Jerman Dipastikan Degradasi ke UEFA Nations League B

Berita

by redaksi

Jerman Dipastikan Degradasi ke UEFA Nations League B

Derita Tim Nasional Jerman ternyata belum berakhir. Usai langsung tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018, empat bulan kemudian, kesebelasan berjuluk Die Mannschaft tersebut dipastikan terdegradasi ke UEFA Nations League (UNL) B. Kemenangan Belanda atas Perancis pada laga yang digelar Jumat (16/11) sebagai lanjutan UNL A 2018/19 jadi sebab.

Jerman saat ini berada di posisi ketiga Grup 1 UNL A. Dari tiga kali bermain, hanya satu poin yang mampu diraih skuat asuhan Joachim Loew tersebut. Satu poin tersebut didapat saat Jerman bermain imbang tanpa gol menghadapi Perancis pada September silam.

Kekalahan dari Belanda dengan skor 0-3 pada Oktober lalu membuat Jerman berada di ujung tanduk. Mimpi buruk datang ketika Belanda secara mengejutkan mampu menumbangkan Perancis dengan skor 2-0 malam tadi. Setelah menumbangkan juara Piala Dunia 2014 (Jerman), giliran juara Piala Dunia 2018 (Perancis) yang dikalahkan Belanda—yang tak lolos di dua turnamen besar terakhir (Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018).

Kemenangan Belanda atas Perancis membuat skuat asuhan Ronald Koeman tersebut mengoleksi enam poin dari tiga laga dan hanya terpaut satu poin dari Perancis yang memimpin klasemen. Oleh karenanya Jerman yang baru mengoleksi satu poin dipastikan tidak akan beranjak di posisi juru kunci apapun hasil dari laga terakhir menghadapi Belanda di Veltins-Arena, 19 November mendatang.

Degradasinya Jerman menyusul Islandia dan Polandia yang lebih dulu memastikan turun kelas ke UNL B. Satu kesebelasan yang akan menyusul ketiga kesebelasan ini ada di antara Inggris dan Kroasia. Di Grup 4, Inggris dan Kroasia sama-sama mengoleksi empat poin hasil dari tiga kali bertanding. Nasib keduanya akan ditentukan di Wembley Stadium pada Sabtu (18/11) di mana keduanya akan saling berhadapan.

Sejauh ini, belum ada satupun kesebelasan yang memastikan diri lolos ke babak semifinal. Perancis, Belgia, Portugal, dan Spanyol yang kini memuncaki klasemen Grup 1, 2, 3 dan 4 masih bisa disalip oleh negara lain. Belanda, Swiss, Italia, Inggris, dan Kroasia adalah lima negara yang bisa mengubah posisi akhir klasemen masing-masing grup.

Untuk babak semi-final dan final akan digelar Juni 2019 mendatang. Pengundian babak semi-final akan dilaksanakan pada 3 Desember mendatang.

Dari UNL B sendiri sudah ada tiga kesebelasan yang dipastikan akan promosi ke UNL A musim depan. Mereka adalah Ukraina, Bosnia Herzegovina dan Denmark. Satu tiket lain diperebutkan oleh Rusia dan Turki.

foto: Getty Images

(ar)

Komentar