Bagaimana Barca Tanpa Messi?

Berita

by redaksi

Bagaimana Barca Tanpa Messi?

Barcelona akan menjamu Inter Milan pada matchday tiga fase grup Liga Champions 2018/19, Kamis (25/10) dini hari WIB. Tuan rumah tengah dalam rangkaian yang kurang baik. Dalam 6 laga terakhir, Barca hanya dua kali menang; empat laga lainnya berakhir dengan tiga hasil imbang dan satu kekalahan.

Walau demikian, Barcelona berhasil memperbaiki performa mereka menyusul kemenangan 4-2 atas Sevilla, Minggu (21/10). Dengan hasil itu Blaugrana menempati puncak klasemen sementara La Liga. Inter sendiri sedang dalam tren positif menyusul tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi, termasuk kemenangan 1-0 pada derby Della Madonnina, Senin (22/10).

Kabar buruk untuk Barcelona adalah: Lionel Messi akan absen dalam pertandingan melawan Inter. La Pulga dipastikan absen tiga pekan menyusul cedera tangan yang didapatnya saat melawan Sevilla. Messi cedera karena terjatuh akibat benturan dengan Franco Vazquez di menit ke-17. Meski sudah mendapat perawatan, pemain berkebangsaan Argentina itu tidak dapat menyelesaikan pertandingan. Dia digantikan Ousmane Dembele pada menit ke-26.

Selain melawan Inter, Messi juga dipastikan akan absen di pertandingan El Clasico yang akan dihelat pada Minggu (28/10).

Absennya Messi tentu akan menjadi kerugian tersendiri bagi Barcelona. Pasalnya Messi adalah pemain dengan keterlibatan gol paling tinggi di La Liga musim ini. Dalam sembilan pertandingan, Messi sudah mencetak tujuh gol dan lima asis. Itu artinya Messi terlibat langsung dalam separuh gol Barca musim ini.

“Sangat disayangkan Messi tidak bisa berada di sana (laga Barcelona vs Inter) karena menyenangkan bermain melawan pesepakbola hebat yang merupakan pemain terbaik dunia”, ujar Icardi kepada Goal. “Dia merupakan kehilangan besar dan itu artinya kami dapat saling berhadapan (tanpa Messi) karena kami memiliki kualitas yang dibutuhkan dalam menghadapi mereka."

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku sempat kebingungan dengan absennya Messi.”Cedera yang dideritanya sempat membingungkan kami, tetapi kami berharap dia bisa segera sembuh”, ujar kepala pelatih Barcelona itu kepada Football Espana.

Eks asisten pelatih Barca, Angel Cappa, juga mengutarakan betapa bergantungnya Barcelona kepada Messi. Menurutnya, tanpa kehadiran Messi, Barca pasti sudah terperosok ke papan tengah klasemen. “Tanpa Messi, Barcelona pasti sudah jatuh ke peringkat ke-10 klasemen”, ujar Cappa kepada Radio Mitre.

Bek kiri Atletico Madrid, Filipe Luis, setuju dengan pendapat Cappa. “Tanpanya (Messi), Barca akan banyak menderita, dia membantu memperebutkan gelar, lawan menggunakan 2 pemain untuk menghentikannya, karena dia adalah pemain yang menghilangkan keseimbangan tim lawan dan membuat tim lawan menderita”, ujar Luis kepada Marca.

Namun Barcelona nampaknya tidak perlu terlalu khawatir karena statistik berkata sebaliknya. Pasalnya statistik menunjukkan bahwa ketidakhadiran Messi tidak terlalu berpengaruh terhadap penampilan tim. Di Liga Champions Eropa, Barcelona sudah menjalani 131 pertandingan bersama Messi. Hasilnya 78 kali menang, 33 imbang, dan 20 kalah. Rataan kemenangannya mencapai 60 persen. Sementara itu dalam 22 pertandingan Liga Champions tanpa Messi, Barcelona meraih 17 kemenangan; sisanya berakhir dengan tiga hasil imbang dan satu kekalahan. Persentase kemenangannya, dengan kata lain, 77 persen.

Sejak musim 2010/11, Barcelona tanpa Messi berhasil memenangi 49 dari 61 laga. Pada musim 2014/15, Messi diharuskan menepi selama dua bulan akibat cedera lutut. Hal ini juga tidak terlalu berpengaruh terhadap performa tim. Barcelona meraih tujuh kemenangan dalam sembilan laga tanpa Messi.

Di samping itu semua, Ivan Rakitic selaku rekan satu tim mengaku optimis menghadapi laga-laga selanjutnya tanpa Messi. “Sekarang, kami harus bekerja sama dan membuktikan bahwa tanpa Leo Messi, Barca tetap bisa melaju”, ujar Rakitic dikutip dari Football Espana. “Kami harus segera menyiapkan perubahan dalam waktu dekat, kami harus lebih siap dari sebelumnya dan siap dengan perubahan cepat, kami akan bermain tanpa seorang pemain penting."

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, juga yakin dengan performa Barca tanpa adanya Messi. Menurutnya, Barcelona tetap akan kompetitif meski tidak ada Messi. “Tanpa Leo, kami tetap akan kompetitif, tapi yang paling penting adalah tetap menatap ke depan”, ujar Bartomeu seperti dikutip Omnisport.

[mag/pik]

Komentar