Indonesia Kalah dari Singapura di Laga Perdana

AFF

by redaksi

Indonesia Kalah dari Singapura di Laga Perdana

Indonesia dikalahkan Singapura 0-1 pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di National Stadium, Kallang, Singapura, Jumat (09/11). Singapura berhasil memenangkan laga berkat gol tunggal yang dicetak Hariss Harun pada menit ke-36.

Manajer Singapura, Fandi Ahmad, menerapkan formasi 4-4-2 dengan menempatkan Ikhsan Fandi sebagai ujung tombak dan Faris Ramli sebagai second striker. Di belakangnya, lini depan Singapura didukung oleh Gabriel Quak, Izzdin Shafiq, Hariss Harun, dan Yassir Hanapi. Sementara lini belakang Singapura diisi oleh Shakir Hamzah, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan Zulgarnaen Suzliman dengan Hassan Sunny sebagai kiper.

Lain Singapura, lain pula Indonesia. Manajer anyar Indonesia, Bima Sakti Tukiman, menerapkan formasi 4-2-3-1 dengan Alberto Goncalves sebagai striker tunggal. Di belakangnya, terdapat Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, dan Febri Haryadi, sedangkan Zulfiandi dan Evan Dimas berperan sebagai gelandang bertahan. Di lini belakang, Putu Gede, Hansamu Yama, Rizky Fajrin, dan Rizky Pora bermain sebagai bek dengan Andriytani Ardhyasa sebagai kiper.

Pada babak pertama, lini tengah Singapura bermain solid. Mereka tidak memberikan ruang sedikitpun untuk Indonesia. Hasilnya, lini tengah Indonesia kesulitan untuk mengalirkan bola ke depan. Sebaliknya, Singapura berhasil memanfaakan celah Indonesia untuk menciptakan peluang.

Pada menit ke-8, umpan manis Shakir Hamzah gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Ikhsan Fandi. Sepakan Ikhsan berhasil ditepis oleh penjaga gawang, Andriytani. Dua menit berselang, Singapura kembali membahayakan gawang Indonesia. Namun sundulan Ikhsan masih melebar di sisi kiri gawang Andriytani.

Pada menit ke-14, giliran Indonesia menciptakan peluang. Bek Singapura Safuwan Baharudin hampir melakukan gol bunuh diri. Umpan Stefano Lilipaly salah diantisipasi oleh Safuwan, bola pun membentur mistar.

Hansamu Yama sempat melakukan pelanggaran pada menit ke-33 dan berbuah tendangan bebas untuk Singapura. Namun sundulan Ikhsan lagi-lagi diamankan oleh Andriytani.

Usaha Singapura memecah kebuntuan tercipta tiga menit berselang melalui sepakan keras Hariss Harun. Gabriel Quak memberikan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Rizky Fajrin berhasil memenangkan duel udara dengan Ikhsan. Namun bola jatuh menuju kaki Hariss; ia pun melayangkan sepakan keras yang tidak bisa dibendung oleh Andriytani.

Pada menit ke-39, Singapura kembali berkesempatan untuk menggandakan keunggulan. Namun tendangan Farris Ramli masih bisa dihalau oleh Andriytani. Indonesia sebenarnya sempat mencetak gol melalui Beto, namun dianulir karena sebelumnya Irfan terjebak offside.

Skor 1-0 untuk tim tuan rumah bertahan hingga babak pertama usai.

Tidak Ada Perubahan Skema di Babak Kedua

Pada babak kedua, Indonesia langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Riko Simanjuntak menggantikan Irfan Jaya. Akan tetapi Indonesia masih kesulitan untuk menembus lini belakang Singapura yang disiplin.

Pemain Indonesia pun berinisiatif dengan melakukan tendangan dari jarak jauh. Sedangkan Singapura tidak banyak membuat peluang yang cukup membahayakan gawang Indonesia.

Pada menit ke-61, Evan Dimas mengalirkan bola kepada Febri Haryadi melalui tendangan bebas. Febri mengumpan bola namun Hassan Sunny dengan sigap menangkap bola tersebut.

Febri sempat melakukan tendangan jarak jauh di menit ke-67, namun bola masih melebar di sisi kanan gawang Singapura. Tiga menit berselang, giliran Zulfiandi yang melakukan tendangan jarak jauh, namun bola masih melayang di atas mistar gawang Singapura.

Indonesia terlihat kesulitan menembus lini pertahanan Singapura sehingga kembali melakukan tendangan jarak jauh pada menit ke-72 melalui Rizky Pora. Tendangannya berhasil diamankan kiper Hassan Sunny.

Insiden kembali terjadi. Riko Simanjuntak dijatuhkan di kotak penalti pada menit ke-75, namun wasit tidak bergeming. Semenit berselang, Evan Dimas mencoba melakukan tendangan jarak jauh lagi, namun bola masih juga belum menemui sasaran.

Ketika sedang kesulitan mengejar ketertinggalan, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain karena Putu Gede menerima kartu kuning kedua menjelang akhir laga. Akhirnya skor 1-0 untuk kemenangan Singapura pun tidak berubah.

Dengan hasil ini, Singapura berhasil memperoleh 3 poin perdana dan menempati posisi kedua klasemen sementara Piala AFF 2018 karena di laga lainnya, Thailand membantai Timor Leste 7-0. Sementara Indonesia terpaut di posisi 4 diikuti dengan Timor Leste. Sedangkan Filipina yang belum memainkan laga duduk di posisi 3.

Rekap Pertandingan Pertama

Dengan hasil ini, Singapura berhasil memperoleh 3 poin perdana dan menempati posisi kedua klasemen sementara Piala AFF 2018 karena di laga lainnya, Thailand membantai Timor-Leste 7-0. Sementara Indonesia terpaut di posisi keempat diikuti dengan Timor-Leste. Salah satu tim yang belum bermain, Filipina, duduk di posisi ketiga.

Di grup lainnya, Malaysia berhasil mencuri 3 poin dari kandang Kamboja dengan skor tipis 1-0. Malaysia berhasil menang melalui gol tunggal Norshahrul Idlan pada menit ke-30, Kamis (08/11).

Di saat yang bersamaan, Vietnam juga berhasil mencukur tuan rumah Laos 3-0 berkat gol Nguyen Chong Phuong pada menit ke-11, Nguyen Ahn Duc pada menit ke-47, dan Nguyen Quang Hai pada menit ke-68.

Kemenangan itu membuat Vietnam menempati posisi puncak klasemen Grup A, diikuti dengan Malaysia di posisi kedua. Sementara Myanmar yang belum memainkan laga menempati posisi ketiga diikuti Kamboja dan Laos yang sama-sama menerima kekalahan di kandang.

Jadwal Berikutnya

Pertandingan kedua dari Grup A dan grup B akan dimainkan pada Senin (12/11) dan Selasa (13/11).

Grup A: Senin, 12 November 2018
Myanmar vs Kamboja, 18.30 WIB
Malaysia vs Laos, 19.45 WIB

Grup B: Selasa, 13 November 2018
Indonesia vs Timor-Leste, 19.00 WIB
Filipina vs Singapura, 19.00 WIB

Foto: @affsuzukicup

[mag/dex]

Komentar