Sorloth punya kans berhadap-hadapan dengan rekan senegaranya itu di persaingan top skor Bundesliga. Keduanya memiliki insting mencetak gol yang tajam.

Persaingan dua penyerang Norwegia ini pun menarik untuk disimak. Sorloth dan Haaland akan bersaing membuktikan siapa penyerang terhebat Norwegia di generasi sekarang.

Di lain sisi, keduanya memiliki corak permainan yang mirip. Baik Sorloth dan Haaland sama-sama dominan di kaki kiri. Meskipun demikian, keduanya tetap klinis dengan kaki kanan maupun duel udara.

Haaland sendiri mengungkapkan bahwa Sorloth adalah sosok pemain yang ia hormati. Lewat Instagram, ia menjuluki eks penyerang Crystal Palace itu sebagai “King of The North”.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar