Perlukah Manchester City Datangkan Lionel Messi?

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Perlukah Manchester City Datangkan Lionel Messi?

Oleh: Cholid Faisal Y*

Manchester City saat ini berada di papan atas klasemen Liga Primer Inggris. The Citizen bersaing ketat dengan Liverpool dan Chelsea, yang juga belum kalah dalam 12 pertandingan pertama Liga Primer musim ini.

Sergio Aguero musim ini sudah mencetak 8 gol di Liga Primer. Dia menjadi aktor yang cukup diperhitungkan. Walau usianya sudah tidak muda lagi, Aguero masih bisa bersaing dengan Gabriel Jesus. Aguero membuktikan dirinya masih layak disebut predator di lini depan City.

Josep "Pep" Guardiola menjadi pelatih yang memberi peran penting bagi Manchester City dalam dua tahun terakhir, dengan mampu menorehkan prestasi yang luar biasa. Berbicara tentang Guardiola tentu akan mengingat pemain dari klub asal yang membesarkan nama Guardiola yaitu Barcelona. Barcelona di era juru taktik Guardiola menjadi raja sepakbola dunia dengan meraih gelar La Liga, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Setelah berhenti dari Barcelona, Guardiola melatih Bayern Munchen selama tiga tahun (2013 hingga 2016). Ketika menangani City, netizen ramai membicarakan apakah Guardiola punya kemauan untuk menggaet punggawa kesayangannya asal Argentina, Lionel Messi. Manchester City dikabarkan ingin menggaet Lionel Messi untuk menambah ketajaman di lini depan.

Namun, Pep tak pernah meminta City untuk melakukan itu. “Ketika meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Bayern Munchen, lalu Manchester City, saya tidak pernah meminta klub untuk mendatangkan Messi,” ujar Pep.

Beredar kabar kalau Manchester City sempat mendatangi ayah Messi untuk melakukan negosiasi. Namun pertemuan itu tidak ada hasilnya karena Messi masih betah di Barcelona.

Saat ini Manchester City mempunyai komposisi yang lengkap di setiap lini. Apalagi di lini depan ada deretan nama pemain bintang yang selalu menunjukkan kualitasnya. Sebut saja Aguero, Gabriel Jesus, Raheem Sterling, Riyad Mahrez, hingga pemain senior, David Silva, yang kerap menjadi pemecah kebuntuan.

Manchester City sendiri dikabarkan sudah siap untuk mendatangkan Messi dengan menebus klausul pelepasan Messi senilai 250 juta euro. Bahkan, seperti dirilis El Mundo, Manchester City juga disebut juga siap membayar gaji bersih Lionel Messi sebesar 250 juta euro selama lima tahun.

Saat ini, pemain berusia 31 tahun itu memiliki gaji tahunan sebesar 35 juta euro di Barcelona. Dengan jumlah gaji sebanyak itu, Messi sudah membuat rekor tersendiri. Dirinya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia. Lionel Messi sendiri pada November lalu sudah menulis kontrak jangka panjang baru di Camp Nou. Klausul pelepasan bintang asal Argentina itu nilainya mencapai 700 juta euro atau nyaris 12 triliun rupiah.

Kabarnya Manchester City belum juga menyerah dengan meminta bantuan mantan Wakil Presiden Barcelona, Ferran Soriano. Dia disebut telah mengadakan pembicaraan dengan ayah dan agen Messi untuk melengkapi kesepakatan.

Mendatangkan Messi dari Barcelona menjadi sebuah hal yang perlu diperhitungkan lagi bagi Manchester City. Soalnya gelontoran dana besar bukan tidak mungkin memengaruhi ruang ganti. Kalaupun kehadiran Messi bisa terwujud, pada pemain akan sulit bersaing di lini depan meskipun terkadang bisa menjadi motivasi tersendiri bagi Aguero cs., untuk menjadi pemain utama dalam setiap pertandingan.

Dana melimpah yang saat ini ada di Manchester City lebih baik jika dimanfaatkan untuk memperbarui kontrak bagi para pemain City yang kerap digoda kesebelasan lain. Soalnya, permainan Manchester City saat ini sangat fantastis dalam setiap pertandingan selalu menang dalam penguasaan bola. Hanya butuh waktu untuk menjawab sebagai bukti bahwa Manchester City akan merajai Inggris, Eropa, bahkan dunia.

Talenta muda juga mulai dimunculkan untuk mengisi sebagai pemain pengganti dalam setiap pertandingan seperti Phil Foden dan Brahim Diaz contohnya. Mereka merupakan jebolan dari akademi muda Manchester City.

Lantas, masih perlukah mendatangkan Messi? Dari analisis di atas, jawabannya tentu sudah bisa terjawab. Selain faktor yang telah disebutkan, masalah usia juga bisa saja memengaruhi produktivitas Messi. Pasalnya, masih banyak talenta-talenta muda yang perlu dilirik oleh manajemen Manchester City, seperti Kylian Mbappe yang baru saja mengantarkan Perancis juara di Piala Dunia 2018, di Rusia.

Meskipun demikian, para penggemar Manchester City kini hanya bisa menunggu mengingat City begitu bersikeras untuk mendatangkan Messi.


*Penulis bisa dihubungi di akun Twitter @kholidfaisal1

**Tulisan ini merupakan hasil kiriman penulis melalui kolom Pandit Sharing. Segala isi dan opini yang ada dalam tulisan ini merupakan tanggung jawab penulis.

Komentar