Messi Masih Belum Ingin Membela Timnas Argentina

Berita

by redaksi

Messi Masih Belum Ingin Membela Timnas Argentina

Kegagalan Argentina juara pada Piala Dunia 2018 ternyata tak bisa dilupakan begitu saja oleh sang kapten, Lionel Messi. Dampaknya, meski turnamen tersebut sudah empat bulan berlalu, dirinya masih enggan kembali berseragam Timnas Argentina. Ya, setelah pada Oktober silam menolak panggilan Argentina, Messi kembali menolak panggilan Timnas untuk laga melawan Meksiko, pada 16 dan 20 November 2018.

Menurut Presiden Federasi Sepakbola Argentina (AFA), Claudio Tapia, Messi memang masih merasakan kekecewaan mendalam atas kegagalan di Piala Dunia 2018. Walau begitu, dirinya percaya bahwa Messi cepat atau lambat akan kembali ke Timnas Argentina.

"Kami punya pemain terbaik di dunia, yang bisa membuat tim Anda punya kemungkinan bermain lebih baik. Tapi sekarang saatnya untuk memberikannya waktu untuk menelan kekecewaannya atas apa yang terjadi di Piala Dunia," kata Tapia pada konferensi pers jelang laga melawan Meksiko.

"Saya yakin dia akan kembali melanjutkan karier di Timnas. Saya belum berbicara dengannya karena sekarang bukan waktu yang tepat. Tapi saya tahu perasaannya dalam mengenakan jersey ini," sambungnya.

Argentina sendiri saat ini dilatih oleh Lionel Scaloni yang menggantikan Jorge Sampaoli. Pada Oktober lalu, Scaloni mengatakan bahwa dirinya sudah bertemu dan berbicara langsung kepada Messi terkait kemungkinannya kembali ke Timnas Argentina. Tapi eks pemain Lazio itu pun masih belum tahu makna di balik penolakan Messi terhadap pemanggilan Timnas.

"Saya sudah bicara dengan Messi, atas pembicaraan itu dia pun tidak masuk skuat untuk dua laga nanti [melawan Guatemala dan Kolombia]," kata Scaloni seperti dikutip FourFourTwo. "Jujur, kami tidak bicara soal apa yang bisa terjadi kemudian. Kita semua tahu apa artinya dia untuk kami. Hubungan kami baik dan kami saling terbuka. Dia tidak ada di skuat ini dan kita lihat saja ke depannya. Kami masih punya banyak laga dan kita akan lihat."

Kini sudah empat pertandingan Scaloni memimpin Argentina. Tanpa Messi, Argentina menang dua kali, imbang sekali, dan kalah satu kali. Tak sedikit yang memuji pemilihan pemain yang diambil Scaloni. Kiper utama Argentina, Sergio Romero, memuji keputusan Scaloni yang kali ini tidak membawa satu pun pemain River Plate dan Boca Juniors, kedua kesebelasan yang sedang "berseteru" di ajang Copa Libertadores.

"Dia [Scaloni] melakukan perubahan penting seperti Alejandro Sabella. Saya percaya bahwa ketika sebuah tim memainkan laga yang penting, akan adil buat para pemainnya tetap bersama tim tersebut dan tetap melakukan yang terbaik. Ketika kamu datang ke Timnas Argentina, kamu harus melakukan semua hal dengan 100%. Jika kamu tidak bisa melakukannya lebih baik kamu tak perlu datang," kata Romero seperti dikutip Mundo Albiceleste.

"Tidak bagus ketika pikiran Anda sedang ada di tempat lain, itu bisa menyakiti semuanya. Itu menyakiti Timnas Argentina, klub, dan pemain itu sendiri. Karena itulah saya lebih senang jika mereka (pemain River dan Boca) tidak datang karena mereka sedang menjadi bagian penting di kompetisi lain," sambung Romero.

Dua pertandingan melawan Meksiko akan menjadi dua laga internasional Argentina terakhir di tahun 2018. Setelah itu, Argentina baru akan menjalani laga internasional berikutnya dengan menghadapi Brasil pada Maret 2019. Ini artinya, Messi tidak membela Timnas Argentina setidaknya selama tujuh bulan lamanya. Itupun jika Messi ternyata membela Argentina pada Maret mendatang.

[ar/pik]

Komentar