Prediksi Chelsea vs Liverpool: The Reds Diuntungkan Badai Cedera The Blues

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Chelsea vs Liverpool: The Reds Diuntungkan Badai Cedera The Blues

Partai akbar Chelsea vs Liverpool bakal tersaji pada pekan kedua Premier League 2020/21 di Stadion Stamford Bridge, Minggu (21/9/2020). Pertandingan yang dapat disaksikan via live streaming Mola TV pukul 22.30 WIB ini diprediksi bakal berlangsung ketat.

Tim tamu diuntungkan banyaknya penggawa anyar The Blues yang cedera. Frank Lampard belum bisa menurunkan beberapa pemain baru yang direkrutnya musim ini. Thiago Silva hingga Hakim Ziyech diperkirakan tak akan ada dalam susunan pemain.

Praktis hanya dua pemain baru, Kai Havertz dan Timo Werner, yang diprediksi tampil sejak sepak mula. Situasi ini tentu membuat Lampard mesti memikirkan strategi agar anak asuhnya bisa memberikan perlawanan kepada sang juara bertahan.

Chelsea lebih sering takluk dari Liverpool tiga musim belakangan. Dari rekor head to head lima pertemuan terakhir di ajang Liga Inggris, Chelsea hanya meraih sekali kemenangan pada Mei 2018 silam. Empat laga lainnya berakhir dengan tiga kekalahan dan sekali imbang.

Kendati demikian, keberadaan Thiago Silva di kubu Chelsea — dengan sikap kepemimpinannya — cukup memengaruhi para pemain lain jelang laga Minggu malam nanti. Menurut Lampard, meskipun belum bisa turun, sosok Silva cukup terlibat di luar lapangan.

Selain Silva, Ben Chilwell dan Christian Pulisic juga hanya akan menjadi penonton. Lampard menyebut laga penting melawan Liverpool datang terlalu cepat sehingga persiapan tim belum optimal.

“Ben Chilwell belum siap untuk memulai pertandingan, begitu pula Christian Pulisic. Kami berharap mereka berlatih dan berkembang selama seminggu ke depan. Hakim Ziyech juga belum siap untuk memulai laga,” kata Lampard seperti dikutip laman resmi klub.

Link streaming Chelsea vs Liverpool

Meskipun demikian, Jurgen Klopp enggan jemawa dengan badai cedera Chelsea. Ia mengatakan bahwa tim asal London tersebut tetaplah kesebelasan berbahaya dengan kondisi demikian.

“Ada banyak ancaman [dari Chelsea], mereka melakukan transfer yang sangat baik dan sudah memiliki tim yang luar biasa bagus. Kami sangat menderita melawan mereka pada pertandingan musim lalu,” ucap Klopp kepada Sky Sports.

“Ada begitu banyak pemain bagus di lini depan, lini tengah, lini pertahanan, dan fullback, tidak ada [lini] yang menjadi ancaman terbesar, Chelsea sendiri adalah ancamannya,” lanjutnya.

Di lain pihak, permainan Liverpool juga belum terlalu solid. Meskipun menang atas Leeds United pekan lalu, Jordan Henderson dan kawan-kawan masih kesulitan menghadapi lawan yang berani tampil menekan.

The Reds pun mesti mewaspadai pergerakan Timo Werner yang dapat mengeksploitasi celah pertahanan Liverpool. Pekan lalu, gol pertama Chelsea ke gawang Brighton berbuah dari pressing tim dan kecepatan Werner. Penyerang asal Jerman itu memaksa kiper lawan melanggarnya di kotak penalti.

Tak Terpengaruh Faktor Tandang

Kendati dianggap Klopp cukup menyulitkan, Liverpool sukses dua kali mengalahkan Chelsea di ajang Premier League musim lalu. Pada pertemuan pertama di Stamford Bridge, The Reds menang berkat gol Alexander-Arnold dan Roberto Firmino yang hanya dibalas sebiji gol N’Golo Kante.

Liverpool tercatat memenangi tiga pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge dalam lima musim terakhir. Hal itu membuktikan bahwa faktor tandang tidak berpengaruh signifikan bagi The Reds

Skuad besutan Jurgen Klopp pun memiliki peluang terbuka untuk meraih tripoin di Stamford Bridge. Tidak hadirnya suporter tuan rumah juga meminimalkan tekanan laga tandang kepada Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Akan tetapi, Chelsea juga memiliki peluang jika merujuk lini pertahanan Liverpool yang masih rapuh. Kebobolan tiga gol melawan Leeds United membuktikan bahwa Virgil van Dijk dan kawan-kawan kesulitan jika menghadapi lawan yang tampil menyerang.

Jelang laga ini, peluang Chelsea dan Liverpool untuk meraih tripoin sama besarnya. Tim yang paling efektif dalam memanfaatkan peluang pun diprediksi menjadi pemenang.

Head to Head Chelsea vs Liverpool di Premier League

23/07/2020: Liverpool vs Chelsea 5-3

22/09/2019: Chelsea vs Liverpool 1-2

14/04/2019: Liverpool vs Chelsea 2-0

29/09/2018: Chelsea vs Liverpool 1-1

06/05/2018: Chelsea vs Liverpool 1-0

Perkiraan Susunan Pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Reece James, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Cesar Azpilicueta; N’Golo Kante, Mateo Kovacic; Mason Mount, Kai Havertz; Tammy Abraham, Timo Werner.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino.

Saksikan pertandingan Chelsea melawan Liverpool di Mola TV (klik di sini).

Komentar