Fulham vs Arsenal: Willian dan Gabriel Jalani Debut Manis

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Fulham vs Arsenal: Willian dan Gabriel Jalani Debut Manis

Partai Fulham vs Arsenal di pekan perdana Liga Inggris 2020/21 berkesudahan dengan skor 0-3. Skuad asuhan Mikel Arteta meraih poin penuh berkat gol-gol yang diciptakan Alexandre Lacazette, Gabriel Magalhaes, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Rekrutan anyar The Gunners, Willian, dinobatkan menjadi man of the match laga tersebut. Pemain berkebangsaan Brasil itu membuat dua asis serta terlibat dalam gol pertama Arsenal.

Pemain yang digaet dari Chelsea itu diturunkan bersama Lacazette dan Aubameyang di lini serang. Bek Gabriel Magalhaes juga diberi kesempatan debut dalam laga ini. Melawan Fulham, Mikel Arteta menurunkan formasi 3-4-3.

Link Highlights Fulham vs Arsenal

Sementara itu, Fulham tampil dengan formasi 4-2-3-1. Scott Parker membuat kejutan dengan mencadangkan Aleksandar Mitrovic. Parker menyebut keputusan ini disebabkan kondisi kebugaran penyerang asal Serbia tersebut.

Berlaga di Craven Cottage, skuad besutan Parker sempat mengancam lebih dulu. Aksi Aboubakar Kamara memaksa Bernd Leno melakukan penyelamatan gemilang pada awal laga.

Arsenal pun merespons dengan serangan yang lebih efektif. Pada menit delapan, Lacazette memecah kebuntuan tim tamu lewat sontekan jarak dekat. Penyerang asal Prancis itu memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Willian.

Menjelang turun minum, Willian nyaris mencetak gol di debut kompetitifnya bagi The Gunners. Namun tendangan bebasnya membentur tiang gawang.

Link streaming Liga Primer Inggris musim 2020/21

Ketika babak kedua baru berjalan empat menit, Arsenal menggandakan keunggulan berkat gol Gabriel. Bek yang baru didatangkan dari LOSC Lille itu memanfaatkan umpan sepak pojok Willian untuk mencetak gol debutnya.

The Gunners menambah keunggulan pada menit 57. Dalam situasi serangan balik, Willian melancarkan umpan matang ke Aubameyang di sayap kiri. Top skor Arsenal musim lalu itu pun menyarangkan bola ke pojok gawang dan membuat skor menjadi 0-3.

Kubu tuan rumah berupaya memperkecil ketertinggalan. Pada menit 63, Scott Parker memasukkan Mitrovic untuk menambah daya gedor Fulham. Namun, disiplin pertahanan Arsenal membuat skor 0-3 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Setelah pertandingan, Parker mengaku tidak puas dengan pertahanan anak asuhnya. Pelatih berusia 39 tahun itu juga menyoroti kegagalan The Cottagers dalam mengonversi peluang.

“Terdapat beberapa hal positif, tetapi ketika Anda kalah 3-0, tentu juga ada sejumlah hal negatif. Kami akan membersihkan diri [dari laga ini], terus berkembang dan memahami di bagian mana kami perlu lebih baik,” ucap Parker dilansir laman resmi klub.

Fulham pun harus segera bangkit untuk meraih poin perdana di Premier League. Pekan depan, Tom Cairney dan kawan-kawan akan menjalani laga berat melawan sesama tim promosi, Leeds United.

Leeds sendiri berhasil tampil impresif di pekan perdana Liga Inggris. Kendati kalah dari Liverpool, skuad besutan Marcelo Bielsa mampu memberi perlawanan sengit ke sang juara bertahan di Anfield.

Di lain pihak, hasil ini membawa Arsenal memimpin klasemen sementara Liga Inggris hingga Minggu (13/8/2020). The Gunners unggul selisih gol dari Crystal Palace, Liverpool, dan Newcastle United yang juga meraih kemenangan pada malam yang sama.

Kemenangan tersebut sekaligus membuat skuad Arsenal dalam kepercayaan diri tinggi jelang melakoni Derbi London lawan West Ham United. Laga ini akan digelar di Stadion Emirates pekan depan.

Link Highlights Fulham vs Arsenal

Komentar