Liverpool vs Arsenal: Arsenal Kerdil di Anfield

Analisis

by redaksi

Liverpool vs Arsenal: Arsenal Kerdil di Anfield

Liga Primer Inggris 2019/20 pekan ke-3 menyajikan pertandingan bergengsi antara Liverpool melawan Arsenal. Kedua kesebelasan sama-sama masih meraih hasil sempurna pada dua pertandingan pertama musim ini dan menduduki peringkat satu dan kedua klasemen sementara. Liverpool unggul selisih gol setelah berhasil menang telak atas Norwich 4-1 pada laga perdana.

Jika kita melihat catatan beberapa pertemuan terakhir antara Liverpool dan Arsenal, Liverpool memiliki catatan yang cukup superior. Dalam 6 pertemuan terakhir, Liverpool berhasil meraih 4 kali kemenangan, sementara 2 pertemuan lainnya berakhir imbang. Jumlah gol yang diciptakan pun menunjukkan dominasi Liverpool di atas Arsenal. Total 20 gol berhasil diciptakan Liverpool dalam 6 pertemuan terakhir melawan Arsenal. Sementara Arsenal hanya mampu menciptakan 9 gol.

Ditambah lagi, pertandingan akhir pekan ini akan berlangsung di kandang Liverpool. Kondisi ini membuat Arsenal dalam kondisi yang semakin sulit. Arsenal belum pernah menang atas Liverpool di stadion Anfield dalam 6 tahun terakhir. Dua laga terakhir Arsenal di Anfield berakhir dengan kekalahan telak 4-0 dan 5-1.

Tentu saja dominasi Liverpool ini tidak lepas dari peran trio lini depan mereka; Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. Kombinasi ketiganya yang semakin kompak membuat Liverpool menjadi sangat berbahaya dalam hal serangan. Arsenal pun menjadi salah satu klub yang sering menjadi korban dari aksi ketiga pemain ini.

Sejauh ini sudah 16 gol dicetak trio Liverpool tersebut ke gawang Arsenal sejak mereka bergabung bersama The Reds. Firmino menjadi penyumbang gol terbanyak dengan 8 gol, sementara Mane dan Salah masing-masing mencetak 4 gol.

Namun musim ini Arsenal melakukan beberapa perubahan dibanding musim-musim sebelumnya. Mereka mendatangkan dua pemain dengan top. Hal itu menunjukkan bahwa mereka serius untuk bersaing di papan atas Liga Inggris musim ini.

Penyerang asal Pantai Gading, Nicolas Pepe, didatangkan dari Lille yang memecahkan rekor transfer klub. Selain itu juga ada gelandang asal Spanyol, Dani Ceballos, yang didatangkan dari Real Madrid. Ceballos langsung menunjukkan kemampuannya dengan dua asis yang ia ciptakan saat Arsenal mengalahkan Burnley 2-1 pekan lalu.

Kehadiran Pepe membuat Arsenal memiliki lini depan yang cukup menakutkan karena sebelumnya sudah Alexander Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang. Melihat kualitas ketiganya, seharusnya sudah cukup untuk membuat lini pertahanan Liverpool harus berhati-hati.

Pada dua pertandingan pertama Arsenal, manajer Arsenal, Unai Emery, tidak memasang trio penyerang ini sejak awal laga. Bukan tak penting untuk laga penting melawan Liverpool semua penyerang terbaik Arsenal akan bermain sejak menit pertama. Apalagi Emery sendiri mengakui bahwa Liverpool merupakan kesebelasan yang cukup ia takuti.

“Kami tidak pernah ingin bermain melawan Liverpool. Ketika kami bermain melawan mereka, itu adalah tantangan besar untuk menunjukkan bagaimana kami mampu. Minggu depan akan menjadi pertandingan yang bagus,” kata pelatih asal Spanyol tersebut pada Sky Sports.

Kedua kesebelasan memang biasa memainkan permainan terbuka yang atraktif. Jika kedua pelatih sama-sama memilih untuk memainkan pola permainan yang biasa mereka lakukan, bukan tidak mungkin akan terjadi hujan gol di pertandingan ini. Kedua kesebelasan saling berbalas serangan dan pertandingan akan berjalan dengan sangat seru.

Laga ini akan berlangsung di Stadion Anfield, Sabtu (24/08). Pertandingan ini dapat disaksikan secara langsung melalui Mola Polytron Streaming.

Komentar