Badai Cedera Arsenal Sebelum Boxing Day

Berita

by redaksi

Badai Cedera Arsenal Sebelum Boxing Day

Badai cedera akrab dengan Arsenal. Hampir di setiap musimnya satu per satu pemain Arsenal bergantian menepi akibat cedera yang mereka alami. Musim 2018/19 ini pun demikian.

Setelah Rob Holding yang menderita cedera beberapa waktu lalu, kali ini giliran Hector Bellerin yang kembali berhadapan dengan cedera. Manajer Arsenal, Unai Emery, mengatakan bahwa Bellerin akan absen setidaknya hingga beberapa pekan ke depan. Sebelumnya, Bellerin juga sempat menderita pada akhir Oktober lalu.

"Kami memiliki pertandingan pada Rabu dan Sabtu, kami butuh semua pemain. Tapi, Bellerin cedera dan dia akan absen selama beberapa minggu," ungkap Emery di situs resmi klub.

Bellerin ditarik keluar saat jeda babak pertama melawan Southampton, Minggu (16/12). Sementara itu, Stephen Lichtsteiner juga harus ditarik keluar pada menit ke-74 karena terjadi masalah pada lututnya. Arsenal harus menyelesaikan pertandingan dengan dua gelandang mereka, Granit Xhaka dan Ainsley Maitland-Niles sebagai pemain belakang. Sementara itu sang kapten, Laurent Koscielny, masih harus berusaha mengembalikan performa terbaiknya usai absen sejak April.

Sejatinya, itu adalah kabar buruk bagi Arsenal yang akan menghadapi lima pertandingan beruntun sejak Rabu nanti (19/12) sampai dengan 1 Januari 2019. Kendati demikian, Arsenal mendapat kabar baik karena Sokratis Papastathopoulos sudah kembali dari hukuman akumulasi kartu dan cedera paha yang sempat dia alami. Selain itu, Shkodran Mustafi dan Sead Kolasinac juga diharapkan pulih minggu depan.

Emery memang menjalani musim ini selalu tidak dengan kekuatan penuh di hari pertandingan. Karenanya bursa transfer Januari akan jadi momentum untuk Arsenal menambah stok pemain untuk menjaga kedalam kualitas tim. Pada laga melawan Southampton misalnya, Emery terpaksa memainkan Granit Xhaka dan Lichtsteiner di bek tengah untuk menemani Koscielny. Cedera Bellerin dan Lichtsteiner pun berdampak pada kualitas lini pertahanan Arsenal kala itu sehingga Arsenal takluk dengan skor 2-3.

"Saya tidak tahu sekarang, karena kami tidak memiliki banyak kemungkinan pada bulan Januari. Klub tengah mengusahakan dan kami hanya akan merekrut pemain jika sang pemain bisa membantu kami di level tertinggi," ujarnya dilansir dari ESPN.

“Apakah metode latihan yang saya terapkan menjadi penyebab cederanya para pemain? Saya tidak mengetahuinya,” kata Emery seperti dilansir Evening Standard. "Cedera adalah hal yang wajar bagi para pesepakbola, terlebih jika mereka dihadapkan dengan jadwal yang padat. Mereka harus memainkan tiga pertandingan dalam satu pekan."

Menanti Kejelian Emery di Jadwal Padat

Musim perdana Unai Emery bersama ?Arsenal sebenarnya cukup berjalan dengan baik. Sempat menelan dua kekalahan beruntun di awal musim, kini mereka menjelma menjadi tim yang cukup konsisten. Mereka sempat tidak terkalahkan dalam 22 pertandingan beruntun di seluruh kompetisi sebelum akhirnya ditekuk Southampton akhir pekan lalu.

Namun performa impresif yang ditampilkan Bernd Leno dan kawan-kawan akan mulai diuji dengan jadwal yang padat. Tantangan pertama datang dari perempat final Piala Liga dengan menghadapi rival sekota mereka, Tottenham Hotspur. Kubu lawan menyadari bahwa Arsenal yang sekarang berbeda dengan Arsenal yang biasanya mereka hadapi.

“Emery benar-benar pelatih yang berbeda dan secara personal punya kemiripan dengan Wenger. Tetapi dari permainan yang ditunjukkan, dia berhasil membuat Arsenal tampil berbeda. Dia membawa Arsenal ke era baru, karena pelatih baru selalu membawa ide dan gagasan baru,” kata Mauricio Pochettino seperti dilansir Daily Mail.

Setelah Tottenham, ada Burnley, Brighton, Liverpool dan Fulham yang menanti Arsenal sampai Tahun Baru. Dengan dua lawan kuat di tengah jadwal padat, Emery yang baru pertama kali menghadapi boxing day harus jeli menentukan pemain dan rotasi pemain. Cederanya sejumlah pemain —5 di antaranya pemain belakang— akan membuat tugas Emery jadi lebih berat.

foto: arsenal.com

[kim/ar]

Komentar