Apa Artinya Semifinal UEFA Nations League?

Berita

by redaksi

Apa Artinya Semifinal UEFA Nations League?

Inggris, Portugal, Belanda, dan Swiss melaju ke babak semifinal UEFA Nations League setelah memastikan diri menjadi juara grup masing-masing di Liga A. Inggris menduduki peringkat teratas berkat kemenangan 2-1 atas Kroasia di Stadion Wembley, London, Minggu (18/11) dini hari WIB; di saat yang bersamaan, Portugal lolos berkat hasil imbang tanpa gol dengan Italia di San Siro, Milan. Swiss, sementara itu, lolos berkat comeback fantastis (5-2) melawan Belgia di Swissporarena, Luzerm, Senin (19/11) dini hari WIB. Belanda sendiri lolos setelah menahan imbang tuan rumah, Jerman, di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Selasa (20/11) dini hari WIB.

UEFA akan menggelar undian untuk menentukan siapa bertemu siapa di semifinal pada pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Shelbourne Hotel, Dublin, Senin (3/12) malam WIB.

Sementara itu, Portugal sudah ditunjuk sebagai tuan rumah babak semifinal, final, dan perebutan juara ketiga. Laga semifinal pertama yang menampilkan Portugal akan digelar di Estadio Do Dragao, Rabu (5/6/2019). Sedangkan laga semifinal kedua akan digelar di Estadio Alfonso Henriques, Guimaraes, Kamis (6/6/2019). Adapun laga perebutan juara ketiga akan digelar di Estadio Alfonso Henriques, Minggu (9/6/2019). Laga final akan digelar di Estadio Do Dragao di hari yang sama.

Juara dari kompetisi yang menggantikan laga uji coba internasional antar negara-negara Eropa tersebut berhak menerima trofi berwarna perak setinggi 71 cm dan hadiah berupa uang senilai 7,5 juta euro. Sedangkan tim runner-up akan menerima uang senilai 6,5 juta euro; juara ketiga senilai 5,5 juta euro; dan juara keempat senilai 4,5 juta euro. Kemudian, para negara yang lolos ke final berhak tampil di Euro 2020.

Kesempatan Untuk Tampil di Euro 2020

Para juara grup Liga B terdiri atas Ukraina (Grup B1), Rusia atau Swedia (Grup B2), Bosnia dan Herzegovina (Grup B3), dan Denmark (Grup B4). Sedangkan juara grup Liga C terdiri atas Israel atau Skotlandia (Grup C1), Finlandia (Grup C2), Norwegia (Grup C3), dan Serbia atau Rumania (Grup C4). Sementara juara grup Liga D terdiri atas Georgia (Grup D1), Belarusia (Grup D2), Kosovo atau Azerbaijan (Grup D3), dan Makedonia (Grup D4).

Para juara grup dari masing-masing Liga A, B, C dan D akan memainkan laga play-off untuk menentukan siapa yang otomatis mendapat tiket Euro 2020. Namun, laga play-off tersebut terpisah dari UEFA Nations League. Sistem dari laga play-off tersebut sama dengan babak empat besar UEFA Nations League. Jika masing-masing juara grup tersebut sudah dipastikan lolos ke Euro 2020 melalui babak kualifikasi secara normal, laga play-off tersebut akan digantikan oleh tim-tim terbaik lain yang belum lolos ke Euro 2020.

Jika dalam laga play-off di tiap liga kurang dari empat tim, maka sisa tim bisa diambil dari liga di bawahnya. Misalnya, laga play-off di Liga A hanya terdiri dari tiga tim yang belum lolos ke Euro 2020, maka tim keempat diambil dari tim peringkat kelima terbaik yang belum lolos dari Liga B. Begitu seterusnya hingga laga play-off di tiap divisi liga terdiri dari empat tim yang belum lolos ke Euro 2020 dari jalur kualifikasi. Sementara itu, UEFA belum mengkonfirmasi kapan laga play-off tersebut akan digelar.

Format Euro 2020 sendiri berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Euro 2020 akan dimainkan oleh 20 tim dan digelar di 13 kota dari 13 negara yang berbeda dari penjuru Eropa.

[mag/pik]

Komentar