Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 19

Fantasy Premier League

by Redaksi 21

Redaksi 21

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 19

Selamat datang Boxing day! Selama sepekan ke depan, kita akan disuguhkan jadwal padat Liga Primer Inggris yang memainkan tiga gameweek sekaligus. Sebagai manajer FPL, insting dalam pemilihan pemain yang akan dipilih aman dari rotasi ataupun terhindar dari cedera akibat jadwal padat ini. Sebelum dimulai, kami ingatkan bahwa batas tenggat waktu untuk gameweek 19 ini adalah Kamis, 26 Desember 2019 pukul 18.30 WIB.

Di GW19 ini kami memilih untuk mengunggulkan double defense dari Sheffield United yaitu di posisi kiper dan bek. Untuk posisi kiper, kami memilih Dean Henderson (Sheffield United, £4.8), sedangkan untuk posisi bek, kami memilih John Lundstram (Sheffield United, £5.2).

Dalam dua gemeweek terakhir, Henderson berhasil mencatatkan nirbobol secara berturut-turut. Selain itu, Henderson juga tampil mengejutkan di GW18 di mana ia bisa memberikan satu asis dalam pertandingan menghadapi Brighton. Dalam catatan statistik, lini pertahanan Sheffield United menjadi lini pertahanan dengan total peluang lawan yang masuk paling sedikit. Selain itu faktor sang lawan, Watford, yang tercatat sebagai kesebelasan paling sedikit ketiga dalam melepaskan tembakan tepat sasaran menjadi alasan kami cukup yakin memilih Henderson sebagai kiper utama. Apalagi, kiper muda tersebut dalam empat gameweek terakhir telah melakukan tujuh kali penyelamatan krusial di bawah gawang Sheffield.

Sementara itu, untuk seorang Lundstram, tak perlu kita ragukan lagi penampilannya sejauh ini. Dalam empat gameweek terakhir saja ia berhasil mencatatkan dua kali nibobol, menciptakan empat chances created, melepaskan empat tembakan ke gawang lawan, dan memberikan satu asis untuk terciptanya gol Sheffield. Dengan catatan aksi menyerang tersebut, Lundstram punya peluang untuk bisa mencetak gol atau sekedar memberikan asis, karena dari catatan lini pertahanan, Watford telah ditembak lawan sebanyak 48 kali dan kemasukan lima gol.

Tottenham Hotspur akan berhadapan dengan Brighton yang gagal mencetak gol di GW18 lalu. Dari catatan statistik menyerang Pascal Gross dan kawan-kawan pun tak menunjukkan sinyal bahaya, hanya 26 tembakan tepat sasaran yang mereka lepaskan di empat gameweek terakhir. Dari catatan di atas, kami cukup yakin untuk merekomendasikan nama Serge Aurier (Tottenham Hotspur, £5.1).

Selain memiliki kemampuan dalam menjaga pertahanan, Aurier terlihat sangat rajin membantu serangan. Sisi kanan penyerangan Spurs terlihat begitu aktif ketika Aurier bermain. Ketika membantu serangan, dalam empat gameweek terakhir, Aurier tercatat melepaskan 19 umpan silang, menciptakan satu kali chances created, melakukan 7 kali sentuhan di dalam kotak penalti, dan melepaskan dua kali tembakan. Melihat lini pertahanan Brighton yang tak sekali pun mencatatkan nirbobol dalam empat gameweek terakhir, rasanya Aurier bisa jadi pilihan yang bagus untuk GW19 ini.

Untuk pertama kalinnya, Djibril Sidibe (Everton, £5.3) masuk skuad unggulan dari kami. Pemain yang bermain di posisi bek sayap kanan ini bisa dibilang lebih baik dari pada Lucas Digne dalam beberapa gameweek terakhir. Dari GW11 hingga GW18 lalu, Sidibe telah mencatatkan tiga asis, sedangkan Digne hanya mencatatkan satu asis. Selain faktor di atas, alasan lain membuat kami cukup yakin untuk merekomendasikan Sidibe adalah faktor catatan Burnley yang tak cukup baik ketika bermain tandang. Burnley menjadi tim paling sedikit yang mampu melepaskan tembakan tepat sasaran, total hanya 23 tembakan yang tercatat.

***

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 25 Desember 2019.

Komentar