Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 28

Fantasy Premier League

by Redaksi 28

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 28

Pekan ke-27 menjadi salah satu pekan yang tersuram bagi para manajer FPL di musim 2018/19. Bagaimana tidak? Rata-rata poin yang didapat oleh manajer di seluruh dunia hanya 35 poin. Segeralah berlapang dada dan atur ulang kembali tim impianmu karena gameweek 28 akan dimainkan di tengah pekan ini. Berikut adalah rekomendasi pemain lini belakang di GW28 yang berpeluang meraih poin. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Berhasil mengantarkan Manchester City meraih silverware pertamanya musim 2018/19 setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti di Final Piala Liga, Ederson Moraes (Man City, £5.6) berpeluang meraih poin kala The Citizens menghadapi West Ham United di Etihad Stadium pada GW28 ini. Kiper asal Brasil ini belum kebobolan di dua laga terakhir di Liga Primer; 13 poin berhasil dia kumpulkan berkat raihan nirbobol tersebut.

The Hammers belum pernah menang saat melawan anak asuh Pep Guardiola di lima laga terakhir dengan hanya mencetak dua gol. Pada pertemuan pertama di London Stadium, Marko Arnautovic dkk dicukur empat gol tanpa balas oleh pasukan Man City. Alasan lain Ederson berpeluang meraih prestasi adalah West Ham tercatat sebagai salah satu kesebelasan yang lemah dalam menyerang dengan 13 tembakan tepat sasaran dan butuh waktu 8.6 menit untuk membuat satu peluang*.

Beralih ke posisi bek, Sead Kolasinac (Arsenal, £5.1) kembali kami rekomendasikan di GW28 ini berkat penampilan impresifnya kala The Gunners menang dua gol tanpa balas melawan Southampton. Arsenal akan kembali bermain di Emirates Stadium untuk menghadapi Bournemouth sebelum melakoni dua laga berat di pekan berikutnya (tandang vs Tottenham Hotspur, kandang vs Manchester United). Bournemouth sedikit kehilangan taring di tiga laga terakhir dengan hanya meraih satu poin. Hal ini tidak bisa dipungkiri akibat cederanya dua pemain pentingnya, yaitu David Brooks dan Callum Wilson.

Meski bisa mencetak 5 gol*, anak asuh Eddie Howe hanya melepaskan 14 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 8.9 menit untuk membuat satu peluang*. Celah ini bisa saja dimanfaatkan Kolasinac untuk menjaga momentum kemenangan Arsenal untuk bekal menghadapi dua laga berat yang sudah menanti. Bek sayap yang rajin membantu penyerangan ini sudah melakukan 20 sentuhan di kotak penalti lawan* (terbanyak di antara bek) dan menciptakan 5 peluang*. Jaminan raihan poin dari sisi menyerang inilah yang membuat Kolasinac berpotensi menyumbang poin di GW28 ini.

Matt Doherty (Wolves, £5.4) berhasil mencetak asis di GW27 lalu kala Wolverhampton Wanderers bertandang ke markas Bournemouth. Raihan tersebut membuat pemain asal Republik Irlandia ini hanya blank sekali dalam empat laga terakhirnya. Pada pekan ke-28 ini, Wolves akan bertandang ke markas Huddersfield Town yang masih saja susah payah untuk meraih kemenangan meski sudah berganti pelatih.

Peluang Doherty meraih nirbobol sangat terbuka karena The Terriers baru mencetak satu gol* dari 11 tembakan tepat sasaran dan butuh waktu 11.2 menit untuk membuat satu peluang* (terburuk di antara kesebelasan lainnya). Dari aspek menyerang, pemain yang sudah mengoleksi 6 asis ini cukup menjanjikan memberi prestasi. Doherty melakukan 14 sentuhan di kotak penalti lawan* (terbaik ketiga di antara bek), membuat 5 peluang, dan melakukan 4 tembakan.

Bek terakhir yang kami rekomendasikan di pekan ke-28 ini adalah Matt Targett (Southampton, £4.2). Namanya mungkin terlihat sedikit spekulatif, tapi jika dilihat dari statistik pribadi maupun dari lawan yang dihadapi di GW28 ini, mungkin Targett bisa menjadi salah satu bek yang berpeluang meraih poin. Southampton akan menghadapi Fulham yang mengalami kekalahan tiga kali beruntun di St Mary’s Stadium.

Dari statistik lawan, anak asuh Claudio Ranieri tercatat sebagai salah satu kesebelasan yang sering kecolongan umpan silang terbanyak* dari kesebelasan lainnya (46 umpan dari kanan & 56 dari kiri). Fulham juga kecolongan peluang dari sundulan paling banyak dengan 19 kali. Hal ini menguntungkan Targett yang memiliki statistik menyerang yang mencolok (meski itu bukan shot on Targett). Bek sayap asal Inggris ini sudah melakukan 19 umpan silang* (terbanyak ketiga di antara bek), menciptakan 7 peluang*, dan menyentuh bola 8 kali di kotak penalti lawan*. Jika melihat statistik Targett dan statistik kelemahan Fulham rasanya ia bisa saja mendapat poin di GW28.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW28:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 25 Februari 2019.

Komentar