Hasil, Jadwal Pertandingan, dan Klasemen Indonesia di Piala AFF 2018

AFF

by redaksi

Hasil, Jadwal Pertandingan, dan Klasemen Indonesia di Piala AFF 2018

Filipina menjalani laga pertamanya di Piala AFF 2018 saat berhadapan dengan Singapura Selasa (13/11) di depan pendukungnya sendiri di Stadion Panaad. Filipina tidak main-main di laga pertama ini, mereka memainkan dua pemain andalannya, Phil Younghusband dan Neil Etheridge.

Filipina lebih menguasai jalannya pertandingan dengan menguasai 61 persen penguasaan bola. Filipina juga berhasil melepaskan sembilan tendangan ke gawang tetapi hanya tiga yang tepat sasaran. Berbeda dengan Singapura yang sama sekali tidak mencatatkan tembakan tepat sasaran dari lima percobannya.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, mereka langsung mengambil inisiatif serangan di menit awal pertandingan. Pada menit ke-4, Filipina mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui tendangan bebas Younghusband. Namun tendangannya masih dapat diblok oleh pagar betis Singapura.

Enam menit kemudian penyerang Filipina, Mike Ott, melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya. Sayangnya tendangan tersebut meleset dari gawang Hassan Sunny.

Anak asuhan Fandy Ahmad bukan tanpa perlawanan pada pertandingan tersebut. Pelanggaran yang dilakukan oleh Carlos Alberto Olaivar Martínez de Murga di menit ke-17 memberikan kesempatan untuk Singapura mencetak gol. Usaha Ikhsan Fandy saat melakukan tendangan bebas langsung dari luar kotak penalti masih belum bisa memberikan keunggulan untuk Singapura.

Menit ke-33, Safuwan Baharudin dengan tandukannya berhasil mengirim umpan kepada Irfan Fandi. Namun tembakannya terlalu tinggi

Singapura cenderung bermain keras pada pertandingan malam ini. Luke Wooland harus ditarik keluar dan digantikan oleh Daisuke Sato pada menit ke-34 akibat cedera setelah menerima tekel keras pemain Singapura.

Pada menit pertama tambahan waktu, Zulgarnaen mencoba memberikan umpan ke jantung pertahanan Filipina, tetapi Irfan Fandy yang membantu penyerangan terjebak skema perangkap offside. Sampai pluit panjang babak pertama dibunyikan kedudukan masih sama kuat untuk kedua tim.

Di awal babak kedua, Sven-Goran Eriksson memasukkan James Younghusband menggantikan Mike Ott untuk lebih menghidupkan kreativitas lini tengah Filipina. Terbukti lima menit kemudian, Manuel Ott yang bekerja sama dengan James Younghusband berhasil melepaskan tendangan jarak jauh meski berhasil diantisipasi dengan baik oleh Sunny.

Shahril Ishak masuk menggantikan Faris Rahmli yang cedera akibat menerima tekel keras dari Daisuke Sato. Tiga menit setelah masuk, Giliran Shahril Ishak yang harus dirawat oleh tim medis karena sedikit mengalami cedera. Tetapi Ishak tetap bisa melanjutkan pertandingan.

Di menit ke-76 Yasir Hanapi berhasil mengirimkan umpan silang ke daerah kotak penalti Filipina, sayangnya sundulan Ikhsan Fandi masih terlalu tinggi dari gawang Etheridge.

Filipina merespons serangan Singapura dengan gol yang dicetak oleh Patrick Reichelt dua menit berselang. Reichelt berhasil mengelabui beberapa pemain bertahan Singapura di daerah kotak penalti mereka setelah menerima operan Phil Younghusband. Dengan mudah pemain bernomor punggung 29 tersebut menceploskan bola ke gawang Singapura.

Sebenarnya Singapura mendapatkan peluang penyama kedudukan di menit kelima tambahan waktu. Gabriel Quak berhasil mengirimkan umpan silang menyusul sepak pojok yang mereka dapat. Sayangnya sundulan Shakir Hamzah masih meleset ke sisi kanan gawang Filipina. Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan pertama pelatih anyar mereka, Sven-Goran Eriksson di regional Asia Tenggara.

“Saya memiliki pengalaman di Asia, Australia, Korea, Jepang, dan Tiongkok, tetapi tidak di bagian Asia ini. Namun sepakbola kurang lebih sama di seluruh dunia. Jika bisa melakukannya di Eropa, Anda juga bisa melakukannya di Asia,” ujarnya dilansir dari Phillstar.

Phil Younghusband yang menjadi kapten dan memberikan asis pada pertandingan tersebut berhasil mencatatkan penampilan ke-100-nya bersama The Azkals. Younghusband memainkan debutnya bersama Filipina pada Piala AFF 2006 saat berhadapan dengan Laos.

“Saya pikir tidak ada pertandingan lain yang cocok untuk menandai penampilan ke-100 saya dibandingkan pertandingan melawan Singapura.”

“Turnamen ini sangat berarti karena ini adalah turnamen yang membawa Azkals menjadi perhatian orang-orang di Filipina. Ini luar biasa bagi saya,” ujar Younghusband dilansir melalui situs resmi AFF.

Rekapitulasi Pertandingan Kedua

Dengan hasil ini, Filipina berhasil memperoleh tiga poin pertamanya di ajang Piala AFF 2018 dan menempati posisi ketiga klasemen sementara, di bawah Thailand dan Indonesia yang sama-sama memiliki tiga poin; bedanya ada pada selisih dan jumlah gol, karena Singapura juga bahkan memiliki tiga poin di peringkat keempat.

Dari dua pertandingan Grup A pada Senin (12/11), Laos dan Kamboja menjadi kesebelasan yang sudah kalah dua kali. Laos dikalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 1-3, sementara Kamboja takluk 1-4 dari tuan rumah Myanmar.

Norshahrul Idlan Talaha berhasil mencetak dwigol untuk Malaysia, yang membuatnya berada pada peringkat kedua top skor sementara dengan tiga gol, di bawah Adisak Kraisorn (Thailand) yang mencetak setengah lusin gol ke gawang Timor-Leste.

Kekalahan Kamboja dan Laos membuat mereka berturut-turut berada pada peringkat keempat dan kelima. Sementara Malaysia memuncaki klasemen dengan poin sempurna (6), diikuti Myanmar dan Vietnam dengan tiga poin namun berbeda jumlah gol.

Jadwal Berikutnya

Pertandingan kedua dari Grup A dan Grup B akan dimainkan pada Jumat (16/11) dan Sabtu (17/11).

Grup A: Jumat, 16 November 2018
Laos vs Myanmar, 19.30 WIB
Vietnam vs Malaysia, 19.30 WIB

Grup B: Sabtu, 17 November 2018
Thailand vs Indonesia, 18.30 WIB
Timor-Leste vs Filipina, 19.00 WIB

Foto: affsuzukicup.com

[mag/dex]

Komentar