Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs Qatar U-19: Lawan Tangguh bagi Garuda Muda

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs Qatar U-19: Lawan Tangguh bagi Garuda Muda

Timnas Indonesia U-19 akan melakoni pertandingan melawan Qatar U-19, laga uji coba keempat Garuda Muda selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Laga Indonesia vs Qatar dijadwalkan dua kali pada Kamis (17/9/2020) pukul 21.00 WIB serta Minggu (20/9) pukul 20.30 WIB, dan dapat disaksikan di Mola TV.

Laga melawan Qatar akan menjadi ujian berarti bagi Garuda Muda. Pasalnya, tim muda Qatar menunjukkan perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan menjelma salah satu tim kuat Asia.

Pada 2014, Qatar berhasil menjuarai Piala Asia U-19 dan lolos ke Piala Dunia U-20 di Selandia Baru. Di Piala Asia U-19 pada 2018 lalu, Qatar juga sukses melaju ke semifinal. Mereka takluk dari Korea Selatan di semifinal tersebut.

Di kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Qatar berhasil lolos sebagai juara Grup B. Qatar menjuarai grup yang berisi Yaman, Turkmenistan, dan Sri Lanka. Ahmad Genahi dan kawan-kawan total mengumpulkan tujuh poin, mencetak 10 gol, dan hanya kemasukan tiga.

Indonesia U-19 sendiri sempat menghadapi Qatar saat menjadi tuan rumah Piala Asia 2018 lalu. Sama-sama tergabung di Grup A, Indonesia menghadapi Qatar di pekan kedua. Sempat tertinggal 1-6, Garuda Muda hampir menyamakan kedudukan dan mengakhiri laga dengan skor 5-6.

Link streaming Indonesia U-19 vs Qatar U-19

Garuda Muda sendiri telah lebih dari dua pekan berlatih di Kroasia. Skuad yang dibesut Shin Tae-yong ini sebelumnya berpartisipasi dalam turnamen persahabatan melawan Bulgaria, Kroasia, dan Arab Saudi.

Witan Sulaeman dan kolega gagal meraih kemenangan dalam turnamen persahabatan tersebut. Indonesia U-19 kalah telak dari Bulgaria dan Kroasia sebelum menahan imbang Arab Saudi 3-3 di partai terakhir.

Meski demikian, Shin tidak khawatir dengan hasil negatif yang didapat anak asuhnya. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu menyebut skuad Garuda Muda masih berproses. Ia juga mengaku bahwa Bayu M. Fiqri dan rekan-rekan mulai menunjukkan perkembangan di sesi latihan.

“Saat ini kondisi tim terus meningkat dan menunjukkan perkembangan positif. Kami akan melawan Qatar dua kali, mereka tim yang kuat dan bagus. Ini laga yang bermanfaat bagi kami," ucap Shin dilansir laman resmi PSSI.

"Pada pertandingan nanti kami juga ingin terus melihat perkembangan pemain. Selain itu, melihat bagaimana mereka sanggup menerapkan di lapangan apa yang sudah kami berikan saat latihan,” lanjutnya.

Setelah menghadapi Qatar, David Maulana dan kawan-kawan dijadwalkan bertanding lawan Bosnia & Herzegovina U-19 serta Dinamo Zagreb U-19. Dua partai tersebut akan menutup pemusatan latihan di Kroasia.

Pemusatan latihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan Garuda Muda jelang Piala Asia U-19 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Di Piala Asia, Indonesia tergabung dengan lawan-lawan berat di Grup A. Indonesia satu grup dengan tuan rumah Uzbekistan, Iran, dan Kamboja.

Piala Asia U-19 sendiri ditunda hingga setidaknya awal 2021. Menanggapi hal tersebut, Shin pun mengubah program latihan. PSSI juga mengonfirmasi bahwa Garuda Muda akan menjalani pemusatan latihan di Turki akibat penundaan jadwal tersebut.

“Saat ini Timnas U-19 sedang menjalani pemusatan latihan di Kroasia, sebenarnya ini merupakan persiapan mengikuti Piala AFC U-19 bulan Oktober di Uzbekistan. Namun setelah diundur kami langsung mengubah program latihan Timnas U-19,” ucap Shin.

Link streaming Indonesia U-19 vs Qatar U-19

Komentar