United dan Juve Saling Waspada

Berita

by redaksi

United dan Juve Saling Waspada

Manchester United sedang mengalami masa sulit. Mereka hanya memperoleh satu kemenangan dalam enam laga terakhirnya di semua ajang. Sisanya berakhir dengan satu kekalahan dan empat hasil imbang (satu di antaranya berlanjut ke adu penalti, dan United kalah). Di tengah buruknya performa, United menghadapi ujian berat dalam wujud kunjungan Juventus.

Si Nyonya Tua belum terkalahkan dalam sebelas pertandingan di semua ajang. Lebih lagi, Juventus kini diperkuat salah satu pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo, yang tak lain adalah bekas pemain United. Laga yang digelar di Old Trafford pada Rabu (24/10) dini hari WIB tersebut diprediksi berjalan ketat.

Dalam rekor pertemuan keseluruhan, Juventus dan United sudah 12 kali saling berhadapan. Juventus dan United sama-sama menang dalam lima kesempatan. Khusus di Liga Champions, statistiknya adalah delapan pertandingan dengan empat di antaranya dimenangi United, dan tiga lainnya oleh Juventus.

Dari statistik di atas bisa disimpulkan bahwa menurut rekor pertemuan, United hanya unggul tipis dari Juventus. Terakhir kali United menghadapi Juventus pada fase grup Liga Champions musim 2003/04. Kala itu, dua gol Ryan Giggs dan satu gol dari Ruud van Nistelrooy berhasil membawa United lolos ke fase gugur.

Laga dini hari nanti akan menjadi ajang reuni bagi Cristiano Ronaldo. Dalam enam tahun kariernya di United, Ronaldo mempersembahkan tiga trofi Liga Primer Inggris, satu Piala FA, satu Piala Liga, satu Liga Champions Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub. Dari 292 laga di semua ajang, Ronaldo mencetak 118 gol dan 68 asis. Ronaldo juga meraih Ballon d`Or 2007/08 saat masih berseragam United.

Terakhir kali Ronaldo berkunjung ke Old Trafford pada pertandingan 16 besar Liga Champions 2012/13. Pada laga itu, gol Ronaldo turut membawa United tersingkir dan Real Madrid lolos ke perempat final.

Kepala pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, berharap timnya menampilkan performa terbaik. Menurutnya, Juventus akan menjejakkan satu kaki di 16 besar jika menang melawan United.

“Ini adalah periode penting buat kami”, ujar Allegri dalam jumpa pers, sebagaimana dikutip Goal, Senin (22/10). “Kami tidak mengawali pekan ini dengan baik karena bermain imbang dengan Genoa akhir pekan kemarin, namun jika kami memenangi laga nanti, kami pastinya akan punya satu kaki di babak selanjutnya."

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa United memiliki pemain yang cepat, berteknik, dan unggul dalam segi fisik. “Mereka juga punya manajer berpengalaman, seorang ahli yakni [Jose] Mourinho dan besok kami harus bermain sempurna di semua aspek”, tandasnya.

Di pihak lawan, Jose Mourinho juga melontarkan komentarnya mengenai Juve saat ini, “Mereka sekarang memiliki pemain spesial yang membuat perbedaan”, ujar Mou pada jumpa pers, seperti dilansir Mirror, Senin (22/10). “Mereka lebih dari sekedar pesaing gelar Liga Champions menurut saya. Mereka memiliki [Leonardo] Bonucci, [Joao] Cancelo, [Emre] Can, dan ada tambahan penting lainnya, Juventus memiliki banyak hal yang ditawarkan dan pengalaman tambahan dengan pelatih dan struktur yang sama."

Juan Mata sebagai gelandang andalan United juga berharap timnya mampu memberikan yang terbaik. “Seperti yang kalian katakan, besok kami memiliki laga besar lainnya, ada banyak ekspektasi menjelang pertemuan kami dengan Juventus, dan kami harap bisa menyamai itu dengan performa bagus", ujar Mata melalui blog pribadinya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan ketidaksabarannya dalam merasakan malam yang magis di Theatre Of Dreams. “Mereka adalah lawan yang masif dan mudah-mudahan ini bisa menjadi pengalaman hebat lainnya untuk merasakan malam magis di Old Trafford."

Laga malam nanti akan menjadi laga yang krusial bagi Mourinho. Pasalnya, dia tengah berusaha mengangkat performa timnya. Begitupun dengan kubu Si Nyonya Tua yang ingin lebih dulu memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Laga diprediksi akan berlangsung seru.

[mag/pik]

Komentar