Madrid dan Adidas Pecahkan Rekor Baru

Berita

by redaksi

Madrid dan Adidas Pecahkan Rekor Baru

Real Madrid dikabarkan menyetujui perpanjangan telah menyetujui perpanjangan kontrak dengan Adidas. Menurut Marca, nilai kontrak baru tersebut mencapai 1,1 milyar Euro dengan jangka waktu 10 tahun—memecahkan rekor kesepakatan apparel termahal dalam sejarah sepakbola. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Manchester United dengan Adidas, senilai 750 juta euro. Sebelumnya, Nike dan Under Armour telah bernegosiasi dengan Madrid, namun pada akhirnya Adidas-lah yang memenangi negosiasi tersebut.

Dengan kesepakatan tersebut, Madrid akan mendapat kucuran dana senilai 110 juta euro per tahun. Menurut, Marca, pendapatan tersebut bisa bertambah mencapai 150 juta euro seiring penjualan merchandise, karena Madrid menerima komisi sebanyak 22,5 persen dari penjualan merchandise. Jumlah tersebut bahkan melebihi nilai sponsor utama klub tersebut yaitu Fly Emirates. Fly Emirates membayar 70 juta euro per tahun, yang mana merupakan nilai sponsor tertinggi di dunia sepakbola, melebihi Rakuten dengan Barcelona dan Chevrolet dengan United.

Masih menurut Marca, kekayaan Madrid juga meningkat dibanding musim-musim sebelumnya. Keuntungan komersial Madrid meningkat 16 persen dari musim sebelumnya. Itu artinya, Madrid akan menerima keuntungan sebesar 297 juta euro dan dapat bertambah menjadi 305,24 juta euro. Keuntungan dari sponsor menyumbang 18 persen dari total seluruh pendapatan Los Galacticos.

Nilai kontrak Adidas dengan Madrid juga memiliki nilai yang sama dengan jumlah uang yang dibayar Nike untuk menjadi sponsor utama NBA dan sponsor apparel dengan seluruh klub basket di negeri Paman Sam tersebut. Nike membayar 125 juta dolar AS atau 110 juta euro kepada seluruh klub NBA, jumlah yang sama seperti yang Adidas bayar untuk Madrid. Nilai kontrak Nike dan 21 tim NBA sendiri mencapai 1 milyar dolar AS dalam jangka waktu 8 tahun.

Adidas sudah menjalin kerja sama dengan Madrid sejak tahun 1981. Meskipun Madrid sempat berpaling ke Hummel (1985-1994) dan Kelme (1994-1998), Adidas tetap setia dengan Madrid hingga sekarang.

[mag/pik]

Komentar