Emery dan Wenger Sama Saja

Berita

by redaksi

Emery dan Wenger Sama Saja

Kepala Pelatih Arsenal, Unai Emery, membeberkan pendapatnya mengenai performa Arsenal pada tahun-tahun terakhir kepemimpinan Arsene Wenger. Emery menyebut Arsenal, di tahun-tahun terakhir sang manajer, mengalami kemunduran. Hal tersebut diungkapnya pada wawancara dengan Marca, Kamis (22/11).

Seperti diketahui, Arsenal gagal mengakhiri musim di zona Liga Champions dalam dua musim terakhir. Musim lalu Arsenal hanya finish di peringkat keenam dan karenanya harus rela berlaga di level kedua kompetisi Eropa, Europa League. Emery merasa Arsenal kehilangan aspek kunci selama musim penutupan Wenger.

“Sebelum Wenger tiba, Arsenal merayakan kemenangan 1-0 dan didasarkan pada soliditas defensif. Kemudian dengan Arsene, mereka dapat Invincibles, musim Liga Premier Inggris yang tak terkalahkan pada 2004. Tapi seiring waktu, hanya kualitas teknis dan kebebasan yang diurus, dan tim kehilangan struktur pertahanan. Apa yang saya ingin satukan adalah dua esensi dan menjadi lebih kompetitif. Arsenal mengalami kemunduran. Kita harus menghentikannya dan mulai bergerak maju.

“Saya sudah bertemu dengannya (Wenger), dan hanya sebentar. Saya menghormati banyak hal tetapi tidak peduli berapa banyak informasi yang dia berikan kepada saya, saya harus mengubah berbagai hal. Saya mengatakan kepada para pemain ‘kita mulai di kilometer nol’. Bahkan sekarang, empat bulan kemudian, saya masih mengatakannya, ‘kita masih berada di awal!’”

Akan tetapi, keesokan harinya dia mengungkapkan bahwa target Arsenal musim ini adalah empat besar—sebuah pencapaian yang selalu ditargetkan Arsenal saat masih ditangani Wenger.

“Ide pertama kami adalah mendapatkan posisi di Eropa dan bermain di Liga Champions. Kami ingin [finish di posisi empat] tetapi itu tidak mudah. Kami akan bekerja di setiap latihan dan setiap pertandingan menjadi lebih dekat ke empat besar,” ujar Emery pada jumpa pers, Jumat (23/11) seperti dilansir The Guardian.

“Dua tahun kami kalah bermain di Liga Champions, tetapi sekarang Liga Primer berada pada level yang besar dengan tim-tim besar dan permintaan besar bagi kami.”

Arsenal kini duduk di posisi lima klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan perolehan 24 poin dari 12 laga; hasil dari 7 kemenangan, 2 kekalahan, dan 3 hasil imbang. Arsenal terpaut jarak dua poin dengan Tottenham Hotspur yang berdiri di atasnya dan terpaut delapan poin dengan sang pemuncak, Manchester City. The Gunners akan bertandang ke Vitality Stadium untuk menghadapi Bournemouth pada pekan ke-13 Liga Primer Inggris, Minggu (25/11).

“Minggu [laga menghadapi Bournemouth] bagi kami adalah ujian besar. Tes tingkat tinggi untuk bagaimana kami dapat melanjutkan kemajuan kami, dan sangat penting untuk menunjukkan mentalitas pendukung kami,” tutup Emery.

[mag/pik]

Komentar