Lini Pertahanan Masih Jadi Pekerjaan Rumah Timnas U-19

Analisis

by Redaksi 6

Redaksi 6

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lini Pertahanan Masih Jadi Pekerjaan Rumah Timnas U-19

Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan training center (TC) di Kroasia dengan menghadapi Bosnia-Herzegovina U-19 pada Jumat (25/9/2020) pukul 21.00 WIB. Pertahanan Garuda Muda yang masih rapuh bakal kembali diuji di laga ini.

Selama tiga pekan terakhir melakoni TC di Kroasia, permainan pasukan Shin Tae-yong memang meningkat. Namun, lini pertahanan masih menjadi pekerjaan rumah utama timnas.

Dari lima pertandingan, gawang Muhammad Adisatryo sudah kebobolan 15 gol. Meski demikian, di laga terakhir melawan Qatar, timnas hampir mencatatkan clean sheet. Qatar berhasil memaksa laga berakhir imbang 1-1 setelah Osamah Al-Tairi mencetak gol dari titik penalti pada menit 88, akibat pelanggaran Rizky Ridho.

Peningkatan permainan yang ditunjukkan Garuda Muda tidak lain karena terjadinya perubahan adaptasi fisik yang cukup signifikan. Menengok kembali di laga uji coba pertama kontra Bulgaria, timnas kebobolan tiga gol dalam 12 menit akhir pertandingan.

Link streaming Indonesia U-19 vs Bosnia-Herzegovina U-19

"Meski hasil imbang, kami sudah bekerja keras. Disiplin kami di tiap posisi juga lebih bagus. Namun kami harus evaluasi dan lebih fokus di menit-menit terakhir agar pertandingan selanjutnya lebih baik lagi," sebut pemain bertahan timnas, Pratama Arhan dikutip dari situs resmi PSSI.

Dari segi ketajaman lini serang, Saddam Gaffar dan kolega sudah tampil cukup apik dalam menerapkan taktik yang diusung Shin Tae-yong. Dari lima laga persahabatan, Indonesia sukses mencetak tujuh gol, lima gol di antaranya dari skema open play.

Di kubu lawan, Bosnia arahan Slaven Musa menjalani pertandingan terakhirnya pada 27 Februari 2020 silam. Saat itu, Silvio Ilinkovic dkk. bermain imbang 1-1 kontra Montenegro U-19. Bosnia hanya meraih satu kemenangan serta kalah dua kali dalam empat pertandingan terakhir.

Shin Tae-yong kemungkinan tidak akan banyak mengubah susunan pemain utamanya. Saddam Gaffar diyakini akan kembali diduetkan dengan Braif Fatari di lini depan. Sementara Beckham Putra memiliki kans besar kembali turun sebagai starter menggantikan David Maulana.

Secara keseluruhan, Garuda Muda sukses meningkatkan kualitas permainan, terutama di lini pertahanan. Andai mampu menjaga konsentrasi di menit-menit akhir pertandingan, bukan tidak mungkin Indonesia akan meraih kemenangan keduanya di TC persiapan Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20 ini.

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19

(4-4-2): Muhammad Adisatryo; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Brylian Aldama, Beckham Putra, Mochammad Supriadi; Braif Fatari, Saddam Gaffar.

Pertandingan Tim Nasional Indonesia U-19 vs Bosnia Herzegovina U-19 dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini)

Komentar