Rooney Kembali ke Timnas Inggris

Berita

by redaksi

Rooney Kembali ke Timnas Inggris

Wayne Rooney sudah menyatakan pensiun dari Tim Nasional Inggris tahun lalu. Saat itu dirinya menolak memenuhi panggilan tim nasional untuk melawan Malta dan Slowakia di laga kualifikasi Piala Dunia. Namun kini Rooney berpeluang kembali membela panji Tiga Singa dalam laga persahabatan yang akan sekaligus menjadi pertandingan perpisahannya.

Bulan ini Tim Nasional Inggris dijadwalkan menjalani dua pertandingan: melawan Amerika Serikat dan Kroasia (di ajang UEFA Nations League). Rencananya, Rooney akan tampil dalam laga uji coba melawan AS yang akan digelar di Wembley, Kamis (15/11).

Laga tersebut akan menjadi laga perpisahan Rooney bersama timnas Inggris. Bukan hanya itu, Gareth Southgate selaku pelatih timnas Inggris mengikutsertakan Rooney sebagai bentuk dukungannya untuk yayasan amal yang Rooney miliki, yaitu Wayne Rooney Foundation. Yayasan yang dimiliki Rooney sedang berusaha mengumpulkan dana sebesar 500 ribu euro yang nantinya akan disumbangkan ke berbagai yayasan amal termasuk National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC).

"Hasil dana dari laga Inggris menghadapi Amerika Serikat akan disumbangkan kepada Wayne Rooney Foundation International, sebagai bentuk dukungan kepada setiap kegiatan amal yang akan dilakukan oleh Rooney," ujar FA dalam pernyataan resmi mereka.

Atas pertandingan tersebut pun Rooney berpeluang mencatatkan 120 penampilannya bersama Inggris. Selama membela timnas Inggris, Rooney sudah mencatatkan 119 penampilan dan berhasil mencetak 53 gol. Torehan penampilan dan golnya pun melebihi apa yang diraih oleh Bobby Charlton. Legenda Manchester United dan Timnas Inggris tersebut berhasil mencatatkan 49 gol dari 106 pertandingan. Selain itu juga catatan yang dimiliki Rooney hanya terpaut enam laga di belakang legenda Inggris Peter Shilton yang mencatatkan 125 pertandingan.

Gareth Southgate mengatakan bahwa drinya memperhatikan hubungan yang dijalin antar asosiasi dan para pemainnya. Southgate juga berharap Rooney akan memberikan dampak yang positif bagi para pemain muda seperti James Maddison dan Jadon Sancho yang sudah disertakan ke dalam skuat beberapa bulan lalu.

"Hubungan antara FA dan mantan pemain Inggris adalah sesuatu yang selalu sangat penting bagi saya," kata Southgate dilansir melalui The Guardian.

Sebagai perbandingan, Asosiasi sepakbola Jerman memberikan laga perpisahan yang meriah kepada Lukas Podolski, yang pada Maret 2017 memutuskan pensiun dari Timnas Jerman tepat di penampilan ke 130-nya. Podolski diberikan kesempatan untuk melakukan pidato perpisahan sebelum pertandingan dimulai. Pada pertandingan tersebut mata Podolski terlihat berkaca-kaca saat menyanyikan lagu kebangsaan.

Pada September 2018, Timnas Belanda memberikan penghormatan kepada Wesley Sneidjer saat dia tampil di laga terakhir, pertandingan uji coba melawan Peru. Atas dasar tersebut, FA dan Southgate akhirnya menyetujui untuk menggelar laga perpisahan bagi Rooney.

“Penghargaan untuk Wayne ini adalah kesempatan yang unik dan cocok bagi pencetak rekor,” ujar Southgate. “Kami beruntung bahwa keadaan memungkinkan untuk secara resmi mengakui kontribusi besar yang dilakukan Wayne kepada Timnas Inggris di depan kerumunan Wembley dan mendapatkan lawan yang tepat. Mengingat dampak yang baru-baru ini dia lakukan di MLS,” Tutup Southgate.

[mag/pik]

Komentar