Perang Urat Syaraf Jelang Liverpool vs Man United

Berita

by redaksi

Perang Urat Syaraf Jelang Liverpool vs Man United

Liverpool akan menjamu rival abadinya, Manchester United, pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Minggu (16/12). Laga diprediksi akan berlangsung panas mengingat kedua kesebelasan sama-sama membutuhkan poin.

Liverpool tentunya sangat berhasrat untuk memenangi laga guna merebut kembali posisi puncak klasemen sementara dari Manchester City, yang di laga lainnya sukses menekuk Everton dengan skor 3-1. Sementara kubu Setan Merah tentunya juga akan berjuang mati-matian guna memperkecil jarak dengan Arsenal yang menduduki peringkat kelima.

Liverpool memang satu-satunya kesebelasan yang belum pernah merasakan kekalahan di Liga Primer musim ini. The Reds pun lebih dijagokan pada laga tersebut. Akan tetapi United lebih unggul dari segi head-to-head. Dari delapan pertemuan terakhir, Liverpool belum pernah menang menghadapi United. Sedangkan United mengalahkan Liverpool sebanyak lima kali dan sisanya imbang.

Trio Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane juga belum sekalipun mencetak gol maupun asis ke gawang United. Padahal, mereka sudah memainkan 855 menit laga menghadapi Setan Merah.

Meski begitu Liverpool yang sekarang tidak bisa dianggap remeh. Musim ini Liverpool sudah mencetak 34 gol di Liga Primer, hanya kalah dari Arsenal (35 gol) dan City (48 gol). The Reds juga merupakan kesebelasan yang paling sedikit kebobolan di liga, yakni hanya kemasukan 6 gol. Sesuatu yang kontras jika dibandingkan dengan United yang hanya mencetak 28 gol dan 26 kali kebobolan.

Man United merupakan kesebelasan dengan jumlah kebobolan paling banyak keenam di Liga Primer, di bawah Fulham (40 gol), Burnley (32), Southampton (30), dan Cardiff City (30).

Selain itu Liverpool juga belum terkalahkan dari 28 laga kandang terakhirnya di Liga Primer. Oleh karena itu, mencuri kemenangan pada laga nanti bukanlah perkara mudah bagi Juan Mata dan kawan-kawan.

Baca juga: Dari Pelabuhan ke Pelabuhan

Tensi panas laga bertajuk Northwest Derby tersaji bahkan sejak dua hari sebelum laga dilangsungkan. Pada jumpa pers, Manajer United, José Mourinho, menyindir Jürgen Klopp yang belum pernah mempersembahkan satupun trofi untuk The Reds. Sedangkan Mou sudah mempersembahkan satu buah gelar Piala Liga dan satu gelar Liga Europa untuk United.

“Saya pikir itu (trofi) penting terutama ketika Anda memiliki potensi untuk memperebutkan trofi dan ketika Anda dengan jelas mengatakan tujuannya adalah untuk memenangi trofi. Saya pikir kadang-kadang komentar itu sangat tidak cerdas. Tetapi ketika Anda memiliki potensi Anda tidak perlu menyembunyikan apa pun. Saya tidak banyak membaca tetapi saya pikir mereka (Liverpool) telah mengatakan bahwa tujuan mereka adalah memenangi Liga Primer,” ujar The Special One seperti dikutip Sky Sports.

Tak mau kalah, Klopp pun membalas komentar bernada sarkas yang dilontarkan Mourinho. Mantan manajer Borussia Dortmund tersebut merespons dengan pernyataan sepakat tidak sepakat.

“Tidak, itu benar, tetapi haruskah saya melakukannya? Apakah saya harus memenanginya? Orang-orang mungkin ingat itu (gelar juara), tetapi apa yang harus saya lakukan adalah membuat yang terbaik dari hal-hal yang ditawarkan kesebelasan saya; itulah yang saya yakini,” ujarnya kepada The Telegraph.

Lebih lanjut, Klopp juga menungkapkan bahwa dirinya lebih menghargai proses daripada hasil. “Jika orang mengatakan perjalanan di Liga Champions musim lalu tidak berhasil karena kami tidak memenangi laga final, maka saya tidak bisa mengubah itu. Apakah penyelesaiannya sukses? Tidak, tapi perjalanannya sangat brilian. Saya sangat menikmatinya.”

Akan tetapi Klopp tetap rendah hati dan menaruh respek pada Mourinho. Klopp menyebut bahwa Mourinho adalah manajer yang ambisius dan itu membuatnya menjadi manajer terbaik di dunia.

“Saya tak pernah mengatakan bahwa Jose pernah kekurangan ambisi. Tak pernah. Dia melakukan apa yang dia pikir benar untuk saat ini, itu membuatnya jadi manajer paling sukses di dunia,” ujar Klopp saat jumpa pers.

Saat ini Liverpool menduduki posisi kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan perolehan 42 poin dari 16 laga, hasil dari 13 kemenangan, 3 hasil imbang, dan belum terkalahkan. Kemenangan atas United akan membawa mereka kembali ke pucuk klasemen. Sedangkan United masih berkutat di peringkat keenam dengan perolehan 26 poin dari 16 laga, hasil dari 7 kemenangan, 5 hasil imbang dan 4 kekalahan.

(ham/dex)

Komentar