Pengunduran Diri Widodo Kabar Baik bagi Persija

Berita

by redaksi

Pengunduran Diri Widodo Kabar Baik bagi Persija

Pihak Bali United resmi memutus kontrak manajernya, Widodo Cahyono Putro. Melalui laman resminya, Kamis (29/11), CEO Bali United, Yabes Tanuri membenarkan hal tersebut. “Ya, per hari ini, saya sampaikan bila Coach Widodo tidak lagi bertugas menjadi Pelatih Kepala Bali United. Kami menerima pengunduran diri Coach Widodo.”

Pengunduran diri tersebut tentu mengejutkan. Pasalnya Bali United hanya menyisakan dua laga di Liga 1. Serdadu Tridatu akan menjamu Persija Jakarta pada Minggu (2/12) dan laga tandang menghadapi Bhayangkara FC pada Minggu (09/12).

Hal tersebut tak lepas dari hasil negatif yang menimpa Bali. Dari tiga laga terakhir, mereka selalu menderita kekalahan. Bali United dikalahkan Persipura dengan skor tipis 0-1 (10/11), kalah 2-5 di kandang oleh Persebaya Surabaya (18/11), dan dihajar 0-4 oleh PSM Makassar (25/11).

Bali United juga hanya meraih 8 poin dari sembilan laga terakhirnya di Liga 1. Dari sembilan laga terakhir, Bali hanya menang atas Mitra Kukar (1-0) dan Madura United (2-0), imbang melawan Borneo FC (2-2) dan Persib Bandung (1-1), serta sisanya berakhir dengan kekalahan.

Widodo angkat suara mengenai pengunduran dirinya tersebut. Menurutnya tiga kekalahan beruntun tersebut membuat kontrak mantan pemain Tim Nasional Indonesia tersebut harus diputus.

“Menginformasikan per hari ini, manajemen mengakhiri kerja sama dengan saya. Mengacu kepada perjanjian kontrak yang telah disepakati, kalah tiga kali berturut-turut berarti berakhirnya kerja sama, sekian infonya dan terima kasih,” ujar Widodo seperti dikutip Tribun Bali.

Sementara belum ada kabar mengenai siapa yang menggantikan Widodo menjadi Manajer Bali United, kabarnya Widodo akan berpamitan dengan para pemain Bali United petang ini, dan akan menggelar jumpa pers setelahnya.

Prestasi Bali United di bawah tangan dingin Widodo tidak buruk. Musim lalu dia membawa Bali United finis di peringkat kedua. Sebenarnya Bali United bisa saja merengkuh gelar juara Liga 1 apabila Komisi Disiplin PSSI tidak menambahkan dua poin kontroversial kepada Bhayangkara FC.

Musim ini Widodo membawa Bali United duduk di peringkat ke-7 klasemen sementara Liga 1, dengan perolehan 45 poin dari 32 laga, hasil dari 12 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 11 kekalahan.

Setelah setahun menangani Bali United, Widodo kabarnya akan mengambil lisensi kepelatihan AFC A Pro pada Januari tahun depan. Widodo juga sempat diisukan akan menggantikan posisi Luis Milla di kursi kepelatihan Timnas Indonesia sebelum PSSI menunjuk Bima Sakti.

Kabar Baik bagi Persija Jakarta

Kabar pengunduran diri tersebut merupakan kabar baik bagi Persija Jakarta. Pasalnya tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut ingin menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan untuk bersaing dengan PSM Makassar dalam meraih gelar Liga 1.

Tak hanya itu, dua pemain yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Riko Simanjuntak dan Andritany Ardhyasa juga sudah berlatih dan siap bergabung bersama skuat Persija.

Meski belum memutuskan bermain atau tidaknya kedua pemain tersebut, Manajer Persija, Stefano Cugurra, tetap membuka peluang keduanya akan bermain hadapi Bali United. “Ya, kita lihat mereka di latihan. Kita bisa melihat kondisi dua pemain itu dulu sebelum tampil lawan Bali United,” ujar manajer yang kerap disapa Teco tersebut.

Saat ini Persija duduk di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 dengan perolehan 56 poin dari 32 laga, hasil dari 16 kemenangan, 8 hasil imbang, dan 8 kekalahan. Setelah menghadapi Bali United, Persija akan menjamu Mitra Kukar pada Sabtu (8/11); jika jadwalnya tidak berubah.

Foto: Tirto.id

[ham/dex]

Komentar