Ajang Pembuktian Martin Odegaard dan Takefusa Kubo

PanditTV

by Redaksi 15

Redaksi 15

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ajang Pembuktian Martin Odegaard dan Takefusa Kubo

Senin dini hari, tepatnya tanggal 27 Januari 2019, Real Sociedad akan menjadi RCD Mallorca dalam lanjutan La Liga 2019/20. Secara kasat mata, pertandingan ini mungkin tak terlalu menarik. Mallorca duduk di peringkat ke-17 sementara dengan hanya unggul dua poin dari zona degradasi. Sementara Real Sociedad menempati zona Liga Europa dan hanya terpaut empat poin dari Sevilla yang duduk di peringkat empat sekaligus memegang tiket Liga Champions UEFA 2020/21. Mengingat Mallorca belum pernah sekalipun meraih kemenangan tandang di La Liga 2019/20, pertandingan ini seperti sudah terbaca sebelum sepak mula.

Namun laga ini juga mempertemukan dua gelandang serang muda, Martin Odegaard dan Takefusa Kubo. Kedua pemain potensial milik Real Madrid itu memiliki tugas untuk memberikan kesan positif selama masa pinjaman mereka bersama klub masing-masing. Hingga pekan ke-20 La Liga 2019/20, Odegaard jelas lebih impresif dengan mencetak empat gol dan mengarsiteki lima lainnya dari 18 pertandingan bersama Real Sociedad. Kubo hanya bisa terlibat dalam tiga gol dari 17 pertandingan. Kubo juga hanya tujuh kali tampil penuh 90 menit di Mallorca. Sementara Odegaard selalu bermain penuh selama jasanya tersedia. Ia hanya absen dua kali karena cedera pergelangan kaki.

VIDEO: Aksi Takefusa Kubo selama membela Real Madrid di Audi Cup



Odegaard jelas lebih unggul dan mendapatkan tempat di Real Madrid setelah pulang dari masa pinjaman. Akan tetapi, Pelatih Kepala Real Madrid Zinedine Zidane juga menilai tinggi kemampuan Kubo. Pemain berjuluk Messi dari Jepang itu bahkan mengaku ingin dipertahankan oleh Zizou di musim 2019/20. Dia tampil impresif selama turnamen uji coba Audi Cup dan sudah berlatih bersama tim utama. Kubo yang memilih untuk pergi demi mendapatkan jam terbang lebih banyak.

Hal ini berseberangan dengan Odegaard yang sudah membuktikan diri bersama Heerenveen dan Vitesse tapi belum dianggap bisa adaptasi dengan gaya permainan di Spanyol. Odegaard yang begitu menginginkan bermain bersama tim utama Real Madrid pun harus membuktikan diri di Real Sociedad. Sesuatu yang berhasil ia lakukan dengan baik, apalagi di paruh pertama musim 2019/20.

Odegaard adalah pahlawan kemenangan Sociedad atas Mallorca di pertemuan pertama mereka musim ini. Tapi ketika itu, Kubo belum terlibat di Mallorca. Pertemuan kedua di Stadion Anoeta akan menjadi tantangan yang lebih berat untuk Odegaard. Ia bukan hanya harus membantu Sociedad tapi membuktikan bahwa ia lebih baik dibandingkan Kubo yang diunggulkan Zidane dibanding dirinya.

VIDEO: Cuplikan kemampuan Odegaard selama membela Castilla



Komentar