Old Trafford Akan Lebih Berisik dan Lebih Ramah

Berita

by redaksi

Old Trafford Akan Lebih Berisik dan Lebih Ramah

Manajemen Manchester United kini sedang merencanakan renovasi stadion untuk meningkatkan atmosfer penonton. Langkah ini diambil dengan harapan dapat semakin memompa semangat para pemain Setan Merah ketika bermain di kandang. Menurut Sky Sports, diperkirakan akan ada sebanyak 1200 kursi tambahan untuk menciptakan kebisingan dan menciptakan atmosfer yang lebih besar.

United juga akan memindahkan beberapa kursi ke bagian Sir Alex Ferguson Stand. Tak hanya itu, United pun berencana memindahkan tribun khusus untuk bernyanyi (chants) dari yang semula berada di bagian bawah North East Corner menjadi di tengah tribun Stretford End. Hal itu dibenarkan oleh salah satu anggota Manchester United Supporters, Ian Stirling.

"Tujuan jangka panjang kami adalah untuk melihat 15 baris depan dari Stretford End yang diisi para pendukung dengan rentang usia 18 hingga 25 tahun dan dengan bantuan kelompok penggemar Tentara Merah kami melihat peningkatan nyata," ujarnya seperti dilansir Sky Sports, Kamis (29/11).

Hal tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya, pendukung United adalah salah satu pendukung paling berisik di Liga Primer Inggris. Menurut survey yang diadakan Barclays and YouGov, pendukung United berada di posisi keempat daftar pendukung paling berisik di Liga Primer Inggris. Di atasnya terdapat Crystal Palace, Newcastle United dan posisi teratas dipegang oleh pendukung Liverpool. Ketika United menjalani laga kandang, suara yang dihasilkan oleh riuh nyanyian dan teriakan pendukung juga ditaksir mencapai 92 desibel. Hal ini tentu akan meningkat jika rencana renovasi stadion tersebut terealisasikan.

"Manajer benar-benar menghargai nyanyian dan dukungan dari para penggemar musim ini dan dia tahu mereka membutuhkan semua dukungan itu di tahap berikutnya dan melalui pertandingan kandang yang akan datang. Maka perubahan ini untuk musim depan akan meningkatkan itu," tutur sumber internal United kepada The Sun.

Beberapa sumber menyebut jika renovasi ini dilakukan karena mulai buruknya penampilan United saat sedang bermain di Old Trafford sangat buruk. Dari 10 laga kandang yang telah dijalani United saat ini, United hanya empat kali meraih kemenangan, tiga kali meraih kekalahan dan sisanya hasil imbang.

Lebih Ramah Untuk Kaum Difabel

Tak hanya di situ, United juga merencanakan akan menambah 118 tempat baru untuk kursi roda dan 158 kursi yang lebih ramah bagi penyandang disabilitas di seluruh lokasi Old Trafford. Sebuah tempat terbuka yang lebih ramah untuk para penyandang disabilitas juga disediakan di belakang Stretford End. Hal ini menyusul kritikan yang dilayangkan oleh Equality and Human Rights Commision (EHRC) yang menyebut bahwa Old Trafford masih belum ramah bagi penyandang disabilitas.

"Setelah konsultasi lebih lanjut dengan MUDSA, kami puas bahwa saat ini klub telah mengambil keputusan untuk membuat sarana baru bagi pengguna kursi roda dan kursi yang lebih nyaman di empat lokasi alternatif, menggantikan tiga tempat sisa yang akan dibangun,” ujar pernyataan resmi MUDSA seperti dilansir Sky Sports.

MUDSA juga mengonfirmasi jumlah pasti total lokasi untuk kursi roda dan kursi yang lebih ramah. "Secara keseluruhan, 118 posisi baru untuk kursi roda akan diciptakan, yang menambah jumlah total menjadi 278, selaras dengan pedoman ASG untuk stadion dengan kapasitas 74 ribu, juga dengan 158 kursi baru yang lebih ramah.”

Proyek renovasi ini diperkirakan akan rampung pada awal musim 2020/21. Tambahan kapasitas stadion ini bertujuan untuk mengembalikan keangkeran Theatre Of Dreams yang mulai luntur beberapa musim belakangan.

(ham/ar)

Komentar